10 Jenis Bahan Gorden Yang Perlu Anda Ketahui, Sebelum Membeli Gorden

Jenis Bahan Gorden – Selain untuk mempercantik penampilan sebuah ruangan, gorden juga berfungsi untuk memfilter jumlah cahaya yang masuk ke dalam sebuah ruangan dan juga mengatur tingkat privasi dalam ruangan, dari arah luar. Di pasaran sendiri saat ini ada cukup banyak jenis bahan gorden, ukuran warna yang dapat Anda pilih, untuk disesuaikan dengan tema ruangan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis gorden yang dimaksud :

Jenis Bahan Gorden

  1. Kain Blackout

Jenis bahan gorden yang pertama adalah Blackout. Ini adalah salah satu bahan gorden yang mampu menghalangi masuknya cahaya ke dalam ruangan dengan sangat baik, baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu.

Bahan yang satu ini mempunyai karakteristik yang sangat lembut dan halus. Selain itu bahan yang satu ini juga mudah untuk dibersihkan. Yang lebih penting, bahan ini, dapat Anda gunakan untuk berbagai macam jenis gorden, mulai dari desain minimalis, gorden yang dapat dilipat, atau yang lainnya. Saat ini, bahan yang satu ini banyak Anda temukan di pasaran, warna serta motif yang diberikan cukup beragam.

Kain Semi Blackout

  1. Kain Semi Blackout

Adapun jenis bahan gorden berikutnya adalah kain semi blackout. Jenis bahan yang satu ini, juga sangat bagus, dan mampu menghalau cahaya masuk ke dalam ruangan hingga 80%. Desain dan bahan yang ada sanga cantik, dan dapat Anda gunakan di ruang kerja, ruang baca atau ruang keluarga. Saat ini, jenis bahan yang satu ini, memiliki berbagai macam pola, motif yang sangat menarik, ada juga yang mempunyai warna polos. Anda dapat menyesuaikan motif kain dengan desain ruangan yang ingin dibentuk, misalnya Anda akan menggunakan bahan dengan warna coklat untuk diletakkan di ruang tamu, atau yang lainnya.

baca juga  Pesan Gorden Online untuk Mempercantik Rumah Anda dengan Mudah

Kain Dimout

  1. Kain Dimout

Berikutnya ada dimout, ini adalah bahan kain yang mampu menahan cahaya dari luar sekitar 90 %, baik itu cahaya dari lampu jalan, atau bahkan sinar matahari. Sedangkan dari dalam, cahaya yang terlihat, terutama yang berdiri dekat jendela hanya akan berupa bayangan saja. Bahan kain yang satu ini, terkesan elegan, dan mewah, biasanya bahan yang satu ini, paling sering digunakan untuk desain gorden roller blinds. Ini adalah desain gorden yang dapat digulung ke arah atas, hingga membuat lengkungan indah, dan melebar ke arah bawah.

Bahan yang satu ini juga banyak beredar luas di pasaran, ada yang polis, ada juga yang bermotif. Warna yang ada juga cukup beragam, mulai dari warn biru, putih, dan yang lainnya. siapa saja dapat menggunakan bahan yang satu ini, sebagai salah satu pilihan tirai yang cantik.

Jenis Gorden Jendela

  1. Kain Satin halus

Untuk jenis bahan gorden berikut ini, adalah yang paling sering digunakan. Seperti namanya, kain jenis ini, mempunyai permukaan yang lembut, halus dan juga mengkilap. Hasilya bahan gorden yang satu ini, sangat indah dipandang mata, membuat ruangan terkesan mewah dan indah.

Saat ini, bahan yang satu ini terdiri atas berbagai macam motif, dan juga warna. Bahan yang satu ini, dapat digunakan dan diterapkan dalam berbagai macam desain gorden. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan ini di berbagai macam ruangan.

