Tips Beli Wallpaper Dinding

Tips Beli Wallpaper Dinding – Dalam membeli sebuah wallpaper dinding tentu perlu adanya pertimbangan yang tepat. Anda tidak mungkin tiba-tiba membeli atau asal-asalan dalam membelinya. Selain membuang budget hal ini juga membuat pemilihan wallpapernya menjadi tidak maksimal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli wallpaper agar tidak menyesal.

Tips Beli Wallpaper Dinding

Tips Beli Wallpaper Dinding untuk Pemula yang Cocok

  • Sesuaikan dengan karakter

Banyak orang membeli wallpaper hanya ingin mengikuti tren yang sedang ada. Padahal justru adanya tren ini membuat seseorang mudah bosan dan ingin mengganti wallpaper dalam waktu yang cepat. Selain tidak praktis hal ini membuat budget semakin membengkak. Bahkan memerlukan waktu banyak karena harus memasang wallpaper baru.

Langkah yang tepat dalam membeli wallpaper dinding adalah dengan menyesuaikannya dengan karakter pembeli. Dengan mengikuti karakter dan keinginan Anda tentu tidak cepat bosan dan membuat kenyamanan dalam ruangan lebih baik. Jadi utamakan kesesuaian karakter ketika membeli wallpaper dinding.

  • Sesuaikan dengan bentuk rumah

Hal berikutnya yang menjadi pertimbangan untuk tips beli wallpaper dinding terbaru kedua adalah harus sesuai dengan bentuk rumah. Tidak semua wallpaper bisa dengan mudah cocok dalam ruangan. Apalagi jika bentuk rumahnya sempit atau memiliki atap rendah. Pemilihan warna dan motif jelas akan mempengaruhi suasana dan keluasan dalam ruangannya.

Untuk rumah dengan ruangan luas bisa lebih mudah memilih tipe wallpaper. Direkomendasikan menggunakan tipe motif penuh ketika perabot dalam ruangan tidak terlalu penuh. Sementara untuk ruangan yang sempit cocok menggunakan warna terang dengan motif yang minimalis saja.

  • Kesesuaiannya dengan ruangan

Ruangan memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang cenderung gelap dan mendapatkan cahaya cukup. Apalagi ruangan juga memiliki fungsinya masing-masing sehingga kenyamanannya juga harus diperhatikan. Anda tidak perlu khawatir karena wallpaper dinding menjadi solusi terbaik untuk membuat ruangannya lebih enak ditempati.

Gunakan wallpaper dinding dengan warna terang untuk memberikan bias cahaya maksimal ke dalam ruangannya. Maksimalkan juga dengan pengadaan pola ringan berukuran keci. Namun untuk yang ingin memberikan kesan ruangan lebih privasi dan adem bisa memilih penggunaan waran gelap dan motif vintage.

  • Sesuaikan dengan kondisi dinding

Dinding adalah hal yang krusial dalam pemasangan wallpaper. Sehingga tips beli wallpaper dinding termudah juga harus mempertimbangkan kondisinya. Dinding ada yang halus dan ada juga yang memiliki permukaan tidak rata. Untuk membuat wallpapernya tetap cantik bisa memilih tipe bermotif atau timbul. Wallpaper polos tidak direkomendasikan karena tidak mampu menutupi kekurangan ini.

Bisa juga diakali dengan penggunaan walpaper polos untuk bagian yang halus. Sementara bagian yang kasar bisa dipasang tipe timbul dengan konsep lukisan. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih unik karena menonjolkan sisi penting yakni lukisannya. Perpaduan lainnya juga bisa digunakan dengan penggunaan dua buah motif berbeda dalam satu ruangan.

  • Harga

Tips kelima dalam membeli sebuah wallpaper adalah dari segi harganya. Saat ini wallpaper sudah memiliki harga yang beragam tergantung kualitas dan jenis bahannya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kisaran budget yang dimiliki. Lakukan survey untuk mendapatkan harga terbaik dari wallpaper yang akan dibeli. Hal ini memang akan menghabiskan waktu lebih lama namun bisa memberikan hasil terbaik.

Apalagi jika membelinya untuk keperluan dalam jumlah banyak jelas harga yang mahal bisa membengkak. Fokuslah dengan jenis motif dan kesesuaiannya terhadap ruangan untuk membeli wallpaper dinding. Dengan begitu Anda tidak akan mudah tergoyah jika ada wallpaper lain yang lebih menarik.

