Jenis Gorden dan Harga

Jenis Gorden dan Harga – Pada awalnya tirai memiliki fungsi sebagai penutup jendela rumah – rumah. Bahannya  juga sangat sederhana sekali yaitu menggunakan kain polos saja. Pada saat itu, sering sekali tirai hanya menutupi setengah bagian jendela saja.

Jenis Gorden dan Harga

Fungsi Dari Gorden

Selain tirai ada juga blinds yang  dalam bahasa Indonesia disebut dengan gorden. Seperti halnya tirai, saat ini blinds sudah harus dalam banyak bentuk dan model. Selain itu juga sudah mempunyai beberapa ornamen  dan beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Penutup jendela rumah

Rumah mempunyai beberapa bagian terbuka misalnya saja pintu, jendela  dan ventilasi dimana masing – masing mempunyai fungsi yang berbeda. Jendela biasanya dibuat supaya sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dan juga bisa digunakan untuk melihat pemandangan di luar rumah. Ada kalanya, anda ingin menutup benda untuk privasi khususnya pada saat malam hari atau ketika berpergian. Pada saat itulah gorden mempunyai  peranannya sebagai alat untuk menutupi jendela. Ruangan yang dilengkapi gorden akan terasa sangat nyaman dan hangat.

  1. Pengatur intensitas cahaya yang masuk dalam rumah

Gorden mempunyai fungsi dalam mengatur  kualitas dan kuantitas cahaya yang masuk ke dalam sebuah ruangan. Hal ini sangat penting sekali untuk menjamin kenyamanan pada saat beraktivitas di dalam rumah. Saat  bekerja di dapur atau mengerjakan pekerjaan kantor tentu saja anda perlu pencahayaan yang cukup. Kontrol cahaya yang masuk ini hanya bisa dilakukan dengan membuka gorden.

  1. Digunakan untuk menjaga privasi

Jika melihat pemandangan luar jendela pastilah sangat menyenangkan. Namun sebaliknya, akan menjadi berubah menjadi tidak nyaman apabila ada orang yang melihat bagian rumah anda. Hal ini tentu saja mengandung banyak resiko bagi keamanan dan keselamatan anda. Oleh karena itu dipasang gorden. Gorden yang tertutup akan membantu menghalangi pandangan dari.luar ke dalam dan demikian juga sebaliknya. Hal ini sangat penting jika ada sekeluarga ingin beraktivitas di dalam rumah demi untuk menjaga privasi dan supaya tidak bisa diamati orang dari luar.

  1. Penambah estetika

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan gorden sangat mempengaruhi tampilan estetika pada sebuah ruangan. Hal ini tidak .lain dikarenakan porsi penutup jendela ini mempunyai ukuran yang cukup besar sehingga menyita  perhatian siapa saja yang melihatnya. Singkat kata, elemen penutup jendela ini mempunyai peranan yang besar dalam menciptakan mood ruangan. Dengan pemasangan gorden dengan tepat akan membuat suasana nampak lebih hidup

baca juga  Aneka Jenis Gorden Yang Dapat Mempercantik Jendela Rumah Anda!

Jenis – jenis Gorden dan Harganya

Ketika menentukan sebuah desain rumah dan perabotan apa saja yang dibutuhkan untuk rumah anda, mungkin memilih gorden jendela bukan menjadi hal yang sangat rumit. Ada beraneka ragam jenis  dan motif gorden jendela yang bisa dipilih. Hal ini tentunya dapat memudahkan anda dalam memilih gorden jendela dan menyelaraskan gorden dengan ruangan anda.

Tidak semua tipe gorden jendela cocok untuk ruangan. Jadi jangan sampai salah memilih. Salah – salah malahan akan mengurangi fungsi dan estetika ruangan. Makanya, sebelum memilih gorden jendela, yuk kita kenalan terlebih dahulu dengan jenis gorden dan harga berikut ini.

Jenis Gorden Jendela

  1. Gorden Sheer

Jika anda ingin sedikit privasi namun cahaya matahari atau lampu jalan tetap bisa masuk lewat  jendela, maka gorden jendela tipe sheer bisa menjadi salah satu pilihannya. Meskipun sifatnya hanya sebagai pelapis saja karena bahannya yang tipis, gorden ini memang tetap sopan. Gorden ini biasanya mempunyai warna putih polos dan ada juga yang bermotif yang terbuat dari bahan voile.. Sheer sangat cocok sebagai lapisan gorden jendela tipe lainnya dan juga untuk ruangan apapun.

