Desain Jendela Samping Rumah

Desain Jendela Samping Rumah – Jendela merupakan salah satu bagian bangunan yang memiliki peran penting. Tidak hanya sebatas dekorasi sehingga hunian menjadi beraksen, namun ada pula fungsi lainnya. Jendela adalah penghubung antara suasana dalam dengan luar rumah, sebagai tempat masuknya cahaya, dan bahkan pengaturan sirkulasi udara.

Desain Jendela Samping Rumah

Perhatikan Hal Berikut Saat Membuat Desain Jendela Samping Rumah

  • Arah pemandangan yang indah

Letakkan desain jendela samping rumah yang dapat menghadap langsung dengan pemandangan cantik di luar sana. Dengan begitu penghuni bisa senantiasa menikmati view tersebut dari dalam ruangan melalui jendela kamarnya. Pemandangan alam tentunya akan sangat mempengaruhi suasana hati seseorang.

Jadi untuk mendapat manfaat maksimal dari pemandangan itu, pemilik bisa meletakan sofa santai, meja belajar, atau meja kerja di hadapannya. Spot terbaik ini bisa dijadikan sebagai pendatang inspirasi sembari membaca buku, minum teh hangat, dan lain sebagainya.

Menikmati pemandangan indah sembari beraktivitas atau pun bermalas-malasan dapat menjadi cara healing tersendiri bagi sebagian orang. Melalui jendela semua jadi lebih mudah.

  • Jangan berhadapan langsung dengan matahari

Jendela memang dapat difungsikan sebagai tempat masuknya cahaya dengan menerangi ruangan menggunakan cahaya matahari. Namun bukan berarti menghadapkan jendela langsung ke sumbernya.

Hal tersebut malah membuat ruangan akan menjadi sangat panas dan terlalu terang akibat intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi. Jendela samping yang menghadap ke arah timur akan membuat ruangan panas pada pagi hari. Sedangkan jika ke barat ruang akan panas saat sore menjelang.

Namun jika tidak ada pilihan arah lain, untuk meredam hawa panas ketika jendela bersisian langsung dengan matahari pemilik bisa menyiasatinya. Kaca jendela yang bening dapat diganti menggunakan kaca gelap atau kaca cermin.

Kedua jenis kaca tersebut sama-sama mampu menahan panas matahari. Dengan begitu ruangan tetap akan terasa sejuk meskipun desain jendela samping rumah menghadap ke timur atau barat.

Selain menghalau panas yang masuk, kedua jenis kaca ini juga dapat lebih menjaga privasi pemilik rumah. Kaca gelap akan terlihat gelap dari luar. Sedangkan kaca cermin terlihat selayaknya cermin yang memantulkan cahaya dari luar. Namun jika dilihat dari dalam, maka pemilik dapat melihat tembus pandang.

  • Bagian dari estetika sebuah bangunan

Jika bangunan dibuat tanpa jendela akan terlihat kaku dan aneh. Tidak ada desain penghias bagian dinding rumah malah akan menimbulkan rumah yang aneh karena hanya berbentuk kotak saja.

Maka sebenarnya memberikan sentuhan jendela adalah bagian dari langkah untuk mendekorasi rumah dan ruangan di dalamnya. Apalagi kusen jendela bisa dibuat menyesuaikan tema hunian yang akan diusung. Penyesuaian tersebut dilakukan baik dari segi material, warna cat, hingga model yang dipakai.

  • Ukuran jendela harus pas

Memberikan sentuhan jendela pada dinding yang polos sudah pasti juga harus menentukan ukurannya yang sesuai. Jendela tidak boleh dibuat terlalu besar atau terlalu kecil sehingga tidak timpang dengan ukuran bangunannya.

Untuk membuat ilusi yang memberi kesan ruangan lebih luas, pemilik bisa mempertimbangkan menggunakan jendela kaca dinding. Jadi di salah satu sisi tembok menggunakan kaca bening yang berhadapan langsung dengan area luar.

Dengan begitu pemilik sukses menciptakan kesan ruangan tanpa sekat yang membuar kamar terlihat lebih luas. Hanya saja tidak semua lokasi cocok menggunakan model ini. Lingkungan yang masih sepi, asri, dan pemandangan yang cantik sangat sesuai dengan konsep ini.

Namun jangan bayangkan pemilik memaksakannya pada perumahan padat penduduk dengan tembok saling berdempet. Alih-alih mendapat pemandangan indah, yang ada privasi jadi terganggu.

