Desain Jendela Kaca Lebar

Desain Jendela Kaca Lebar – Salah satu kiat menjadikan ruangan lebih terang ialah dengan menyematkan desain jendela yang lebar. Selain melancarkan sirkulasi udara, nuansa rumah akan terasa lebih lega dan alami dengan adanya cahaya matahari yang mudah masuk. Hal ini pun akan berdampak pada pengurangan penggunaan lampu di siang hari sehingga lebih hemat.

Desain Jendela Kaca Lebar

Memanfaatkan Desain Jendela Kaca Lebar

  • Jendela kaca lebar sebagai pintu

Selain memenuhi kebutuhan sirkulasi udara dan pencahayaan, menggunakan jendela kaca yang lebar sebagai pintu dapat membuat ruangan terasa lebih lapang. Cara ini akan memberikan kesan open space yang sangat lega terutama pada rumah yang tidak terlalu luas.

Jendela kaca yang lebar ini bisa dimanfaatkan sebagai pintu geser atau sliding door yang mampu menampilkan kesan minimalis serta modern. Kemewahan pun bisa dilekatkan melalui penambahan beberapa aksen.

Penghuni rumah pun dapat bebas memilih arah bukaan sliding yang disesuaikan dengan arah angin dan cahaya matahari. Hal ini dilakukan demi mendapat sirkulasi udara dengan penerangan maksimal.

  • Jendela kaca lebar sebagai penyekat

Selanjutnya jendela kaca besar bisa dipakai sebagai pembatas antar ruangan. Penggunaannya semisal untuk sekat antara area makan dengan ruang keluarga, atau membatasi kamar mandi antara toilet dengan shower room.

Tidak akan ada kesan “terkukung” meski ruangan dibatasi dengan jendela kaca lebar namun tetap tidak meninggalkan fungsi sebuah pembatas. Sekat ini mampu membuat ilusi pandangan mata tidak diblok oleh dinding tebal. Sehingga sangat bermanfaat membuat rumah kecil seolah-olah terasa lebih luas.

Tidak hanya menyekat area-area dalam, tetapi jendela kaca ini juga bisa dimanfaatkan sebagai batasan antara area indoor dengan outdoor. Misalnya antara ruang cuci dengan halaman, atau pun ruang tamu dengan teras depan rumah.

Desain jendela kaca lebar kamar untuk penyekat area luar juga bisa menampilkan pemandangan yang lebih segar dan hijau. Namun tentu saja harus dibuat dengan memperhitungkan ketebalan tertentu karena akan terpapar langsung dengan perubahan cuaca dan temperatur.

  • Jendela kaca lebar sebagai dinding

Dinding biasanya terbuat dari tembok yang disemen kemudian diberi cat. Namun ternyata dinding tebal bisa juga diganti dengan kaca yang berukuran sangat lebar. Dengan begitu, cahaya matahari bisa menerobos langsung ke dalam ruangan sehingga menghemat pemakaian lampu di siang hari.

Kelebihan lain mengganti dinding dengan jendela kaca besar seperti:

  • Mudah dikerjakan

Dengan menggunakan kaca untuk dinding, otomatis pekerja tidak perlu menyusun bata, melapisi dengan semen, memplester dan mengecatnya. Kaca besar dapat dipasang begitu saja sehingga sangat mudah dikerjakan.

  • Menghemat waktu pembangunan

Dengan kemudahan pengerjaan tersebut tentunya waktu pembangunan dapat lebih diringkas. Sehingga rumah bisa selesai lebih cepat dari yang seharusnya.

  • Pemasangan murah

Dengan menghemat bahan-bahan pembuatan dinding serta meringkas waktu, tentu saja biaya total pembangunan akan lebih murah.

  • Hasil tetap estetik

Meski biaya pembangunan lebih dihemat baik dari segi material, dan waktu, namun hasilnya tidak kalah estetik dibanding dengan dinding bata.

  • Jendela kaca lebar sebagai estetika sudut

Rupanya kaca jendela yang lebar juga bisa diletakan di sudut ruangan sebagai aksen rumah. Tren penempatan sudut kaca memang sedang marak akhir-akhir ini. Dengan begitu pemilik rumah bisa merasakan sajian pemandangan segar di sudut-sudut huniannya.

Kesan ringan pun juga bisa didapat dengan penggunaan desain jendela kaca lebar sudut pada pojok hunian. Jangan lupa untuk memadu-padankan sudut tersebut dengan ornamen lain seperti dekorasi lampu, atau pernak-pernik agar ruangan semakin estetik.

