7 Inspirasi Model Gorden Jenis Blackout

Jenis Gorden Blackout – Dalam menentukan konsep sebuah hunian rumah, tentunya perabotan menjadi hal yang sangat penting. Hanya saja, perabotan saja juga tidak cukup beberapa aksesoris lainnya sebagai penunjang interior juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan jenis gorden jendela. Sebenarnya pemilihan gorden jendela bukan hal yang rumit, hanya saja Anda juga harus menyesuaikan dengan konsep ruangan Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa gorden memiliki jenisnya masing – masing tergantung kain yang digunakan. Pasalnya, tidak semua jenis gorden bisa dipasang pada setiap jendela di rumah Anda. Selain itu, pemilihan gorden juga harus menyesuaikan kebutuhan, apakah Anda membutuhkan ruangan yang mendapatkan cahaya matahari langsung atau ruangan yang memang sedikit lebih privasi.

Jenis Gorden Blackout

Berbicara tentang ruangan yang sedikit lebih privasi, seperti ruang keluarga atau kamar, Anda bisa menggunakan jenis gorden blackout. Apakah itu gorden blackout? Berikut penjelasannya serta inspirasi model gorden blackout.

Tentang Gorden Blackout

Sama seperti namanya, gorden blackout sendiri merupakan jenis gorden yang memang dirancang khusus untuk memblokir sinar matahari sehingga tidak bisa masuk ke dalam ruangan. Serat – serat kain yang ada pada gorden blackout sendiri memang menghalau sinar matahari untuk bisa menembus. Bahkan banyak yang menjulukinya sebagai kain anti matahari atau ultraviolet.

Jenis gorden blackout tidak hanya berguna untuk menghalau sinar matahari, melainkan juga meredam suara bising dari luar ruangan. Bahkan beberapa merk gorden blackout mengatakan bahwa gorden tersebut bisa menghalau sinar matahari sebanyak 90% dan suara sebanyak 40%.

Dikarenakan fungsinya untuk menghalau sinar matahari dan suara, jenis gorden blackout terbuat dari bahan yang tebal. Pembuatannya pun dilakukan dengan anyaman yang sangat rapat. Bukan hanya terbuat dari bahan tebal saja, model ini juga memiliki berat yang lebih dibandingkan jenis gorden yang lainnya. Oleh karena itu, gorden blackout memiliki ketahanan yang lebih baik sehingga lebih awet tahan lama dibandingkan gorden biasanya.

baca juga  Jual Kain Gorden Online Berbagai Jenis

Jual Gorden Blackout

Saat ini jenis gorden blackout tidak hanya berupa gorden dengan warna gelap dan tebal saja. Sudah banyak warna – warna cantik yang bisa dijumpai. Jenis gorden ini lebih banyak digunakan untuk jendela – jendela yang besar. Selain itu, biasanya penggunaannya dilakukan untuk memberikan sedikit privasi pada ruangan tersebut. Jenis ini sangat pas diaplikasikan pada kamar Anda yang memiliki jendela. Selain itu, jenis gorden blackout akan memberikan kesan mewah pada ruangan Anda.

Inspirasi Model Gorden Blackout

Saat ini jenis gorden blackout banyak diburu oleh orang dan sudah menjadi trend tersendiri. Lagipula kain blackout juga bisa di buat berbagai model dengan berbagai tipe gorden, mulai dari tipe minimalis, klasik hingga yang mewah. Nah, berikut ini ada inspirasi model untuk gorden blackout.

  1. Gorden blackout tipe red pocket

Model red pocket bisa menjadi model sederhana untuk gorden blackout Anda. Model ini identik dengan adanya lorong hasil keliman yang ada pada bagian atas. Lorong tersebut berguna untuk menggantung batang jendela yang berukuran ramping.

Model yang satu ini memang sangat pas sebagai pembatas, walaupun terbuat dari blackout. Biasanya model ini memang jarang dibuka tutup. Pasalnya, kain blackout yang berat ditambah lagi dengan modelnya yang kurang fleksibel untuk digeser. Maka dari itu, penggunaan model red pocket akan sangat cocok untuk ruangan yang jarang digunakan.