Tetapi jangan bersedih, pasalnya pemilik tetap bisa menggunakan jendela tipe ini pada hunian lantai dua. Di mana kaca dapat dibuat berhadapan langsung ke jalanan depan rumah.

  • Jendela sebanding dengan suhu dalam ruangan

Dikarenakan jendela adalah tempat yang paling tepat untuk sinar matahari menerobos masuk maka semakin banyak jendela, ruangan akan terasa panas. Untuk itu pertimbangkan jumlah jendela yang akan dipasang pada sebuah rumah. Jangan sampai suhu menjadi panas dan tidak terasa nyaman di siang hari karena terlalu banyak desain jendela samping rumah.

  • Jendela alternatif evakuasi

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka untuk mempercepat proses evakuasi penghuni, selain menggunakan pintu tentu jendela adalah jalur alternatifnya. Maka pertimbangkan untuk membuat satu jendela besar yang dapat dijadikan jalan opsional pada saat-saat genting.

Namun pastikan tingkat keamanannya juga tinggi. Yang mana jendela hanya bisa dibuka dengan mudah dari dalam namun dari luar tetap aman terjaga. Hal tersebut juga untuk mengurangi risiko kemalingan di mana bisa jadi jendela dipakai sebagai lokasi keluar masuk selain pintu utama.

  • Jendela dengan teralis tingkatkan kewaspadaan

Di lingkungan yang memiliki angka kriminalitas tinggi, pemilik dapat berjaga-jaga dengan memasang teralis pada jendelanya. Hal ini dapat dilakukan terutama pada jendel-jendela berukuran besar yang bisa dimasuki orang.

Namun pastikan bahwa teralis dapat dibuka dengan mudah oleh pemilik rumah dari dalam. Dengan begitu andai kata ada kejadian yang tidak terduga, jendela dapat membantu sebagai tempat evakuasi opsional.

Teralis memiliki berbagai macam model mulai dari polos, berulir, hingga ditambah berbagai aksen seperti daun atau bunga-bunga. Material yang dipakai pun beragam, mulai dari bambu, hingga kayu. Tetapi untuk bahan dengan peminat paling banyak saat ini adalah dari logam baik besi atau aluminium yang lebih tahan karat.

Macam-Macam Desain Jendela Samping Kamar yang Menawan

  • Model pivot yang unik

Jendela pivot ini berbentuk unik dengan engsel terletak di tengah-tengah kusen, baik atas bawah mau pun kanan kirinya. Daun jendela pivot biasanya terbuat dari aluminium sehingga ringan ketika ditarik.

  • Jendela geser sahabat lahan minim

Untuk lahan terbatas, jendela geser adalah pilihan terbaik karena tidak perlu memakan lahan di depan atau pun belakang jendela.

  • Awning window penahan air terbaik

Model ini membuka daun jendela ke arah bawah sehingga daun tersebut dapat menahan beban di atasnya baik air atau salju. Jendela awning biasa ditemukan di tempat-tempat seperti kedai pinggir jalan, coffee shop, hingga garasi.

  • Maksimalkan pemandangan dengan wall window 

Mengawinkan jendela dengan dinding bukanlah hal yang mustahil. Malahan wall window adalah konsep unik yang mampu membawa kesan luar ruangan lebih masuk ke tengah rumah. Sangat cocok digunakan di tempat-tempat yang memiliki pemandangan luar biasa seperti gunung, perbukitan, sungai, dan lain-lain.

  • Jalousie window si jadul yang tak lekang jaman

Jendela model ini kerap ditemukan pada bangunan jaman dulu. Tetapi bukan berarti jalousie bisa ditinggalkan begitu saja. desain jendela ini tetap bisa dipadukan dengan desain minimalis yang lebih terkini. Selain itu kaca jendelanya yang bersirip dapat membawa aliran udara semakin lancar hingga ke dalam rumah.

Berbagai desain jendela samping rumah dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemilik. Tentunya harus disesuaikan dengan ragam faktor lain sehingga jendela yang dipasang dapat memiliki fungsionalitas di samping hanya sebagai pelengkap semata. Selain itu selalu perhatikan kebersihan jendela agar tampilannya senantiasa menawan.

Tak lupa bisa juga ditambahkan gorden untuk membuatnya tampak lebih menarik. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply