Tips Memilih Warna Wallpaper

Tips Memilih Warna Wallpaper – Dalam memilih wallpaper Anda harus memperhatikan beberapa kriteria penting untuk mendapatkan yang terbaik. Jangan lupa menyesuaikannya juga dengan kebutuhan ruangan dan tipe ruangan yang akan diberikan wallpaper. Mengingat saat ini perkembangan wallpaper sudah sangat pesat jadi untuk memilih satu buah wallpaper saja akan memakan waktu.

Tips Memilih Warna Wallpaper

Tips Memilih Warna Wallpaper Sesuai Ruangannya

  • Sesuaikan dengan luas ruangan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih wallpaper adalah harus disesuaikan dengan ukuran luas ruangan. Setiap ruangan jelas memiliki ukuran masing-masing yang berbeda. Ada yang tipenya sempit, luas sampai memanjang, tipe ini jelas membutuhkan wallpaper yang sesuai.

  • Tipe memanjang

Untuk ruangan ini tips memilih warna wallpaper terbaik adalah perpaduan warna terang dan gelap. Warna paduan ini mampu memberikan efek ruangan lebih luas dan cantik.

  • Tipe lebar

Anda bisa memakai wallpaper warna terang untuk bagian dindingnya sementara bagian atasnya menggunakan warna gelap.

  • Tipe sempit

Ruangan seperti ini membutuhkan tipe wallpaper yang memiliki warna terang untuk membuat ruangan lebih lebar. Anda bisa memadukannya dengan motif besar agar lebih menarik.

  • Tipe wallpaper

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah memilih tipe wallpaper untuk ruangannya. Saat ini wallpaper sudah banyak jenisnya namun Anda bisa memilih yang bisa dirawat dengan mudah. Pemilihannya juga berdasarkan kemudahan pemasangan serta harga yang sesuai.

Direkomendasikan untuk melakukan survey pada setiap wallpaper yang akan dibeli kemudian memilih yang memberikan banyak kemudahan. Tipe wallpaper ini juga dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya, mulai dari kertas, plastik sampai kertas tebal bisa digunakan.

Bahan kertas bisa digunakan untuk keperluan melapisi seluruh ruangannya. Sementara bahan plastik atau vinyl bisa dipakai untuk ruangan kamar mandi. Selain itu bahan kertas tebal cocok untuk wallpaper yang digunakan pada spot tertentu saja.

  • Motif

Wallpaper yang bagus juga dinilai dari bentuk motif yang digunakan. Ketika kebingungan untuk memilih motifnya jangan risau karena bisa melihat beberapa referensi ruangan yang pernah menggunakannya.

Jika tipe ruangannya hampir sama maka motif tersebut bisa digunakan dalam ruangannya. Secara umum motif dibedakan menjadi dua macam yakni besar dan kecil. Sementara untuk detail bentuk yang bisa digunakan banyak macamnya.

Ruangan yang sudah luas bisa menggunakan motif wallpaper yang kecil untuk memberikan kesan lebih penuh. Sementara untuk ruangan yang sudah sempit bisa menggunakan motif besar saja. Motif ini mampu memberikan sisi ruangan lebih longgar dari ukuran aslinya. Permainan motif ini mampu menyelamatkan ruangan dari kesalahan membeli wallpaper.

  • Warna

Ketika menggunakan tips memilih warna wallpaper termudah juga menjadi hal penting. Warna utama dari wallpaper memberikan kesan tersendiri ketika pemilihannya benar. Secara umum warna wallpaper dibedakan menjadi dua macam yakni gelap dan terang.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan warna terang untuk ruangan yang sempit dan warna gelap untuk ruangan yang luas. Hal ini juga mempengaruhi unsur suasana dan juga pencahayaan yang ada dalam ruangannya.

Untuk lokasi yang minim cahaya bisa memakai warna terang agar ruangan terlihat lebih cerah. Sementara untuk yang ingin lebih dingin bisa memakai wallpaper denganw arna gelap. Warna gelap mampu menyerap cahaya sehingga memberikan suasana adem dalam ruangannya.

Cara Membuat Wallpaper Menyatu Dengan Ruangan

Setelah tahu cara memilih wallpaper yang bagus Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut:

  • Efek cahaya

Bisa saja ketika sudah dipasang dalam ruangan warna wallpaper berbeda tidak sesuai seperti sebelum pemasangan. Hal ini bisa terjadi karena efek cahaya dan arah masuknya cahaya.

