Tips Memasang Wallpaper Dinding

Tips Memasang Wallpaper Dinding – Wallpaper merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mempercantik dinding rumah Anda. Dibanding dengan menggunakan cat yang membutuhkan lebih banyak bahan dan biaya, memasang wallpaper akan jauh lebih menguntungkan. Selain itu pemasangan wallpaper juga tidak memakan membutuhkan banyak waktu. Agar pemasangan wallpaper dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, ikuti tips berikut ini.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

7 Tips Memasang Wallpaper Dinding dengan Cepat dan Mudah

  • Ukur Lebar dan Panjang Dinding

Saat hendak memasang wallpaper, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengukur lebar dan panjang dinding. Untuk mengukur dinding gunakan bantuan alat pengukur atau meteran. Setelah mengetahui ukuran dinding, hamparkan kertas wallpaper yang akan digunakan ke lantai atau atas meja.

Tandai panjang dan lebar dengan menambahkan 15 hingga 20cm dalam perhitungan ukuran. Hal tersebut berguna untuk mencegah kerusakan wallpaper yang membuat kertas tidak pas dengan dinding. Jangan lupa juga, untuk menandai wallpaper, pastikan untuk tidak menandai terlalu tebal agar tidak meninggalkan bekas noda pada kertas wallpaper.

  • Bersihkan Dinding dari Noda dan Paku

Tips memasang wallpaper dinding selanjutnya ialah dengan membersihkannya. Sebelum memasang wallpaper, pastikan dinding Anda sudah bersih dari noda dan paku. Dengan dinding yang kotor hal tersebut tentunya akan membuat pemasangan wallpaper jadi sangat sulit.

Untuk paku yang ada di dinding, ada baiknya untuk mencabut semua paku yang tertancap, lalu isi bekas cabutan paku dengan menggunakan dempul tembok. Untuk dinding yang lembab, Anda bisa membersihkannya dengan kupas lapisan cat tersebut dan tambal dengan dempul atau cat tembok yang baru.

  • Berikan Garis Lurus Pada Dinding

Agar semakin mudah dan cepat memasang kertas wallpaper, cobalah untuk menandai dinding dengan menggambar garis lurus. Gambarlah garis tersebut dari atas dinding hingga bawah.

Dengan menggambar garis tersebut, tentu akan semakin mempermudah Anda dalam menyesuaikan atau menyeimbangkan pemasangan wallpaper. Dengan begitu pemasangan wallpaper akan jadi lebih mudah.

  • Berikan Lem pada Kertas Wallpaper

Setelah memotong wallpaper sesuai dengan ukuran dan memberikan garis, tips memasang wallpaper dinding terbaik berikutnya ialah dengan mengoleskan lem. Oleskan lem pada kertas wallpaper secara merata dengan menggunakan kuas aplikasi wallpaper. Dengan menggunakan kuas wallpaper tersebut, ruas bulu yang ada pada kuas tidak akan mudah rontok.

Dengan begitu, wallpaper akan terpasang dengan rapi tanpa adanya tekstur yang mengganjal akibat bulu kuas yang tak sengaja rontok. Lalu untuk mengoleskan lemnya sendiri, cukup oleskan tipis-tipis saja karena bila kebanyakan akan membuat kertas wallpaper jadi basah dan keriput.

  • Tempelkan Wallpaper

Setelah selesai mengoleskan lem, langkah berikutnya ialah menempelkan wallpaper. Saat menempelkan, perhatikan setiap ujungnya. Pastikan untuk menutupi setiap ujung dinding dengan kertas wallpaper dengan pas. untuk hasil yang terbaik, Anda bisa menambahkan olesan lem pada setiap ujung wallpaper agar lebih rekat.

  • Ratakan dan Rapikan

Setelah memasang wallpaper pada dinding, ambillah kain perca untuk meratakan tekstur wallpaper. Lakukan gerakan mengelap dan mulai ratakan dari sisi tengah hingga seluruh bagian wallpapert. Teknik ini wajib Anda lakukan bila ingin menghilangkan gelembung yang ada di dalam wallpaper.