Jenis Gorden Jendela

  1. Rod Pocket

Rod pocket adalah jenis gorden jendela yang mempunyai desain sederhana. Pada bagian atas terdapat sebuah lorong hasil kelainan yang mempunyai fungsi untuk menggantung pada batang jendela. . Rod pocket adalah sebuah gorden jendela yang terbuat dari yang  sangat ringan dan biasa memang tidak sering untuk dibuka – tutup. Hal ini karena fungsinya sendiri lebih sebagai pembatas dan kurang fleksibel untuk digeser – geser. Sebaiknya anda memasang gorden ini pada ruangan yang jarang digunakan ya.

Jenis Gorden Jendela

  1. Draperies

Draperies adalah salah satu jenis gorden jendela yang paling dekoratif. Dahulunya, draperies memang digunakan hanya untuk membuat ruang  lebih menarik. Jenis gorden ini mempunyai banyak motif dan warna yang sangat cantik dan tampilan yang lebih simpel dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung sama panjangnya. Selain itu, draperies biasanya terbuat dari bahan kain yang lebih berat

baca juga  Jual Gorden Jadi Online

Draperies juga sering  berupa thermal curtain yang mana merupakan jendela yang  mengandung bahan akrilik.pada lipatan – lipatan sehingga ruangan akan menjadi lebih hangat ketika cuaca dingin, bisa meredam suara, dan menghalangi cahaya untuk masuk. Ya bisa dibilang gorden ini membuat energi lebih menjadi efisien.

Jenis Gorden Jendela

  1. Cascades

Cascades adalah sebuah tipe gorden yang mempunyai desain menjuntai pada kedua  sisi jendela. Cascades juga mempunyai variasi motif dan panjang yang biasanya sama panjang pada salah satu bagian sisinya. Cascadea biasanya tidak terpisah dari  bagian.atas bergelombang yang membentuk setengah lingkaran. Keduanya berpadu membentuk gorden jendela yang anggun dan sangat menawan. Cascades dan sawah cocok dipasang pada ruangan baca atau pada kamar pribadi.

  1. Valances

Jika berbicara mengenai estetika, gorden jendela tipe valances mempunyai fungsi estetika. Selain itu, model dari gorden ini juga sangat cantik dimana mempunyai desain  berombak dan.motif yang menarik. Gorden ini mempunyai fungsi untuk menutupi.batang jendela yang kurang indah jika tampak apalagi jika gorden jendela bertumpuk. Biasanya, valencia  akan dikombinasi dengan cascades. Namun anda harus menyesuaikan juga setidaknya warna keduanya.

Selain valances, penutup batang gorden ini biasanya juga berupa.boks yang bernama pelmets. Dengan memilih pelmets akan membuat ruangan nampak lebih formal. Sebaiknya gunakan pelmets  jika ukuran jendela lebih lebar dan tinggi supaya terlihat lebih gagah dan menawan.

Jenis Gorden Jendela

  1. Tiers

Tiers adalah jenis gorden yang mempunyai fungsi untuk menutupi bagian jendela. Biasanya tiers menutupi  hingga sepertiga bagian bawah jendela. Tiers sendiri akan membentuk.sebuah kombinasi sempurna dengan valances . Pada.saat digunakan, cahaya dari luar tetap bisa masuk  ke ruangan namun privasi tetap bisa terjaga. Tiers seringkali digunakan untuk.dapur dan.kamar mandi.

baca juga  Faktor Yang Menentukan Kenapa Gorden Mahal Harganya di Pasaran

Jenis Gorden Jendela

  1. Eyelet

Jika anda menemukan desain  jendela pada bagian atas terdapat ring besi sebagai penggantung pada batang  jendela.maka itulah yang disebut dengan gorden eyelet. Gorden jendela tipe ini  terbuat dari kain gorden atau tirai yang sangat ringan dan tidak terlalu berat.

Selain itu, , gorden ini mudah digeser karena gerakan ring pada batang jendela tidak terhambat. Gerakan eyelet cocok untuk dipasang pada kamar tidur anak .Gorden ini mempunyai bahan yang cocok untuk kamar tidur  yang bergaya modern. Desainnya juga sangat simpel dan tidak ketinggalan zaman.

Untuk jenis gorden dan harga tergantung motif, bahan dan ukuranya. Semakin bagus kualitasnya maka semakin mahal harganya. Jadi ya bisa disimpulkan harga setiap gorden berbeda – beda ya.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button