Rel Gorden Jendela

Rel Gorden Jendela – Gorden untuk jendela pasti memiliki rel yang berfungsi untuk menggantungkan tirai. Jika tidak menggunakan rel gorden, maka tirai tidak dapat dipasang rapi. Selain itu, adanya rel juga yang memudahkan membuka dan menutup tirai.

Rel Gorden Jendela

Mengenai Jenis-jenis Rel Gorden Jendela

Secara umum, terdapat dua jenis rel gorden yaitu model batang dan model rel. Tetapi saat ini sudah banyak yang menggunakan jenis rel gorden. Model rel ini umumnya berbahan aluminium dan besi yang memiliki jalur sedangkan model batang berbahan plastik. Nah, berikut ada 3 tipe dari rel gorden yang biasa ditemukan di pasaran:

  1. Rel Gorden Berkabel

Ini adalah tipe gorden yang cukup menarik sebab pengoperasiannya dapat ditarik tanpa perlu ikut menarik gordennya. Jadi, yang perlu ditarik hanya tali atau kebalnya saja, gorden akan terbuka atau tertutup.

Bagi konsumen yang tidak suka repot menarik gorden, maka tipe rel gorden berkabel menjadi pilihan yang tepat. Kontak tangan langsung dengan gorden dapat dikurangi, sehingga risiko kotor lebih berkurang. Juga sangat cocok untuk yang memiliki anak-anak di rumah dan sering bermain dengan menarik gorden. Pasti tirai gorden akan cepat kotor dan menjadi tidak  rapi lagi, maka coba gunakan saja rel gorden yang memiliki kabel ini yang bisa diperoleh di tempat jual rel gorden jendela.

  1. Rel Gorden Plastik atau Logam

Ini adalah tipe yang lumayan terkenal di kalangan konsumen dan umumnya berbahan aluminium. Tipe seperti ini sering dilapisi teflon agar tidak menimbulkan bunyi bising saat pengait ditarik.

Kelebihan rel gorden seperti ini, mudah disesuaikan dengan ukuran ruangan sebab bisa dipotong jika sudah melebihi panjang yang dibutuhkan. Bahan plastik memiliki tampilan yang lebih lembut, cocok digunakan untuk ruangan yang menggunakan konsep feminin.

  1. Rel Gorden Model Bay Window

Tipe rel gorden model bay window adalah tipe yang sangat mudah dibentuk sesuai ruangan. Cukup fleksibel sehingga jika ingin dibengkokkan pun bukan masalah besar. Bagi yang tidak suka memiliki rel gorden terpisah-pisah maka pilihan rel gorden tipe ini sangat tepat.

Tentu penggunaannya tidak mengganggu keindahan ruangan, sebaliknya mendukung estetika ruangan. Jadi, akan lebih menarik dan rapi. Sebab yang digunakan hanya satu jalur gorden untuk menutupi jendela ruangan. Kelebihannya terletak pada sifatnya yang fleksibel tadi.

Perlu diketahui bahwa tidak semua tipe model rel gorden cocok dengan ruangan rumah. Karena bentuk jendela antara satu rumah dengan yang lain pun tidak semua sama. Maka, akan lebih mudah menggunakan jasa tenaga ahli untuk memilih dan memasang rel gorden jendela minimalis dengan baik.

4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Saat Memasang Tirai

Memasang tirai bisa dibilang susah-susah gampang. Kesalahan memasang tirai bisa dilakukan oleh siapa saja baik secara sengaja atau tidak sengaja. Berikut ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari saat memasang gorden:

  1. Menggantung tirai terlalu rendah

Kesalahan pertama yang sering ditemukan ialah menggantung tirai terlalu rendah bahkan sedikit lagi menyentuh lantai. Sedangkan yang benarnya, tirai di pasang di atas frame jendela, biasanya 10 sampai 20 cm dari frame jendela. Tetapi juga usahakan tidak menggantung lebih dari 8 inci dari frame jendela. Menggantung tirai dengan jarak lebih tinggi pada dasarnya untuk memberi kesan lebih tinggi pada ruangan.

Namun, jika tirai yang dimiliki tidak cukup panjang maka hindari memasang terlalu tinggi sehingga tidak menutupi bagian bawah. Oleh karena itu, sebelum membeli tirai, pastikan mengukurnya lebih dulu.