Setelah wallpaper sudah rata dan tidak ada tekstur gelembung, perhatikan lagi apakah ada wallpaper yang melebihi ukuran. Bila ada, Anda harus segera memotong sisa wallpaper tersebut agar dinding yang sudah dipasangi kertas wallpaper jadi lebih rapi dan cantik. Untuk pemotongannya gunakan cutter atau gunting. Dalam pemotongan ini, sangat dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Sesuaikan Bentuk

Langkah yang satu ini memang terbilang rumit karena memerlukan ketelitian dan ketelatenan yang ekstra. Penyesuaian bentuk ini dilakukan agar wallpaper jadi lebih rapi dan stop kontak yang tertutupi sebelumnya bisa digunakan. Untuk wallpaper di sekitar cocolokan, biarkan menonjol dan jangan diratakan.

Untuk melubangi wallpaper yang menutupi stop kontak ialah dengan menggunakan cutter. Sisakan 1cm lalu, ikuti bentuk stop kontak dan ptong secara perlahan. Lipat sisa kertas wallpaper tersebut ke dalam sehingga akan menempel dengan lem. Setelah itu baru rapikan lagi dengan menggunakan kain perca dan tunggu sampai kering.

5 Ide Desain Wallpaper untuk Mempercantik Dinding Rumah

Itu dia tips memasang wallpaper dinding rumah dengan mudah dan cepat. Setelah mengetahui tipsnya, penting bagi Anda untuk mengetahui desain wallpaper yang sesuai dengan dinding rumah. Dengan memilih desain yang sesuai tentu dapat memberikan suasana dan tampilan yang menari untuk rumah. Daripada bingung, mari simak beberapa ide desain wallpaper berikut ini.

  • Desain Wallpaper Floral

Desain wallpaper floral tentunya akan membuat ruangan semakin cantik. Desain ini akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki karakter feminim dan anggun. Desain wallpaper floral ini biasanya memiliki corak bunga yang besar dan kecil dengan warna yang beragam. Untuk penempatannya, wallpaper ini akan sangat sesuai untuk dipasang di kamar atau ruang santai.

  • Desain Wallpaper Natural

Desain wallpaper natural akan sangat cocok untuk digunakan di ruang tamu atau ruang keluarga. Dengan desainnya yang alami tentunya akan menambah suasana hangat pada ruangan.

Anda bisa menggunakan desain natural dengan motif kayu atau ivy. Tambahkan juga berbagai dekorasi pendukung seperti tanaman indoor atau tempat duduk yang terbuat dari kayu. Selain itu bisa juga menambahkan desain sofa dan meja berwarna putih.

  • Desain Wallpaper Monokrom

Tips memasang wallpaper dinding menarik ialah dengan menggunakan desain monokrom. Wallpaper yang satu ini tentunya akan sangat cocok bila diaplikasikan ke ruang kerja, kamar atau ruang tamu.

Desainnya yang simple dan elegan tentunya akan dapat disesuaikan dengan dekorasi apa saja. Agar dinding semakain terlihat cantik, tambahkan dekorasi simple yang tidak terlalu mencolok.

  • Desain Wallpaper Metalik

Desain wallpaper metalik, akan sangat cocok bila digunakan untuk ruang tamu atau ruang makan yang memiliki jendela yang besar. Desain ini tentunya akan membuat ruangan semakin terlihat elegan dan mewah.

Wallpaper metalik sendiri mampu membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga ruangan akan semakin terasa lapang dan luas. Dengan kemampuan pemantulan cahaya tersebut, wallpaper ini juga akan sangat cocok untuk digunakan di ruangan sempit.

  • Desain Wallpaper Motif Kecil

Desain wallpaper motif kecil bisa Anda aplikasikan di dinding kamar atau ruang tamu. Motif kecil ini bisa seperti polkadot, garis ataupun batik. Dengan menggunakan motif kecil tentu ruangan tidak akan semakin terlihat ramai atau berantakan bila dipadukan dengan beberapa dekorasi atau furniture. Dengan memilih wallpaper motif kecil juga akan membuat ruangan semakin terlihat cantik dan menawan.

Bila ingin memasang wallpaper dengan mudah dan cepat, cobalah untuk mengikuti tips memasang wallpaper dinding di atas. Jangan lupa juga simak beberapa ulasan terkait desain wallpaper tersebut yang bisa dijadikan sebagai referensi. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Tinggalkan Komentar