  • Ketebalan

Wallpaper juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda untuk digunakan. Direkomendasikan untuk menggunakan tipe wallpaper dengan ketebalan cukup. Jangan sampai menggunakan yang terlalu tebal karena bisa membuat ruangan terlihat sempit. Wallpaper dengan ketebalan cukup ini bisa lebih awet saat dipasang karena tidak mudah sobek. Apalagi jika memilih jenis kertas sebagai bahan utamanya.

Anda bisa bertanya pada penjual untuk mengetahui ketebalan dari wallpaper yang dijual. Pilihlah sesuai tipe yang akan dibeli baik bentuk lembaran maupun per kotaknya. Umumnya untuk bentuk lembaran cenderung lebih tipis dibandingkan tipe yang per kotak. Dari segi harga juga berbeda, bentuk kotak lebih mahal dari yang lembaran.

  • Ukuran

Yang penting selain ketebalan adalah kesesuaiannya dengan ukuran ruangan. Anda wajib mengukur ruangan terlebih dahulu untuk mengetahui panjang wallpaper yang dibutuhkan. Hal ini penting karena menghindari proses penyambungan wallpaper karena membuatnya tidak rapi dan kurang estetik. Lebih baik membeli wallpaper lebih dari ukuran asli yang dibutuhkan.

Ukuran ini juga berbeda-beda dari masing-masing wallpaper. Ada yang menjual lebih lebar ada juga yang menjual dengan ukuran lebih sempit. Apalagi jika dijual dalam bentuk gulungan, lakukan pengecekan dengan benar agar hasilnya akurat. Pastikan juga tipe wallpapernya mudah dicari untuk menghindari bahan yang kurang saat pemasangan.

  • Motif

Saat ini wallpaper tidak hanya dalam bentuk polos saja namun ada banyak pilihan motif yang bisa digunakan. Tips beli wallpaper dinding terpercaya kedelapan adalah memilih motif yang sesuai. Motif mampu mengangkat sisi elegan dari ruangan jadi pemilihannya jangan sampai asal-asalan. Anda bisa menggunakan motif geometri untuk memberikan ruangan yang lebih simpel.

Motif seperti daun hijau atau bunga cocok untuk hiasan ruang tamu dengan paduan warna soft. Kemudian gunakan juga motif kartun lucu untuk kamar anak-anak agar mereka lebih betah dalam kamarnya. Selain itu untuk kamar mandi banyak yang memakai motif kecil dengan warna gelap sehingga tidak mudah kotor saat digunakan.

  • Pemilihan bahan

Bahan dari wallpaper juga cukup beragam mulai dari kertas tipis, kain, rotan sampai dengan akrilik. Anda bisa memilih bahan sesuai keperluan dan budget yang dimiliki. Semakin bagus bahannya maka harga belinya juga mahal. Pemilihan bahan ini juga harus disesuaikan dengan fungsi ruangannya.

Untuk kamar mandi direkomendasikan memakai bahan yang anti air seperti vinyl ataupun akrilik. Mengingat frekuensi kelembapan dan genangan air yang lebih banyak dari ruangan lainnya. Sementara wallpaper kertas banyak dipakai untuk ruangan bersih seperti kamar dan ruang tamu. Untuk dapur dan ruang mencuci bisa memakai bahan kedap minyak agar tidak mudah kotor.

  • Keunikannya

Tips yang satu ini opsional saja pemilihannya jika Anda memang ingin memberikan sentuhan lain dalam ruangannya. Anda memang harus melakukan pembuatan konsep khusus mengenai motif yang diinginkan dalam ruangannya. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak wallpaper custom yang bisa dipakai. Mereka bisa mewujudkan desain impian dengan mudah tergantung kerumitan yang diberikan. Harga menyesuaikan dengan mudah tidaknya desain yang diberikan tersebut.

Sebelum membeli wallpaper, gunakan tips beli wallpaper dinding ini agar tidak salah membeli. Kesalahan membeli wallpaper akan membuat pengeluaran Anda semakin banyak dan membuang-buang wallpapernya. Pastikan sudah mengerti konsep wallpaper yang diinginkan sebelum memesannya. Jika perlu konsultasilah ke Raja Gorden di 0812 1964 3240 (09.00 – 17.00 WIB) email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan Komentar