Gorden Peredam Suara Luar, Cocok Untuk Mengatasi Polusi Suara Di Rumah Kalian

Gorden Peredam Suara Luar – Tinggal di perkotaan dengan situasi polusi yang diluar kendali baik polusi udara, air bahkan polusi suara menjadi makanan setiap harinya. Tentu saja hal ini tak baik untuk kesehatan kalian. Apalagi di keadaan dimana kalian membutuhkan ketenangan. Akan tetapi suara-suara yang dihasilkan dari kegiatan diluar sana dapat mengganggu ketenangan yang kalian harapkan. Saat ini tak usah risau, karena terdapat sebuah inovasi baru bernama gorden peredam suara luar.

Gorden Peredam Suara Luar

Apa Itu Gorden Peredam Suara?

Gorden adalah salah satu perlengkapan yang pasti ada pada setiap rumah. Secara umum, gorden ini berfungsi untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke ruangan kalian, bisa menjadi menambah nilai estetika suatu ruangan, serta gorden ini bisa menjaga privasi di dalam ruangan. Gorden ini beragam jenis bahan, bentuk, dan motifnya. Bisa kalian padu padankan dengan konsep serta desain ruangan impian kalian.

Lalu apa itu gorden peredam suara?. Gorden peredam suara ialah gorden yang tak hanya memiliki fungsi seperti pada gorden umumnya akan tetapi gorden ini memiliki fungsi khusus yakni dapat membantu meredam suara bising yang dihasilkan dari luar ruangan maupun suara bising yang dihasilkan dari dalam sehingga tak akan terdengar ke luar ruangan. Dalam artian gorden ini selain memberikan kalian ketenangan dapat juga memaksimalkan perlindungan privasi kalian.

Ciri-Ciri Untuk Gorden Peredam Suara

Tak semua bahan gorden bisa digunakan untuk gorden peredam suara. Perlu perhatikan ciri-ciri yang harus ada pada gorden yang berfungsi untuk meredam suara. Ciri-cirinya dibagi menjadi tiga yakni berbahan tebal, kain blackout, dan berserat kasar.

Pertama, gorden peredam suara haruslah dari bahan kain yang tebal. Kedua,  kain blackout, kain ini merupakan jenis bahan gorden yang dirancang dapat mengurangi kebisingan suara dari luar ruangan sehingga tak mengganggu kegiatan di dalam ruangan. Ciri yang ketiga ialah berserat rapat. Dimana dengan kain berbahan seratnya rapat akan dapat memblokade suara agar tak masuk ataupun keluar ruangan.

Jenis-Jenis Bahan yang Bisa Digunakan Untuk Gorden Peredam Suara Luar

Pada umumnya jenis bahan yang bisa digunakan untuk gorden peredam suara ialah yang berkarakteristik tebal. Seperti kain blackout dan kain beludru (Kain Velvet). Kedua jenis kain tersebut memiliki karakteristik yang sama yakni berbahan tebal sehingga dapat meredam suara.

Kain Blackout ialah seperti yang dijelaskan sebelumnya, merupakan jenis kain tebal yang bahkan sinar matahari sulit untuk menembusnya. Selain itu kain blackout ini berkarakteristik tenunan yang rapat sehingga dapat meminimalisir suara dan cahaya yang akan masuk ke dalam ruangan kalian. Kelebihan lain dari kain berjenis ini ialah kainnya yang lembut,  memiliki vibe elegan dan dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan jenis bahan gorden lainnya. Karenanya banyak desainer yang tertarik untuk merancang kain ini menjadi bahan cushion.

Kain Beludru atau Kain Velvet merupakan jenis kain kedua yang dapat digunakan untuk meredam suara. Kain ini berbahan tenun berumbai, berstruktur halus dan rata serta berpermukaan dan teksturnya berkilau dan tentunya lembut. For Your Information, Pada zaman dahulu, kain beludru ini menjadi salah satu bahan pakaian yang digunakan oleh orang-orang menengah ke atas bahkan sampai bangsawan. Kain ini selain bahannya yang halus kelebihan lainnya yakni tingkat ketebalannya bisa diatur serta kain ini memiliki vibe yang mewah dan mahal. Selain itu, kain ini memiliki varian warna yang beragam dari warna cerah hingga ke warna-warna netral pun ada serta yang pastinya semuanya cantik.