  1. Gorden blackout model draperies

Bisa dikatakan bahwa mode draperies adalah model gorden yang sangat dekoratif. Pasalnya, model ini memang membuat ruangan lebih menarik. Bahkan dengan adanya motif dan warna yang menarik akan membuat penampilannya lebih simple. Ditambah lagi dengan permukaan yang bergelombang serta menggantung dengan panjang yang sama. Kebanyakan model ini memang terbuat dari bahan yang tebal, salah satunya adalah blackout.

baca juga  Jual Gorden Pintu Online Berkualitas

Tidak jarang juga, model draperies terbuat dari bahan – bahan berupa thermal curtain, yakni gorden dengan bahan akrilik di bagian lipatan – lipatannya. Penggunaan bahan blackout untuk model ini selain menghalangi cahaya dan suara yang masuk, juga membuat ruangan menjadi lebih hangat. Bahkan model ini membuat energi menjadi lebih efisien.

  1. Gorden blackout model valances

Bagi Anda yang ingin menggunakan jenis gorden blackout tapi menginginkan nilai estetika, maka model valences bisa menjadi pilihan. Bukan hanya bentuknya yang cantik, model valances juga bisa menutupi bagian batang jendela yang memang nampak kurang menarik, terlebih gorden jendela yang menumpuk.

Kebanyakan model valances akan dikombinasikan dengan model cascades. Maka untuk penyesuaiannya harus memiliki warna yang sama. Jenis kain yang digunakan pun juga harus sama.

  1. Gorden blackout model eyelet

Model gorden yang satu ini identik dengan ring – ring besi yang ada pada bagian atasnya. Ring – ring besi tersebut digunakan untuk menggantung gorden pada batang jendela. Walaupun biasanya terbuat dari kain yang ringan, model ini juga pas untuk kain berat, seperti blackout.

Lagipula, model eyelet mudah digeser atau digerakkan karena adanya ring – ring pada batang yang memang tidak terhambat. Model ini sangat pas digunakan untuk kamar anak. Selain itu, jenis gorden blackout yang lebih berat akan sangat pas memberikan kesan modern untuk ruang keluarga atau kamar tidur. Modelnya yang simple juga tak lekang oleh waktu.

  1. Gorden blackout model tab top

Model tap top sebenarnya hampir mirip dengan model eyelet. Hanya saja pada bagian ring – ring diganti dengan kain sebagai pengait gorden pada bagian batang jendela. Model tab top menjadi model yang paling fleksibel akan beratnya. Pasalnya pengait yang digunakan terbuat dari bahan yang sama. Model ini menggantung mendatar dengan adanya lipatan – lipatan. Sayangnya, model tab top tidak cocok untuk jendela dengan suasana formal.

baca juga  6 Jenis Kain Gorden Untuk Alternatif Gorden Paling Mahal

  1. Gorden blackout model scarves

Model gorden ini merupakan model gorden yang paling mudah untuk dipasang dan dikreasikan. Pasalnya, model ini tidak memiliki tempat untuk menggantung, seperti kain atau ring. Model ini hanya berupa kain panjang yang langsung dililitkan pada bagian batang jendela. Kebanyakan model ini hanya digunakan untuk dekorasi semata. Dengan kata lain, model ini akan menambah aksen tersendiri pada jendela rumah Anda. Lagipula model ini sangat pas untuk menutupi apabila adanya kekurangan panjang gorden.

  1. Gorden blackout model pleat

Untuk model gorden yang satu ini terdiri akan box pleated, goblet pleat, tailored pleat dan pinch pleated. Semua bagian tersebut dibedakan dengan bentuk gorden. Seperti tailored pleat yang memiliki tiga lipatan yang dijahit pada bagian atas sehingga akan sedikit mengerucut ke atas. Selain itu, box pleated yang memiliki lipatan dengan bentuk kotak.

Sedangkan untuk goblet pleat juga memiliki tiga lipatan. Hanya saja, pembentukannya dilakukan sedemikian rupa sehingga membentuk mirip piala. Terakhir adalah pinch pleated merupakan model yang paling dekoratif. Lipatan yang dimiliki bisa tiga atau empat lipatan. Hanya saja biasanya akan dijahit secara beraturan. Lebih banyak lipatan artinya akan lebih banyak kain yang dibutuhkan.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button