Cara Membersihkan Gorden Kantor

Cara Membersihkan Gorden Kantor – Terkadang membersihkan gorden menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyulitkan. Pasalnya, tak semua gorden memiliki material yang sama sehingga pembersihannya berbeda. Berikut adalah tips dan cara membersihkan gorden dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri.

Cara Membersihkan Gorden Kantor

Cara Membersihkan Gorden Kantor dengan Benar

  • Ketahui material yang digunakan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jenis atau material gorden yang akan dibersihkan. Jika bahan yang digunakan tidak familiar, Anda bisa melihat bagian petunjuk pembersihan atau label yang menempel pada gorden.

Sebagai tips, jika gorden berbahan plastik, vinyl, atau kain yang boleh direndam maka Anda bisa mencuci atau membersihkannya dengan air. Namun, jika bahan yang digunakan adalah bahan yang tidak boleh direndam, sebaiknya gunakan saja vacuum cleaner untuk membersihkannya.

Baca juga : Ini Dia Jenis Jenis Gorden Kantor yang Populer

  • Lepaskan gorden

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membersihkan gorden adalah dengan melepas gorden dari tempatnya. Langkah dan cara membersihkan gorden kantor ini perlu dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Gorden yang masih menempel pada jendela akan jauh lebih sulit untuk dibersihkan. Sebab, Anda harus mencapai bagian atas yang terkadang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, lepas terlebih dahulu gorden dari tiang penyangganya. Jika gorden tidak bisa dilepas, maka harus dibersihkan dengan menggunakan tangga agar semua bagian bisa terjangkau.

  • Gunakan vacuum cleaner

Untuk membersihkan debu pada gorden, gunakan vacuum cleaner. Menggunakan vacuum cleaner jauh lebih efektif daripada menggunakan lap atau kemoceng. Selain itu, vacuum cleaner juga akan jauh lebih menghemat tenaga Anda.

Terutama jika luas permukaan gorden cukup lebar. Membersihkan dengan kemoceng akan memakan waktu lama dan hasilnya pun tidak maksimal. Jadi, sebaiknya gunakan vacuum cleaner dengan corong khusus agar bisa lebih maksimal.

  • Gunakan kain lap microfiber

Jika gorden di kantor Anda merupakan gorden dari bahan kertas, sebaiknya gunakan lap microfiber. Lap ini akan membantu Anda untuk membersihkan debu dengan lebih mudah dan cepat. Sebab, terkadang ada debu yang masih menempel walaupun sudah dibersihkan dengan vacuum cleaner.

Kain lap microfiber juga berguna untuk membersihkan jenis gorden yang tidak boleh direndam. Caranya adalah dengan membasahi kain microfiber hingga lembap kemudian lap seluruh bagian gorden. Cara membersihkan gorden kantor berdebu ini cukup efektif untuk dilakukan.

  • Siapkan ember untuk mencuci

Jika gorden memiliki banyak noda membandel maka Anda harus membersihkan dengan cara mencucinya. Langkah ini hanya dilakukan pada jenis gorden yang boleh direndam seperti vinyl, plastik, atau material sejenis.

Isi air di dalam ember dengan menambahkan sabun cuci piring. Anda juga bisa menggunakan sabun mandi atau sabun bayi. Hindari menggunakan detergen pakaian karena dapat merusak serat atau material gorden.

  • Cuci gorden di dalam bak

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci gorden di dalam bak. Gunakan. spons atau sikat gigi halus untuk menyikat bagian yang bernoda. Anda dapat merendam gorden di dalam air cucian selama 20-30 menit.

Kemudian bilas gorden dengan cara membuang air cucian dan mengisinya lagi dengan air bersih. Jika gorden sangat panjang, lipat terlebih dahulu dengan bentuk akordeon. Pastikan gorden dibilas dengan bersih. Gorden yang memiliki sisa sabun akan memudahkan kotoran dan debu untuk menempel ketika penjemuran.

  • Bersihkan dari noda membandel

Cara membersihkan gorden kantor super kotor adalah dengan memanfaatkan soda kue. Tuangkan soda kue langsung pada bagian noda membandel. Kemudian sikat menggunakan sikat gigi di bawah keran air yang menyala.

Anda juga dapat menggunakan pemutih yang aman untuk pakaian berwarna. Namun, tuangkan pada bagian yang kotor saja. Cara ini dapat dilakukan untuk membersihkan gorden yang berbahan kain. Namun, pastikan bagian lainnya tidak terlalu basah karena air.

  • Lakukan pengeringan

Langkah terakhir adalah melakukan pengeringan. Pengeringan pada gorden tidak boleh menggunakan mesin pengering meskipun bahannya kain. Hal ini akan merusak gorden sehingga bentuknya tidak akan sama seperti semula lagi.

Cara mengeringkan gorden yang sudah dicuci adalah dengan menjemurnya di jemuran pakaian. Pastikan gorden terjemur di bawah sinar matahari agar proses pengeringannya lebih cepat. Untuk memastikan agar gorden senantiasa bebas debu, bersihkan gorden dengan kemoceng atau vacuum cleaner setiap hari.

Apakah Gorden Bisa Dicuci dengan Mesin Cuci

6 Tanda Gorden Kantor Harus Segera Diganti!

  • Gorden lusuh

Terkadang secara fisik ketika disentuh gorden masih terlihat baik-baik saja. Namun, ketika diperhatikan lebih jelas tampilannya sudah lusuh dan sudah terlalu kotor. Maka tips dan cara membersihkan gorden kantor apa pun di tidak akan berpengaruh. Hal ini akan mempengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan.

Ruangan yang tadinya terlihat cerah dan berenergi akan menjadi kurang menarik jika gordennya terlihat lusuh. Oleh sebab itu, segera ganti gorden Anda jika tampilannya sudah lusuh dan kurang enak dipandang.

  • Warna memudar

Warna gorden yang memudar juga menjadi salah satu alasan mengapa gorden perlu diganti. Warna yang sudah pudar menandakan usia gorden yang sudah begitu lama. Tampilannya pun sudah terlihat tidak cantik lagi. Jadi, sebaiknya segera ganti gorden Anda jika warnanya sudah memudar.

  • Bekas noda tidak dapat hilang

Bekas noda-noda membandel yang tidak dapat hilang mempengaruhi tampilan gorden Anda. Ini akan memberikan suasana ruangan yang kotor dan juga tak terawat. Oleh sebab itu, jika bekas noda terlalu banyak maka sebaiknya segera diganti dengan yang baru saja.

  • Rusak akibat sinar matahari

Gorden juga dapat rusak akibat sinar matahari. Biasanya sinar matahari akan menyebabkan gorden terlihat pecah-pecah jika material yang digunakan tidak tahan lama terhadap sinar matahari.

Jika hal ini terjadi maka segera ganti gorden Anda. Sebab, cara membersihkan gorden kantor cepat dan mudah pun tidak dapat mengembalikan tampilan gorden Anda menjadi seperti semula.

  • Rusak akibat hewan peliharaan

Bagian bawah gorden terkadang juga rusak dan terdapat bekas cakaran hewan peliharaan. Hal ini tentu sangat mempengaruhi tampilan gorden. Bahkan, beberapa hewan peliharaan seringkali buang air kecil ke bagian kain.

Bau dari air kecil yang tidak bisa hilang tersebut akan mempengaruhi bau di dalam ruangan. Jika hal ini terjadi, segera ganti gorden lama ke gorden baru.

  • Kain mulai berbulu

Jika kain gorden terlihat mulai berbulu dan kasar ketika disentuh, itu tandanya gorden perlu diganti ke gorden baru. Kain yang sudah berbulu tidak dapat dihilangkan dan hanya bisa diganti dengan gorden baru.

Kini Anda sudah mengetahui cara membersihkan gorden kantor dengan mudah dan cepat. Langkah di atas tadi bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus ke tempat laundry. Simak dan perhatikan setiap langkahnya agar tidak ada step yang terlewatkan. Namun jika sudah tidak mungkin dibersihkan maka akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply