Tips Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Tips Memasang Wallpaper Dinding Rumah – Memasang wallpaper memang bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang ekstra. Dengan pemasangan yang tepat, tentu dinding rumah akan semakin terlihat cantik dan menarik.

Tips Memasang Wallpaper Dinding Rumah

Wallpaper sendiri merupakan salah satu dekorasi rumah yang paling digemari oleh kebanyakan orang karena motifnya yang beragam. Selain itu penggunaan wallpaper juga jauh lebih mudah dan hemat dibanding dengan menggunakan cat dinding. Untuk pemasangannya sendiri Anda bisa menggunakan jasa ahli agar semakin rapi atau bisa mengikuti tips berikut ini.

6 Tips Memasang Wallpaper Dinding Rumah dengan Rapi

  • Siapkan Peralatan

Tips pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan peralatan. Dengan menyiapkan beberapa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, tak perlu ribet lagi mencari peralatan satu-satu ketika memasang wallpaper.

Untuk peralatan dan perlengkapan pemasangan wallpaper, Anda membutuhkan cutter, gunting, meteran, pensil, kain perca, lem, dan kertas wallpaper. Lalu untuk membersihkan dinding, cukup membutuhkan amplas, tangga dan alas plastik yang besar.

  • Bersihkan Dinding

Setelah menyiapkan peralatan dan perlengkapan, tips memasang wallpaper dinding rumah rapi ialah dengan membersihkan dinding. Bila terdapat noda atau kotoran pada dinding bekas hiasan yang menggantung, cobalah untuk membersihkannya dengan air atau cairan pembersih dan tunggu hingga kering sebelum meneruskan ke langkap berikutnya.

Lalu bila terdapat tekstur yang mengganjal atau dindingnya yang lembap, coba untuk mengampelasnya dan memberikan cat ulang anti lembap pada dinding. Kemudian setelah rapi barulah dinding siap dipasangi wallpaper. Dengan dinding yang bersih dan rapi, pemasangan wallpaper juga tak akan sulit.

  • Ukur Wallpaper

Setelah selesai membersihkan dinding, Anda bisa mengukurnya agar pemasangan wallpaper ke dinding akan sesuai dan pas. Pastikan untuk mengukur lebar dan panjang secara presisi serta sesuaikan berapa lembar wallpaper yang dibutuhkan. Dengan mengetahui ukuran tersebut, tentu saja dapat membantu untuk pemasangan wallpaper jadi lebih mudah dan rapi.

  • Oleskan Lem dan Tempelkan Wallpaper

Setelah menyesuaikan ukurannya, oleskan lem secara merata dan tipis di kertas wallpaper. Pengolesan yang merata dan tipis, akan mencegah munculnya gelembung pada permukaan wallpaper, sehingga hasilnya akan lebih rapi. Setelah lem berhasil dioleskan, tempelkan wallpaper secara perlahan dan hati-hati.

Lalu pada bagian sudut dan perbatasan dinding, berikan lem sambungan agar wallpaper dapat terpasang dengan kuat dan rapi. Setelah wallpaper sudah dipasang, coba ratakan dengan menggunakan kain perca agar terhindar dari gelembung di permukaan.

  • Perhatikan Kerapian

Setelah wallpaper terpasang, jangan akibat lelah, Anda langsung membiarkan saja wallpaper yang sudah terpasang. Cobalah perhatikan seluruh bagian dinding tersebut. Bila terdapat kertas wallpaper yang kelebihan, Anda bisa memotong bagian tersebut menggunakan gunting agar terlihat lebih rapi.

Perhatikan juga bagian wallpaper di sekitar stop kontak, Bila ada yang kurang rapi, bisa dirapikan dengan menggunakan pisau cutter.  Lalu bersihkan juga sisa lem yang sekirangya menempel pada kertas wallpaper. Dengan begitu kertas wallpaper yang terpasang di dinding akan terlihat rapi dan memberikan kesan yang menarik pada ruangan.

5 Tips Ampuh Memasang Wallpaper di Dinding yang Lembab 

Memasang wallpaper dengan mengikuti tips di atas tentu akan membuat wallpaper jadi lebih rapi saat terpasang. Namun beda lagi bila dinding di rumah Anda memiliki kondisi yang sangat lembap. Kondisi dinding yang lembap tentu dapat membuat pemasangan wallpaper jadi lebih susah dan memakan waktu yang banyak.