Tips Membuat Jendela Kaca Lebar Lebih Indah

  • Sesuaikan ukuran ruangan

Menggunakan jendela kaca lebar baik untuk pintu, penyekat, dinding, atau pun untuk aksen sudut harus menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Jangan sampai keberadaannya malah merusak fungsi ruangan tersebut. Seimbangkan ukuran jendela dengan ruangan agar tidak terkesan berlebihan, timpang, atau aneh.

  • Pergunakan tirai atau gorden

Percantik juga tampilan jendela kaca dengan penambahan tirai yang sesuai desain ruangan. Misalnya untuk desain rumah klasik, bisa memilih warna-warna gold atau cream.

Sedangkan hunian minimalis dapat memakai tirai putih, abu-abu, atau warna pastel lembut yang lebih netral. Warna ini lebih disesuaikan dengan desain lainnya agar lebih menyatu dan tidak bertabrakan yang malah membuat ramai. Biasanya pada rumah modern cenderung memilih warna dalam satu tone sama.

Ukuran ruangan juga perlu diperhatikan dalam memilih gorden untuk jendela. Jika ruangan sempit, sebaiknya memakai warna yang memberi kesan ringan agar tidak membuat kamar jadi terasa penuh sesak. Warna yang cocok untuk ruangan sempit misalnya putih atau pastel yang soft.

Hindari bahan-bahan kain tebal berlapis-lapis seperti ornamen gorden dengan renda yang malah membuat pandangan jadi “sumpek”. Sedangkan jika ukuran ruangan besar dan luas, bisa lebih leluasa dalam pemilihan warna maupun bahan dan desain tirai yang sesuai.

  • Pasangan lampu yang pas

Sesuaikan lampu hias dengan desain jendela kaca lebar menarik karena akan berpengaruh pada keseluruhan tampilan. Untuk rumah klasik bisa menggunakan desain lampu berukir yang ukurannya pun besar. Bahannya bisa terbuat dari logam yang mengkilap, kaca, atau pun krital yang sangat mewah.

Sedangkan pada ruangan modern minimalis, pilihan lampu-lampunya lebih polos dengan warna monoton. Tidak ada ukiran sehingga memberikan kesan yang jauh lebih ringan. Jenis ini sangat cocok untuk ruangan sempit.

Gaya Rumah yang Pas untuk Jendela Kaca Lebar

  • Kaca jendela rumah nuansa klasik

Tentu semua sudah akrab dengan tampilan kaca besar yang menghiasi kastel-kastel pada film-film barat klasik. Jendela-jendela besar yang berdiri dengan kokoh dan tebal memang kerap ditemui pada rumah atau pun istana gaya barat tempo dulu.

Untuk desain jendela ala Barat klasik ini biasanya dipenuhi ukiran-ukiran yang sangat khas. Dilengkapi juga dengan permainan cat yang mengkilap dan sekat-sekat pada jendelanya.

Kesan mewah memang mampu ditangkap dari penggunaan jendela besar sebagai pusat perhatian ruangan. Pemilik bisa menambahkan tirai berenda dengan perpaduan warna bold seperti merah maroon, emas, cream, dan lainnya. Kombinasikan warna tersebut untuk mendapat kesan elegan khas istana Eropa.

  • Kaca jendela rumah nuansa modern

Tidak hanya identik dengan rumah mewah Eropa kuno, rupanya desain hunian modern pun juga bisa memanfaatkan jendela berkaca besar. Hanya saja tidak ada ukiran atau ornamen apa pun pada bingkainya melainkan dibuat lebih polos dan bebas sekat.

Biasanya desain kaca jendela ini dibuat memanjang secara vertikal sehingga dapat menampilkan pemandangan di luar dengan sangat jelas. Pemilik bisa memasangnya di ruang keluarga, ruang makan, atau pun kamar tidur pribadi. Pastinya jendela ini juga sangat pas dijadikan pusat perhatian pada ruangan itu.

Memilih desain jendela kaca lebar untuk berbagai fungsi hendaknya disesuaikan dengan ukuran dan tipe hunian. Sehingga dapat menyatu sempurna bersama ornamen lainnya. Jangan lupa penting untuk melakukan pemilihan ketebalan kaca yang pas agar tidak mudah pecah.

5/5 - (6 votes)

Leave a Reply