Cara Jahit Gorden Minimalis Menggunakan Jahit Tangan

Cara Jahit Gorden Minimalis – Saat ini kita bisa mendapatkan gorden dengan berbagai macam corak di pasaran, namun tidak ada salahnya bila kita mencoba membuat gorden sendiri agar ukuran gorden bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan jendela rumah kita. Agar hasil bagus dan maksimal kita perlu melakukan beberapa langkah yang tepat.

Cara Jahit Gorden Minimalis

Cara Jahit Gorden Minimalis Untuk Rumah

Gorden untuk rumah sudah menjadi kebutuhan. Tidaklah lengkap apabila jendela rumah kita tidak diberi gorden. Bahkan di beberapa rumah juga senang untuk menggunakan gorden pada beberapa pintu agar terlihat lebih cantik dan tertutup. Kabar baiknya, dengan menggunakan tangan pun kita bisa membuat gorden yang kita inginkan, berikut tahapannya:

1. Menyiapkan alat dan bahan

Membuat gorden sendiri berarti setiap langkah kita lakukan secara manual, apalagi bila dijahit menggunakan tangan. Ini berarti kita harus menyiapkan alat dan bahan seperti:

  • Jarum jahit
  • Kain
  • Benang jahit
  • Setrika
  • Gunting
  • Jarum pentul
  • Gunting
  • Meteran pita

2. Memotong Kain

Dalam membuat gorden sendiri, kita bisa memilih jenis kain untuk gorden sesuai dengan keinginan kita. Untuk gorden pintu, bisa memilih jenis kain yang lebih tebal agar rapi dan tertutup. Sementara untuk jendela, jika masih ingin terlihat bagian luar samar-samar dan agar cahaya matahari masih bisa masuk ke dalam rumah, bisa memilih jenis kain yang tipis.

Cara membuat gorden sendiri agar awet adalah dengan mengenali jenis kain. Bila kain tersebut bisa dicuci dengan mesin cuci, maka lebih baik cuci dan keringkan dulu gorden sebelum di jahit. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pengerutan kain setelah di cuci. Agar saat dijahit juga lebih rapi dan simetris sangat dianjurkan untuk menyetrika kain sebelum di jahit.

Baca juga: Menjahit Gorden Minimalis

3. Melakukan Pengukuran

Agar gorden yang dibuat sesuai dengan yang diinginkan atau sesuai dengan ukuran jendela atau pintu, lakukan pengukuran yang benar dan tepat. Ukur mulai dari panjang hingga lebar. Untuk gorden yang berlipat, tambahkan sekitar 2 hingga 3 kali lipat lebar jendela atau pintu agar gorden terlihat rapi dan terlipat menarik. Ini merupakan salah satu cara jahit gorden minimalis cantik yang bisa diterapkan. Pengukuran ini juga sangat penting terkait dengan hasil akhir agar terlihat simetris, rapi dan cantik meski dijahit dengan jahitan tangan.

4. Menjahit Kain

Menjahit bagian kain merupakan salah satu bagain paling penting pada tahap membuat gorden dengan menggunakan jahit tangan. Untuk menjahit bagian tepi, agar lebih rapi, tekuk dulu bagian tepi kain dan kemudian setrika agar kain tidak menyibak. Hal itu dilakukan juga untuk membuat kain memiliki ukuran yang rata antara ujung satu dan ujung lainnya. Karena dijahit menggunakan tangan, kain bisa saja menyibak dan tidak lurus saat dijahit. Untuk itu, Anda bisa menggunakan jarum pentul untuk menjaga lipatan kain agar tidak menyibak.

Cara membuat gorden dengan jahit tangan selanjutnya adalah telaten dalam menjahit. Pastikan Anda juga memilih jenis benag yang kuat dan tidak mudah kusut. Lakukan jahitan yang rapi agar gorden terlihat kuat dan awet.

Itulah beberapa tahap yang bisa dilakukan untuk membuat gorden sendiri menggunakan jahitan tangan. Untuk hasil yang lebih bagus, bisa juga dengan memesan saja ke jasa jahit gorden seperti Raja Gorden. Cara jahit gorden minimalis dengan memesan lewat kami dapat lebih menghemat waktu dan biaya sebab harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau.

No Responses

Tinggalkan Komentar

Call Now Button