Kain beludru ini berbahan dasar sutra dan katun sehingga tak salah bukan bila memiliki kelebihan-kelebihan yang seperti disebutkan di paragraf sebelumnya. Nah sekarang kain beludru ini juga bisa dibuat dari polyester dan viscose loh. Lalu berkembang lagi, dimana kain ini bisa dibuat dari bahan yang mengandung karet dan bersifat elastis.

Tips Memilih Gorden Peredam Suara Kualitas Bagus

Bagi kalian yang tertarik dan merasa sangat membutuhkan fungsi gorden selain untuk memblokade cahaya juga untuk memblokade suara bising dari luar ruangan ataupun rumah. Kalian perlu memperhatikan beberapa hal seperti bahan, warna, serta ukuran gordennya agar gorden peredam suaranya dapat bekerja secara maksimal.

Pertama ialah perhatikan bahan dari gordennya. Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai ciri-ciri bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai peredam suara yakni yang tebal, kain blackout, serta berserat rapat. Sehingga kalian perlu memperhatikan betul apakah ketiga ciri bahan gorden peredam suara tersebut ada atau tidak di gordennya.

Kedua yakni kalian perlu juga loh untuk memperhatikan warnanya. Sebenarnya hal ini tak mempengaruhi kualitas gorden dalam meredam suara akan tetapi karena kain gorden peredam suara ini memiliki aneka warna yang beragam sehingga kalian bisa memilih warna dan bordiran yang sesuai dengan konsep maupun hal yang kalian sukai. Jadi gorden peredam suara ini tak merusak konsep desain ruangan kalian.

Ketiga yakni ukuran. Dimana gorden peredam suara pada saat ini memiliki ragam ukuran yang sangat banyak. Bisa kalian kondisikan dan sesuaikan dengan yang kalian butuhkan. Pastikan ukuran gordennya sesuai dengan jendela ruangan yang akan kalian pasangkan gorden ini yah. Jadi ada baiknya sebelum kalian memesan, kalian sudah mengukur panjang dan lebar jendela yang akan kalian pasang gorden ini.

Berapa Harga Untuk Gorden Peredam Suara?

Selanjutnya yang menjadi hal yang sangat penting dilakukan ketika kalian akan membeli sesuatu ialah harga. Nah, untuk harga gorden peredam suara ini bisa bervariasi tergantung bahan, ukuran, serta dibordir atau tidaknya gorden peredam suara yang kalian inginkan. Untuk bahan gorden jenis blackout bisa kalian temukan dengan harga berkisar hingga Rp125.000,00 hingga Rp300.000,00 atau bisa juga lebih per meternya. Untuk bahan gorden jenis kain beludru bisa dibandrol dengan harga berkisar Rp150.000,00.

Jika kalian menginginkan gorden yang sudah dijahit harganya bisa lebih mahal karena membutuhkan pengerjaan lebih, apalagi apabila kalian menginginkan desain yang rumit serta sulit. Hal ini akan dipastikan harga gorden menjadi lebih mahal lagi. Biasanya untuk gorden jadi dengan berbahan dasar kain beludru atau kain velvet dijual dengan kurang lebih sekitar harga Rp300.000,00 per lembarnya. Untuk gorden jadi berbahan dasar kain blackout dapat dibandrol dengan harga berkisar Rp200.000,00 per lembarnya. Perkiraan harga ini dipasaran bisa lebih murah ataupun lebih mahal semuanya tergantung dengan kualitas bahas, kualitas jahitan, serta ukuran.

Bagaimana apakah setelah membaca artikel ini kalian semakin tertarik untuk membeli gorden peredam suara luar. Sebelum membeli pastikan kalian tau ingin membeli gorden yang seperti apa dan yang terpenting sesuaikan dengan budget yang kalian miliki. Lalu carilah pedagang ataupun penjahit gorden peredam suara yang terpercaya, tepat waktu, dan berkualitas baik. Intinya ialah jadilah pelanggan cerdas.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button