Ketika langsung tersorot cahaya warna dalam wallpapernya menjadi lebih terang dari aslinya. Hal ini juga membuat frekuensi luntur warnanya lebih cepat dari pada yang jarang tersorot cahaya.

Anda bisa menggunakan warna lebih gelap dari keperluan untuk ruangan yang terlalu terang. Hal ini akan membuat penyerapan cahayanya tidak terlalu banyak sehingga membuat warna yang terlihat sesuai keinginan. Dengan begitu sorotan yang sering ke arah warna juga tidak akan terlalu membuat warnanya luntur.

  • Wallpaper kamar mandi

Mungkin sebagian orang masih belum tahu kalau kamar mandi juga bisa menggunakan wallpaper untuk hiasannya. Hanya saja perlu diketahui untuk tips memilih warna wallpaper terpercaya jelas menggunakan bahan yang berbeda.

Untuk kamar mandi bisa memilih bahan yang anti air atau tidak mudah menyerap air. Mengingat seringnya air mengenai tembok jadi tidak akan terjadi perkembangan jamur dan bakteri di dalamnya.

Sementara untuk pemilihan motifnya juga bisa menyesuaikan agar membuatnya tetap terlihat elegan. Untuk tipe toilet kering banyak memakai warna putih atau putih bertekstur agar lebih cantik. Selain itu bisa juga menggunakan perpaduan motif bunga dan warna soft agar lebih menarik.

  • Keserasian dengan furniture

Hal berikutnya yang menjadi pertimbangan adalah keserasiannya dengan furniture dan penataan lain dalam ruangan. Lebih baik memilih satu warna utama dalam ruangannya sehingga pemilihan untuk komponen lain bisa mudah.

Ruangan terlihat lebih menarik jika semuanya seragam. Kebanyakan yang diseragamkan adalah furniture, warna gorden, taplak meja dan wallpapernya. Hal ini akan membangun unsur kenyamanan mata ketika digunakan.

Jadi Anda memang perlu membeli wallpapernya terlebih dahulu, selain pemasangannya lebih mudah pencarian furniturenya cukup menyesuaikan. Agar tidak terlalu sulit bisa juga menggunakan warna netral sehingga furniturenya lebih mudah ditemukan. Warna ini juga mudah beradaptasi dengan segala jenis warna dalam ruangannya.

  • Aksen ruangan

Untuk membuat ruangan lebih hidup ada juga yang menggunakan wallpaper untuk aksen dalam ruangan. Aksen ruangan yang bisa dibuat berupa cermin palsu, sekat palsu sampai lukisan dari wallpaper.

Selain menempelnya lebih mudah, aksen ini juga membuat ruangan menjadi lebih bagus. Anda bisa memanfaatkan unsur wallpaper yang tersedia tanpa perlu memasang perabot aslinya.

  • Sesuaikan dengan karakter

Hal berikutnya yang bisa dipakai untuk ruangannya adalah memilih wallpaper sesuai dengan karakter diri. Anda bisa menonjolkan rasa senang dalam wujud penggunaan wallpaper ruangan. Seperti contohnya jika Anda menyukai warna pink maka warna tersebut bisa dikembangkan dengan motif lain yang menarik.

Ada juga yang jatuh cinta dengan bentuk alam sehingga bisa menggunakan motif ini untuk wallpaper ruangannya. Sementara warna utama dalam ruangan bisa memakai pink. Perpaduan ini bisa memberikan unsur keselarasan lebih baik ketika digunakan dalam ruangannya.

Perpaduan lain bisa juga dicoba ketika sudah bosan dengan jenis wallpaper sebelumnya. Inilah keuntungan menggunakan wallpaper dinding karena bisa diganti dengan mudah tanpa perlu banyak budget.

Anda harus memperhatikan kriteria untuk tips memilih warna wallpaper agar mendapatkan hiasan yang menarik. Ruangannya juga lebih estetik ketika dinikmati dan mudah diganti ketika sudah bosan.

Jangan lupa memperhatikan kesesuaiannya dengan fungsi ruangan agar tidak aneh ketika dipasang. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Tinggalkan Komentar