Jenis Gorden Terbaru

  1. Kain Lace

Walaupun jenis bahan yang satu ini, sering digunakan untuk membuat pakaian, namun bahan yang satu ini juga pas untuk membuat gorden. Kain ini pas jika digunakan pada berbagai macam desain gorden, termasuk diantaranya vitrase. Anda dapat memasang gorden dari bahan tersebut, untuk kamar tidur, atau untuk ruang tamu. Penggunaan bahan ini untuk ruang tengah, membantu Anda dalam mengatur sistem pencahayaan di ruang tengah.

baca juga  Jenis Gorden dan Harga

Karena bahan gorden yang satu ini tipis, maka umumnya, bahan yang satu ini hanya digunakan sebagai pelapis gorden, sebelum akhirnya menggunakan bahan yang lebih tebal. Motif serta warna yang dimiliki oleh bahan ini cukup beragam, Anda dapat memilih salah satu yang tepat dan sesuai kebutuhan.

  1. Kain Sutra

Siapa yang tidak kenal dengan kain sutra. Selain pas dan nyaman jika digunakan untuk mempercantik penampilan Anda, kain yang satu ini juga ternyata dapat Anda gunakan untuk mempercantik penampilan ruangan Anda. Tekstur kain ini, cukup lembut dan juga halus, namun tentunya tidak licin. Pas untuk membuat gorden yang dikombinasikan dengan sheer. Hasilnya ruangan Anda jadi terkesan lebih lembut. Kain jenis ini, paling pas jika digunakan di dalam kamar tidur utama. Yang menjadi masalah adalah harga kain ini yang cukup mahal, terutama untuk kain sutra murni, lain halnya jika Anda menggunakan sutra sintetis, maka harganya cenderung lebih murah.

Tips Memilih Gorden Rumah Minimalis

  1. Kain Chenille

Satu lagi jenis kain gorden yang mempunyai tekstur yang lembut dan juga halus, yaitu kain Chenille. Susunan seratnya juga cukup rapat, hingga membuat gorden tidak mudah robek ketika digunakan. Bahan kain yang satu ini juga dapat Anda aplikasikan ke berbagai macam desain gorden. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan motif dan warna yang ada, dengan ruangan yang akan digunakan.

Model Gorden Mahal

  1. Kain Belacu

Adapun jenis bahan gorden yang satu ini, masih termasuk jenis kain katun. Namun mempunyai warna putih pucat dan sifatnya masih mentah. Ini adalah salah satu ciri utama dari bahan yang satu ini. namun justru inilah yang menjadi andalan dari kain tersebut. Kesan natural akan terpancar, jika Anda menggunakan kain tersebut sebagai gorden pada rumah Anda. Rumah bergaya Etnik / country atau rumah bergaya casual, pas dengan gorden dari bahan ini. Selain itu, bahan yang satu ini, juga dapat Anda gunakan untuk bahan roller blinds.

baca juga  Aneka Jenis Gorden Yang Dapat Mempercantik Jendela Rumah Anda!

Jasa Jahit Gorden Hotel

  1. Kain Mori

Lebih tepatnya kain khusus batik. Walaupun saat ini ada cukup banyak sekali bahan kain yang menggunakan motif batik di dalamnya. Namun tetap saja, kain batik menggunakan bahan Mori adalah yang paling pas. Bahan dan desain atau motif yang ditampilkan mampu membuat ruangan jadi terkesan etnik, dan khas Indonesia. Anda dapat menggunakan bahan seperti ini di ruang tamu. Dipadukan dengan furniture bernuansa etnik, pastinya memberikan kesan yang sangat unik. Dibanding bahan lainnya, bahan yang satu ini juga cukup murah.

  1. Kain Katun

Jenis bahan gorden yang satu ini, tentu sudah umum diketahui oleh masyarakat luas. Teksturnya halus, dan juga lembut ketika digunakan. Corak atau motif yang dimiliki oleh bahan ini cukup beragam, Anda dapat memilih salah satu motif yang tepat, untuk digunakan sebagai gorden, Anda pun dapat membuat salah satu desain gorden, dan disesuaikannya dengan kamar yang akan digunakan. Selain itu, Anda juga dapat memilih bahan katun yang cukup beragam, seperti katun jepang, katun rayon, katun cina, atau bahkan katun sutra. Yang lebih penting bahan yang satu ini, mempunyai harga yang cukup murah.

Sending
User Rating 5 (4 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button