Cara Jahit Gorden Kupu-kupu

Cara Jahit Gorden Kupu-kupu – Gorden kupu-kupu merupakan salah satu jenis gorden yang populer karena tampilannya cantik. Selain itu, model gorden ini mudah dipasangkan dan bisa dijahit dengan berbagai macam kain. Anda bisa menjahit sendiri atau menyewa jasa jahit gorden.

Cara Jahit Gorden Kupu-kupu

Saat menjahit gorden custom, Anda dapat menyesuaikannya dengan ukuran jendela. Selain itu pemilik rumah bisa menentukan bahan yang sesuai dengan tipe jendela tersebut.

Cara Jahit Gorden Kupu-kupu Langkah Demi Langkah

  • Mengukur Lebar Gorden

Tahapan pertama dalam pembuatan gorden yakni dengan mengukur lebar dari gorden yang akan dibuat. Pengukuran di mulai dari bagian atas dan bawah menggunakan meteran. Sehingga dapat diketahui ukuran jendela yang akan dipasang gorden kupu-kupu seperti halnya frame jendela.

Sebab ukuran gorden kupu-kupu harus seimbang dengan ukuran jendela agar tidak lebih besar atau lebih kecil. Dalam mengukur lebar jendela usahakan melebihkan jendela dengan ukuran 24 cm. Melebihkan ukuran dimaksudkan guna menciptakan efek kerutan di atas atau bawah.

  • Mengukur Panjang Gorden

Setelah melakukan pengukuran lebar gorden silahkan untuk mengukur panjang gorden pada kain yang akan digunakan. Mengukur panjang kain harus disesuaikan dengan ukuran dari panjang jendela. Lebihkan juga ukuran kisaran 17 cm dan pastikan sudah masuk dengan bingkai jendela.

Membuat pengukuran kain harus tepat agar gorden terlihat lebih pas dan indah saat dipasang. Gorden tidak hanya memiliki fungsi sebagai penutup jendela saja. Namun juga mempercantik setiap ruangan terlebih dengan pemasangan gorden kupu-kupu.

Pastikan ukuran untuk panjang gorden sudah pas terlebih pada jendela yang kecil dan bidangnya sempit. Hal ini akan berdampak fatal bahkan harus melakukan perombakan pada gorden apabila ukurannya terlalu panjang atau pendek.

  • Menggunting Kain

Apabila sudah memastikan ukuran yang tepat untuk kain silahkan dilanjutkan dengan memotong kain tersebut. Potong kain yang posisinya sejajar dengan cara membentangkannya. Memberikan ukuran lebih dalam memotong kain merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan.

Sebab cara buat gorden kupu-kupu di bagian lebarnya nanti akan dibuat bentuk kerutan. Sementara itu untuk ukuran yang dilebihkan pada panjang berguna sebagai tempat stick gorden. Selain itu juga digunakan untuk menempatkan kabel spiral di bagian atas dan bawah.

Bentuk kain yang sudah dipotong adalah persegi panjang. Ukuran panjang dan lebar yang sejajar akan sangat berpengaruh dalam proses menjahit gorden kupu-kupu.

Agar kain lebih rapi dan memudahkan proses menjahit bisa dengan menyetrika kainnya dulu. Sehingga setiap lipatan yang akan dibuat menjadi gorden bisa terbentuk dengan sempurna.

Selain itu kain yang sudah disetrika tidak akan membentuk banyak lipatan dari kain lusuh. Maka akan jauh lebih mudah dalam proses menjahit kain menjadi gorden yang rapi untuk mempercantik jendela ruangan rumah.

  • Menjahit Bagian Kanan dan Kiri Gorden

Kain yang sudah dipotong langsung dijahit di bagian kanan dan kiri. Cara menjahitnya dengan melipat kain sekitar 0.5 cm di sisi gorden kanan ataupun kiri. Tahapan ini dilakukan guna mendapatkan kain yang terlihat lebih rapi.

Hal ini akan terlihat saat gorden kupu-kupu sudah dipasang pada jendela. Jahitan kain yang rapi bisa memberikan kesan elegan pada jendela.

  • Menjahit Bagian Bawah Gorden

Jahitan bagian bawah gorden berfungsi sebagai tempat memasukkan stik ataupun kabel spiral yang terlihat lebih sederhana. Dalam hal ini harus diukur 5 cm dan bisa dengan memberikannya tanda menggunakan pensil pada ukuran tersebut.