Dengan dinding yang lembap, wallpaper akan susah untuk menempel pada dinding. Selain itu kelembaban pada dinding juga dapat membuat jamur jadi lebih mudah untuk berkembang biak. Agar pemasangan wallpaper jadi lebih mudah, ada baiknya untuk mengikuti tips memasang wallpaper dinding rumah yang lembab.

  • Perbaiki Atap Rumah

Atap rumah seringkali menjadi salah satu faktor utama yang membuat dinding jadi lembap. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya air yang merembes dari celah kecil atap rumah. Saat curah hujan yang sangat deras terkadang atap rumah tak mampu menahan dan menampung terpaan air tersebut, sehingga menjadi rusak.

Dengan adanya kerusakan tersebut tentu akan membuat air lebih mudah masuk dan membuat dinding jadi lembap. Maka dari itu agar dinding tak lembap lagi, perhatikan atap dan perbaiki bila menemukan celah yang rusak.

  • Cari Sumber Lainnya

Selain atap, bagian-bagian rumah yang lain juga bisa menjadi penyebab dinding jadi lebih mudah lembap. Bagian rumah yang menjadi penyebab dinding lembap biasanya dari saluran air, plafon dan kondisi tanah. Dengan kondisi tanah yang basah di sekitar rumah, tentu air dapat merembes ke dinding rumah sehingga membuat kelembaban dinding semakin tinggi.

Namun bila kondisi tanah normal, ada baiknya untuk Anda mengecek saluran air dan plafon. Saluran air dan plafon yang rusak tentu dapat membuat rumah mengalami kebocoran dan semakin membuat dinding lembap.

  • Gunakan Partisi Tambahan

Tips memasang wallpaper dinding rumah terbaik berikutnya ialah dengan menambahkan partisi. Menggunakan partisi tambahan juga dapat membuat pemasangan wallpaper jadi lebih mudah. Partisi sendiri merupakan tambahan dinding yang terbuat dari bahan triplek atau gypsum.

Untuk menambah partisi ini, pastikan Anda meletakannya tidak terlalau berdekatan dengan dinding yang lembap. Dengan dinding partisi yang menempel dengan dinding, tentunya kelembaban juga dapat merusak partisi tersebut. Dengan begitu, pemasangan pun akan jadi percuma.

  • Lapisi dengan Waterproof

Selain menggunakan partisi, Anda juga bisa menggunakan lapisan waterproof. Bila masalah kelembaban disebabkan oleh kondisi tanah, cobalah untuk mengatasinya dengan cat waterproof.

Namun untuk melapisinya, Anda harus mengikis lapisan plesteran dan acian sebelumnya yang ada pada dinding tersebut. Lalu setelah selesai dibersihkan, barulah bisa melapisinya dengan acian baru yang dicampur dengan waterproof.

Setelah lapisan tersebut kering, cobalah untuk melapisinya lagi dengan cat waterproof. Dengan begitu, dinding akan lebih terlindungi dari serangan kelembaban. Tunggu sampai cat kering sebelum melanjutkan ke pengerjaan berikutnya.

  • Gunakan Wallpaper Tahan Air

Setelah dinding terlapisi, untuk berjaga-jaga agar wallpaper tidak rusak di masa mendatang. Cobalah untuk menggunakan wallpaper dengan bahan anti air. Sekarang ini sudah banyak produsen yang menjual wallpaper anti air untuk memudahkan pelanggan dalam mempercantik dinding rumahnya. Dengan wallpaper anti air, tentu saja Anda tidak usah khawatir mengenai dinding lembab yang dapat merusak penampilan ruangan.

Untuk wallpaper dengan bahan anti air, bisa memilih dengan bahan fiberglass dan vinyl. Selain daya tahannya yang luar biasa, wallpaper jenis tersebut tentunya memiliki berbagai motif menarik yang dapat memperindah rumah. Agar pemasangannya lebih rapi, Anda bisa memanfaatkan jasa pemasangan wallpaper.

Itu dia tips memasang wallpaper dinding rumah. Bila ingin memasang wallpaper dengan rapi, cobalah untuk mengikuti tips tersebut. Jangan lupa juga untuk menyimak tips ampuh memasang wallpaper di dinding yang lembap yang bisa menjadi solusi untuk rumah Anda. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Tinggalkan Komentar