Salah Satu Fungsi Gorden, Peredam Suara Apartemen

Gorden Peredam Suara Apartemen – Makin mahalnya harga tanah, terutama di lokasi-lokasi strategis di perkotaan membuat hunian dalam bentuk vertikal, berupa apartemen atau kondominium menjadi kian populer dan bisa menjadi alternatif solusinya.

Gorden Peredam Suara Apartemen

Namun terdapat beberapa kelemahan selama tinggal di suatu unit apartemen, yakni antara lain karena unit apartemen tersebut yang ukurannya kecil dan juga yang saling berdekatan satu sama lain, juga karena lokasi apartemen yang berada di lokasi yang dekat dengan jalan raya, jalan tol ataupun pusat perbelanjaan atau pusat hiburan yang selalu ramai baik pada pagi, siang atau sore hari bahkan hingga di malam hari, juga terdengarnya suara dari unit sebelah atau unit di atas atau unit di bawah maka hal ini tentunya akan sangat mengganggu. Oleh karenanya maka perlu diatasi, salah satu caranya adalah dengan memasang gorden peredam suara apartemen.

Berbagai Fungsi Gorden

Gorden sebagai bagian interior ruang memiliki banyak fungsi, yakni antara lain sebagai berikut.

Penghalang Pandangan dari Luar

Gorden banyak dipasang pada bagian jendela yang terbuat dari kaca. Hal ini dimaksudkan untuk menghalangi pandangan dari luar yang mungkin sedang kurang bagus atau tidak terlalu elok atau bahkan cukup mengganggu untuk disaksikan. Atau bisa juga untuk membuat ruang lebih nyaman agar bisa tidur dengan nyenyak atau bekerja dengan konsentrasi penuh tanpa terganggu melihat pandangan dari luar ruangan.

Penghalang Pandangan ke dalam Ruangan

Gorden yang dipasang pada jendela kaca juga berfungsi untuk mencegah kondisi di dalam ruangan terlihat dari luar ruangan, antara lain guna memberi lebih banyak privacy saat berada di dalam suatu ruangan, karena ada hal atau kegiatan yang tak ingin terlihat dari luar ruangan.

Penghalang Sinar Matahari, Angin dan Debu Masuk ke dalam Ruangan

Gorden juga memiliki fungsi sebagai penghalang sinar matahari, dan angin juga debu masuk ke dalam ruangan. Tingkat efektivitasnya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis bahan dan juga tingkat ketebalan kain gordennya juga cara pemasangannya. Cara pemasangan gorden cukup banyak juga variasinya, yakni mulai dari full menutup seluruh jendela atau pintu, namun ada juga yang hanya menutup sebagian atau separuh saja, baik itu pada sisi bagian atasnya atau pada salah satu sisi kanan atau kirinya dan lain sebagainya. Juga ada yang menutup secara kaku dan cukup sulit terbuka tanpa sengaja atau yang masih bisa dengan mudah terbuka dan menutup tanpa sengaja oleh tiupan angin dan lain sebagainya, karena gorden dipasang dengan cara mengantungkan kainnya dari atas secara lepas dan tanpa diberi penahan angin pada bagian sisi kanan kiri maupun bawah gorden juga bahannya yang cukup tipis sehingga mudah tertiup angin. Kesemuanya masing-masing cara pemasangan memiliki kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Gorden Sebagai Peredam Suara

Kemudian yang jarang orang sadari juga mengenai fungsi gorden sebagai peredam suara. Selain sebagai penghalang sinar matahari masuk ke dalam ruangan, gorden juga mampu untuk menjadi peredam suara bising masuk ke dalam ruangan. Tingkat efektivitasnya tergantung pada jenis bahan dan juga tingkat ketebalan kainnya. Semakin tebal bahan kainnya maka akan semakin tinggi kemampuan untuk meredam suara dari luar masuk ke dalam ruangan begitu juga sebaliknya untuk meredam suara dari dalam ruangan bisa keluar dan terdengar hingga ke luar ruangan.

Hiasan Ruangan

Kemudian yang tak kalah pentingnya juga adalah fungsi gorden sebagai hiasan ruangan, guna mempercantik jendela atau pintu yang dipasangi dengan gorden sebagai pelengkap hiasannya. Gorden juga bisa menjadi penegas yang makin memperkuat gaya interior ruangannya, yakni gaya minimalis atau gaya klasik dan lain sebagainya.