Apabila sudah menyesuaikan ukuran kain gorden dengan tepat. Maka langkah berikutnya sebagai cara menjahit gorden kupu-kupu dengan melipat sesuai titik yang ditandai. Lalu lipatan diukur 3 cm dan pastikan diberikan tanda agar tidak miring.

Langkah berikutnya dengan melipat  ke dalam kain dan berikan jarum pentol agar tidak lepas. Pemasangan jarum pentol jangan hanya di bagian satu ujung saja. Lakukan hal ini secara berulang pada jarak tertentu dan pastikan sudah lurus agar lubang terlihat lebih rapi.

Dengan begitu bisa langsung menjahit lipatan yang masih tersisa sehingga jahitannya tampak seperti gorden pada umumnya. Hasil dari jahitan kain untuk gorden kupu-kupu akan menjadi lubang yang memanjang.

Pastikan selalu memperhatikan setiap lipatan yang telah diberikan jarum pentol. Sebab jika nanti miring sedikit saja bisa mengurangi keindahan pada gorden kupu-kupu.

  • Menjahit Bagian Atas Gorden

Langkah selanjutnya yakni fokuskan pada sisi atas gorden. Lipatlah dengan ukuran memanjang yang sudah dilebihkan sebanyak 17 cm. Lalu pasangkan jarum pentol seperti yang dilakukan pada langkah sebelumnya.

Perhatikan dengan baik agar setiap lipatan tampak rapi dan memasang jarum pentol pada jarak tertentu. Untuk lipatan yang telah diberikan jarum pentol ukur 3 cm pada sisi paling pinggir. Setelahnya berikan tanda agar bisa langsung untuk menjahitnya.

Perlu diperhatikan catatan penting mengenai pilihan benang yang akan digunakan. Dalam memilih benang harus yang kuat jika digunakan sebagai bahan gorden. Selain itu proses menjahitnya tidak perlu dilipat hal ini memang sengaja dibuat agar membentuk seperti lubang.

Langkah terakhir membuat gorden kupu-kupu dengan menjahit pada sepanjang sisi dari pinggiran gorden. Di bagian tersebut biarkan tidak dijahit dan selalu perhatikan dari segi kerapian jahitan. Caranya dengan memberikan ukuran 0.5 cm untuk dilipat dan kemudian dijahit.

Dengan demikian gorden kupu-kupu sudah bisa dipasangkan ke jendela rumah. Perlu menjadi perhatian juga dalam memilih kain untuk gorden. Apabila memilih kainnya makin tebal maka proses menjahit juga akan lebih sulit dan memakan waktu.

Model Gorden Kupu-kupu atau Jam Pasir

Tutorial menjahit gorden kupu-kupu yang terbilang mudah ini sering dikenal dengan model gorden jam pasir. Kedua penyebutan yang berbeda tersebut sebenarnya memiliki model gorden sama. Adanya penyebutan gorden jam pasir sebagai persepsi bahwa bentuk dari gorden seperti jam pasir.

  • Model dan bentuk gordennya

Gorden kupu-kupu bukan menjadi salah satu model yang terbilang baru. Kehadirannya menjadi salah satu barang yang mampu mempercantik bagian interior rumah. Bentuk kupu-kupu dari pembuatan gorden dapat mempermanis ruangan.

Bentuknya juga lebih cantik dan elegan dengan adanya tambahan ikatan di bagian tengah. Sehingga akan membuat indah seluruh ruangan apabila dipasangkan pada setiap jendela rumah. Terlebih cara pembuatan gorden kupu-kupu sangat mudah dilakukan sendiri.

  • Kesan gorden kupu-kupu

Gorden kupu-kupu atau gorden jam pasir menggunakan bahan yang sama. Penampakan dari gorden lebih klasik dan terlihat minimalis. Selain itu pembuatannya pun juga dapat disesuaikan dengan keinginan dari pemilik rumah.

Sebab beberapa toko gorden hanya menyediakan gorden kupu-kupu dengan menggunakan kain sheer ataupun vitrase. Sehingga tidak heran jika cenderung warnanya putih atau monokrom. Namun bagi pemilik rumah yang ingin kesan lebih mewah bisa memilih jenis kain sendiri.

  • Tempat jahit gorden kupu-kupu terpercaya

Anda bisa menjahitkan gorden kupu-kupu di Raja Gorden. Tempat jahit gorden custom berbagai model dengan bahan kain terbaik. Anda bisa menjahitkan ukuran berapapun dengan warna variasi. Untuk menjahitkan bisa hubungi 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara jahit gorden kupu-kupu dan informasi penting tentang tempat jahit gorden terpercaya.

5/5 - (8 votes)

Leave a Reply