Cara Jahit Gorden Kupu-Kupu

Cara Jahit Gorden – Gorden memang sudah seperti hal wajib untuk melengkapi rumah. Jendela akan terasa indah dan bersih saat diberi gorden. Saat ini di pasaran terdapat banyak sekali macam gorden yang bisa dibeli, namun membuat gorden sendiri ternyata juga menyenangkan karena kita bisa membuat yang sesuai dengan keinginan kita. Berikut tahapan-tahapan singkat untuk membuat gorden.

Cara Jahit Gorden

Cara Jahit Gorden Kupu-kupu Untuk Pemula

Sebelum kita memulai langkah-langkah dalam membuat gorden, perlu kita ketahui bahwa gorden yang dibuat sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, kita bisa membuat custom gorden yang diinginkan. Kekurangannya setiap proses harus dilakukan dengan telaten dan harus dilakukan dengan teliti seperti berikut:

  1. Memilih Bahan

Saat akan membuat gorden sendiri, kita bisa menyiapkan model yang diinginkan semisal model kupu-kupu. Model kupu-kupu merupakan salah satu model yang menarik dan cukup simpel. Cara jahit gorden kupu-kupu juga cukup mudah untuk dipelajari. Jika bentuk sudah ditentukan, saatnya memilih bahan.

Untuk membuat gorden model kupu-kupu kita bisa memilih kain yang berjenis katun, linen maupun sutera. Dalam memilih kain yang perlu diperhatikan adalah memeriksa ketebalan kain. Pemeriksaan bisa dilakukan dari ujung-ujung kain. Kain yang bagus adalah kain yang tidak tebal namun juga tidak tipis. Pilih yang berukuran sedang dengan tenunan yang kuat.

  1. Mengukur Jendela

Keunggulan dari membuat gorden sendiri adalah ukuran gorden yang dibuat bisa sangat pas karena disesuaikan dengan ukuran jendela. Yang perlu diukur pada saat pengukuran jendela adalah ukuran jendela dan juga frame jendela. Khususnya untuk model kupu-kupu, panjang gorden yang dibutuhkan adalah sebatas dapat menutup kaca saja. Selain itu, pengukuran jendela ini juga dimaksudkan agar gorden tidak mudah lepas dan ukurannya pas.

Untuk memulai mengukur, Anda membutuhkan alat tulis dan meteran. Selanjutnya, ukur lebar dan panjang dari jendela beserta framenya. Mengukur kain sesuai ukuran jendela sangat penting karena bila tidak pas tidak akan terlihat simetris. Anda bisa menemukan banyak cara dalam menggunting dan lain-lain pada tutorial cara jahit gorden minimalis.

Baca juga: Cara Jahit Gorden Minimalis Menggunakan Jahit Tangan

  1. Menyetrika dan membagi Kain

Agar gorden yang kita buat memiliki lipatan-lipatan yang bagus, kain yang sudah dipilih lebih baik di bagi dan kemudian disetrika pada lipatan-lipatan yang diinginkan. Pada saat membagi, bagian-bagian harus dibagi secara simetris dan tepat. Untuk membuat potongan yang simetris, Anda membutuhkan alat tulis dan meteran. Setelah selesai dipotong sesuai dengan ukuran, lanjutkan dengan menyetrika bagian-bagian yang diinginkan.

  1. Menjahit Kain

Tahap terakhir dari membuat gorden sendiri adalah dengan menjahit kain gorden tersebut. Jika Anda menggunakan kain jenis katun yang biasanya tidak cukup tebal, Anda bisa menggunakan kain tambahan agar kain terlihat lebih tebal. Untuk kain tambahan ini, juga bisa menggunakan kain berjenis katun. Kain ini diletakkan di bagian dalam kain dan harus untuk dijahit secara bersamaan. Ada juga beberapa tutorial dalam membuat gorden sendiri, misalnya cara jahit gorden tanpa mesin jahit.

Beberapa tips tambahan yang bisa dilakukan adalah menyelipkan penjepit kain pada bagian kanan, kiri, dan juga bagian bawah kain agar kain tidak terurai. Sementara kerutan dapat membantu dan mempermudah saat memasukkan stik gorden. Selain dari segi cara menjahit, yang bisa dilakukan adalah dalam hal mengukur jendela dan frame. Apabila saat mengukur tidak pas, ukuran gorden dan jendela bisa tidak sesuai dan tidak simetris. Itulah beberapa langkah cara jahit gorden yang bisa kita coba lakukan.

Sending
User Rating 3.67 (6 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button