  1. Kesalahan ukuran batang tirai

Kesalahan yang kedua yang juga sering dilakukan yaitu memilih atau menggunakan batang tirai dengan ukuran yang tidak tepat. Sebelum memilih, juga harus mengukur lebar jendela dulu, sehingga lebih mudah memilih ukuran batang tirai. Bahkan perlu dipastikan cahaya tetap dapat masuk meskipun jendela sudah tertutup tirai.

Jika memiliki jendela yang besar, boleh menggunakan dua panel tirai untuk menutupnya. Mungkin hal yang sulit bagi yang pertama kali beli rel gorden jendela murah, namun saat berkunjung ke toko boleh berkonsultasi dengan penjual. Nanti akan ditawarkan beberapa pilihan dengan ukuran tertentu.

Maka, bandingkan dengan ukuran jendela rumah, apakah jika dipasang nanti tampak indah atau malah menjadi tidak enak dilihat. Jadi, tidak boleh dipilih sembarangan dan tidak boleh diprediksi ukuran tanpa mengukurnya dengan pasti. Karena setelah dibeli dan dipasang di jendela, ternyata tidak bagus tentu akan sangat merepotkan untuk membongkarnya kembali.

  1. Tidak mengetahui bahan batang tirai

Saat memilih batang tirai gorden, jangan lupa tanya materialnya kepada penjual. Kelebihan dan kekurangan bahan tersebut harus diketahui dengan baik. Kemudian ada beberapa jenisnya, pilihan warna hingga pola dan cocok digunakan untuk jenis kain yang mana. Karena ada beberapa jenis kain tirai yang bersifat berat sehingga jika menggunakan bahan yang tidak dapat menampung beban tirai, bisa patah ataupun bengkok. Nantinya akan mengganggu tampilan gorden sehingga tak enak dilihat dan mengurangi estetika ruangan.

Bahan batang tirai ada dari aluminium, besi dan plastik. Kesalahan yang umum terjadi ialah konsumen tidak memperhatikan antara kekuatan batang tirai dengan beban tirai yang digantung. Padahal ini sangat penting diperhatikan terlepas dari warna ataupun pola. Jika menggunakan kain yang berat, sebaiknya gunakan batang tirai bermaterial besi yang sifatnya ringan namun kuat.

  1. Tidak menyetrika tirai

Ini juga sangat penting diperhatikan demi kerapian tirai, harus disetrika sebelum digunakan. Jangan setelah dibawa pulang dari toko, langsung digunakan tanpa dicuci dan disetrika terlebih dulu. Kesan berantakan akan sangat tampak jika tidak disetrika dan tentunya akan sangat mengganggu pemandangan.

Bahkan meskipun yang dibeli tersebut adalah rel gorden jendela terbaik lengkap dengan kain terbaik, tetapi tidak disetrika maka tetap tidak bisa meningkatkan nilai estetika. Tentu tidak sulit menyetrika terlebih dulu sebelum digunakan. Sama seperti pakaian, kusut jika tidak disetrika.

Jasa Pasang Rel Gorden Online

Inilah beberapa poin penting yang sebaiknya dihindari saat akan memasang tirai. Jika malas menyetrika, gunakan saja jasa setrika. Saat ini semua sangat mudah dilakukan karena dapat menggunakan jasa orang lain. Tinggal diri sendiri mau atau tidak untuk kenyamanan dan estetika. Sebab tidak ada guna jika diberi yang mahal tetapi malas merawatnya.

Termasuk soal pemasangan rel gorden, dimana Anda juga bisa sewa jasanya di Raja Gorden. Kami adalah perusahaan yang menawarkan layanan pembuatan gorden custom sekaligus jasa pasangnya.

Kami menyediakan berbagai macam model, ukuran serta material rel gorden untuk jendela. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan di rumah, kantor, atau gedung lainnya. Jika tertarik untuk pasang rel gorden jendela terbaik dan berkualitas, maka bisa menghubungi kami di nomor kontak berikut ini 0812 1964 3240. Kami memberikan garansi dan harga produk terjangkau.

Tinggalkan Komentar