Tips Memilih Gorden Ruang Tamu untuk Jendela dan Pintu

Tips Memilih Gorden Ruang Tamu – Untuk jendela dan pintu. Gorden dipakai bukan hanya untuk memperindah ruangan, melainkan juga menghalangi cahaya dari luar agar tidak silau. Pemilihan gorden paling bagus jika disesuaikan dengan warna dinding ruangan. Tidak salah juga bila dipadukan dengan lantai rumah Anda. Penyesuaian warna gorden dengan lantai maupun dinding akan mempengaruhi atmosfer ruangan.

Ruang tamu keluarga adalah area dimana tamu dari luar bermukim sementara di rumah Anda. Keindahan rumah pertama kali terlihat di ruang tamu. Paduan meja, kursi, perabot rumah tangga, serta gorden memperlihatkan suasana keluarga.

Tips Memilih Gorden Ruang Tamu

Memilih Gorden dan Rel

Gorden membutuhkan rel sebagai tempat bergantung. Terkadang, toko gorden menyediakan gorden bersama relnya sepasang. Model pasangan itu sudah dipadukan dengan warna dan motif. Jadi, kalian tak perlu kelelahan mencari pasangan rel dan gorden yang sesuai. Tapi, bagaimana jika kalian beli gorden secara terpisah? Kalau demikian keadaannya, berarti harus berusaha mencari rel yang cocok.

Kalian tak usah khawatir, gorden tersedia dengan berbagai macam pilihan. Bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misal, kalau gorden digunakan saat acara nikahan, maka dibutuhkan warna cerah. Contohnya merah, pink, kuning, putih, hijau, dan sebagainya. Atau motif dan warna tirai disesuaikan dengan pakaian pasangan pengantin. Jika untuk ruang tamu idaman Anda, dapat dicocokkan dengan warna dinding atau perabot rumah tangga.

Memilih Gorden untuk Jendela Ruang Tamu

Jendela memerlukan gorden sebagai hiasan. Selain itu juga untuk menghalangi kilauan sinar matahari dari luar. Di ruang tamu rumah Anda pasti ada jendela. Tanpa jendela, udara tidak bisa keluar masuk dengan bebas. Sirkulasi udara terganggu. Cahaya matahari akan terhalang masuk.

Rumah tanpa cahaya bagaikan goa yang gelap. Maka dari itu, diperlukan kaca atau jendela yang bagus. Namun, jendela tidak dapat dibiarkan telanjang. Dibutuhkan sebuah kain menjuntai indah yang disebut gorden. Tips memilih gorden untuk jendela ruang tamu akan dibahas di bawah.

baca juga  Jual Gorden Pintu Kamar

Kunci utama ketika memilih gorden ialah model. Model gorden beragam seiring permintaan pasar. Pasar selalu menuntut adanya inovasi. Hal ini justru jadi sebuah kelebihan bagi kita karena akan semakin banyak gorden yang bisa dipilih. Untuk ruang tamu minimalis, alangkah baiknya memilih model yang sederhana. Warna juga harus dipadu padankan dengan perabot rumah, warna cat dinding, dan lantai.

Ruang tamu yang banyak barang-barang rumah tangga akan lebih susah memadukannya. Tips memilih gorden ruang tamu seperti ini direkomendasikan pilih warna yang cocok dengan cat tembok atau lantai. Untuk ruang tamu bergaya klasik, Anda bisa pilih warna gorden gold atau coklat. Warna ini memberi kesan mewah. Jika cat dinding putih, bisa dipadukan dengan furnitur ruang tamu.

Memilih Gorden untuk Pintu Ruang Tamu

Selain jendela, pintu pun bisa dipasangkan gorden. Untuk pintu, tidak semua orang suka memberi gorden. Namun, kala untuk estetika tidak ada salahnya dipasang satu. Sebenarnya, pintu berkaca paling cocok digantungkan gorden. Dan cara memasangnya tak jauh beda dari memasang gorden jendela.

Model gorden khusus pintu lebih sederhana. Ukuran lebarnya juga lebih pendek. Bahannya jangan terlalu berat karena akan susah diatur. Apalagi pintu adalah tempat keluar masuk orang-orang, jadi bahan yang ringan akan mudah diatur.

Membicarakan masalah warna, pemilihannya tak jauh beda dari gorden jendela. Pilihlah sesuai warna pintu. Bukan berarti warnanya sama. Misal, warna pintu gold, kalian bisa ambil putih untuk gordennya atau boleh sama, asal ada motif tertentu dengan warna berbeda.

Pintu bertema coklat atau gold mungkin sudah mainstream. Beranikah Anda menggunakan tema putih? Pintu dengan tema putih akan lebih mudah dipasangkan dengan warna lain. Sebagai contoh, pink, biru tosca, kuning. Warna-warna ini cocok sekali dalam menciptakan mood. Pintu adalah perantara sebelum kalian memasuki sebuah tempat. Maka, dari pintu lah mood yang baik akan tercipta.

baca juga  Beberapa Pilihan Jenis Kain Untuk Membuat Gorden Yang Indah

Pengaruh Warna Gorden Terhadap Atmosfer Ruangan

Warna sangat krusial sekali dalam pemilihan gorden. Warna yang sesuai dapat menentukan atmosfer sebuah ruangan. Tinggal Anda ingin mendapatkan nuansa seperti apa di ruang tamu. Berikut akan dijelaskan memilih warna gorden.

Gorden dengan warna cerah, seperti merah, kuning, oranye, memberikan efek ceria dan dapat menambah mood. Jika warna dinding putih, maka gorden warna warni cocok digantung di jendela ruang tamu. Kalau kamu tidak menyukai kesilauan atau sesuatu yang terang, warna gelap bisa jadi alternatif. Warna yang terkesan simple seperti putih dan hitam bisa dipadupadankan dengan berbagai warna tembok rumah.

Anda yang memiliki keluarga hangat, quality time bagus, sangat cocok dengan warna pastel. Warna ini terkesan cerah dan memberi suasana hangat. Apalagi jika di keluarga Anda terdapat banyak anak, warna pastel ini memiliki nuansa ceria, manis, dan polos. Tips memilih gorden ruang tamu ini recommended sekali.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button