Tips Memilih Gorden Yang Tepat untuk Apartemen

Suatu unit apartemen biasanya dirancang dengan desain minimalis modern, namun tidak tertutup kemungkinan beberapa ruangannya juga bisa didesain dengan gaya klasik, disesuaikan dengan berbagai perabotan yang ada di setiap ruangannya. Guna meredam suara yang sering masuk ke dalam unit apartemen, ataupun untuk mencegah agar suara dari dalam ruangan dapat terdengar hingga ke luar ruangan maka bisa ditempuh dengan cara memasang kain gorden dengan bahan yang rapat serat kainnya seperti kain wol atau kain beludru jenis kain blackout dan tebal kain yang cukup. Semakin rapat tenunan kainnya dan juga semakin tebal kain gordennya maka semakin bagus dan akan semakin efektif kemampuan untuk meredam suara.

Pemasangan kain gorden peredam suara tersebut bisa dipasang pada keseluruhan jendela yang ada di ruang unit apartemen, dan juga dipasang pada bagian depan pintu, sebagai penghalang suara masuk maupun keluar ruang. Selain itu  guna memastikan bahwa gorden dapat berfungsi dengan secara maksimal dalam mengurangi suara, maka pasang juga gorden mengelilingi keseluruhan dinding ruangan, sebagai pengganti paper wall. Desain dan jenis bahan serta pilihan warna juga motifnya bisa bervariasi dan dipilih sesuai dengan selera dan juga sesuai dengan perabot lainnya yang ada di sekitarnya.

Kain blackout kini tak lagi hanya tersedia dalam warna-warna yang gelap saja  namun juga sudah tersedia dalam warna-warna yang cerah seperti abu-abu muda, biru, hijau, bahkan putih seperti warna putih tulang, beige atau coklat dan lain sebagainya, jadi tak harus dalam warna hitam dan juga bisa polos maupun bermotif seperti motif abstrak, geometris atau motif bunga-bunga, atau motif garis-garis atau motif kotak-kotak, atau motif polkadot atau motif corak pila tradisional seperti motif batik atau motif kain tenun dan lain sebagainya. Tekstur kainnya juga bisa polos halus atau bergelombang membentuk motif tertentu. Sangat bervariasi dan beragam pilihannya sehingga bisa dipilih sesuai keinginan dan mempercantik ruangan unit apartemen dan menambah kesan mewah serta berkelas suatu unit hunian apartemen selain fungsinya sebagai peredam suara maupun penghalang terik sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Dengan demikian maka ruang unit apartemen pun bisa tampil menarik dan cantik juga nyaman untuk ditinggali. Guna memaksimalkan fungsi gorden sebagai peredam suara mana di ruang unit apartemen, terutama untuk ruang tamu dan juga di ruang tidur maka bisa ditambahkan dengan memasang karpet yang cukup tebal dan dari bahan yang cukup tinggi kerapatan seratnya, guna meredam suara yang timbul dari bagian bawah unit. Sebagaimana diketahui bahwa tetangga unit apartemen itu tak hanya di sisi bagian kanan ataupun juga sisi bagian kiri unit apartemen, namun juga pada bagian bawah dan juga di sisi bagian atas unit  kecuali untuk unit apartemen yang berada di bagian tepat di bawah roof top atau di lantai yang tertinggi bangunan apartemen. Sehingga guna memaksimalkan peredaman suara maka gorden juga bisa dipasang di bagian atas ruangan unit apartemen, digantungkan pada bagian langit-langit ruangan unit apartemen. Hal tersebut juga bisa menambah keindahan desain interior ruangan unit apartemen.

Pilihlah cara pemasangan dan jenis bahan gorden yang sesuai dengan gaya desain interior ruangan apartemen, lalu untuk meredam suara maka bisa memasang gorden dari bahan kain yang lembut, berserat rapat namun tebal, terutama pada bagian jendela dan juga pintu maupun keseluruhan dinding unit apartemen. Sesuaikan warnanya dengan perabotan yang telah ada sehingga nampak serasi dan membuat ruangan menjadi makin cantik.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button