Tips Memilih Wallpaper Ruang Tamu Kecil

Tips Memilih Wallpaper Ruang Tamu Kecil – Wallpaper yang bagus mendukung penataan ruangan menjadi lebih menarik. Jadi Anda harus memperhatikan dengan benar cara pemilihan dan beberapa unsur penting di dalamnya. Harga wallpaper yang mahal juga tidak menentukan kualitas wallpapernya. Apalagi jika bentuk dan ukuran tidak mendukung penggunaan model wallpaper tersebut.

Tips Memilih Wallpaper Ruang Tamu Kecil

Tips Memilih Wallpaper Ruang Tamu Kecil yang Baik

  • Perhatikan pencahayaan ruangan

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tampilan wallpaper menarik di ruang tamu adalah pencahayaan. Hal ini berkaitan dengan fungsi ruang tamu yang banyak digunakan untuk pertemuan. Jadi sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang masuk harus pas takarannya.

Anda harus mendukung sisi pencahayaan yang ada dengan pemilihan wallpapernya. Jika ruangannya sudah terang maka bisa memilih wallpaper dengan warna terang maupun sedikit gelap karena tidak akan menjadi masalah besar. Hanya saja jika sudah terlalu gelap lebih baik didukung dengan menggunakan wallpaper warna terang.

  • Sesuaikan dengan konsep ruangannya

Hal kedua untuk tips memilih wallpaper ruang tamu keci terbaru adalah harus sesuai dengan konsep ruangannya. Wallpaper yang terlalu mencolok dan berbeda dengan konsep ruangan jelas tidak akan selaras untuk digunakan. Jadi sebelum menata ruangan ambillah satu warna utama yang akan digunakan sebagai warna inti ruangannya.

Warna tersebut bisa digunakan sebagai warna wallpapernya. Sementara untuk perabot dan dekorasi ruangan lainnya bisa memakainya sebagai campuran saja. Dengan begitu meskipun tidak selebihnya seragam namun ketika dilihat masih cocok. Ruangan ini mampu memberikan sisi kenyamanan yang menarik untuk dinikmati.

 

  • Wallpaper untuk ruangan sempit

Umumnya hal ini dialami oleh tipe ruangan dengan atap rendah. Atap yang rendah membuat ruangan menjadi lebih sempit dari ukuran aslinya. Sehingga dibutuhkan wallpaper yang mendukung keluasan dari ruangannya.

Hindari memilih wallpaper dengan motif terlalu ramai dan kecil. Lebih baik menggunakan warna terang atau motif besar yang tidak terlalu ramai. Wallpaper untuk ruangan sempit ini bisa juga diakali dengan tidak memasang keseluruhan bagian temboknya.

Anda bisa mengutamakan bagian tertentu saja dalam ruangannya dengan gambar wallpaper besar. Sementara tembok lainnya bisa memakai wallpaper putih atau cat putih saja.

  • Wallpaper untuk ruangan luas

Hal berikutnya untuk tips memilih wallpaper ruang tamu kecil terbaik adalah pemilihan wallpaper bagi ruangan luas. Pemilihan wallpaper untuk ruangan ukuran luas ini lebih mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mencari warna wallpaper yang bisa menyatu dengan ruangannya. Selain itu pastikan wallpaper mampu menutupi kekurangan yang ada dalam ruangan seperti kurang perabot, banyak spot kosong atau lainnya.

Seperti contohnya Anda bisa menggunakan warna biru muda dengan motif gelombang besar. Tipe wallpaper seperti ini cocok dipakai untuk ruang tamu yang masih berisikan perabot minim. Jadi ruangannya terlihat lebih penuh dan estetik untuk dinikmati.

  • Sesuaikan dengan karakter penghuni

Langkah penting dalam memilih sebuah wallpaper adalah tipenya harus pas di hati pemilik ruangannya. Anda harus menghadirkan warna dan motif yang bagus agar ruangan lebih enak untuk ditempati.

Hal ini akan memberikan sentuhan lebih menarik dalam ruangannya. Namun tetap pertimbangkan beberapa hal yang harus dihindari untuk ruangan kecil. Seperti contohnya jika suka warna orange bisa memadukannya dengan arah motif vertikal.

Apalagi jika dalam ruangannya sudah mendapat asupan cahaya yang cukup. Penggunaan tipe wallpaper ini bisa dipakai untuk sebagian atau keseluruhan tembok dalam ruangannya.

  • Pilih bahan yang sesuai

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan dalam memilih wallpaper adalah mengenai bahannya. Saat ini bahan wallpaper dinding sudah cukup berkembang untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Mulai dari bahan kertas, plastik sampai dengan bahan lebih tebal bisa dipilih sesuai harga budget yang dimiliki. Hal ini juga harus dipikirkan mengenai kebutuhan luas dan harga setiap meternya.

Untuk keperluan menutup ruangan secara keseluruhan bisa menggunakan tipe wallpaper kertas yang tipis saja. Wallpaper jenis ini sudah memiliki banyak motif dan warna yang bisa digunakan. Jadi meskipun ditutup secara keseluruhan tidak akan menjadi masalah. Anda bisa menonjolkan spot penting dengan bahan wallpaper tebal saja.

 

  • Jangan gunakan sambungan

Tips selanjutnya adalah jangan menggunakan sambungan saat pemasangan wallpaper. Hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan ukuran wallpaper lebih banyak dari yang dibutuhkan.

Sehingga pas habis di akhir lokasi tidak sampai memotong motifnya. Selain itu ketika habisnya pas pada bentuk motif untuk menyambungnya menjadi lebih sulit. Anda harus memperhatikan proporsional model sesuai tempat modelnya habis dalam pemotongannya.

Namun jika memang terpaksa menggunakan sambungan Anda bisa menghilangkan bagian motif yang terpotong separuhnya. Kemudian diganti dengan motif dari lembaran baru yang masih utuh. Atau untuk Anda yang bisa membuat perkiraan cukup baik bisa langsung menyambung dengan sambungan separuh motif dari kain yang baru.

  • Garis

Tips memilih wallpaper ruang tamu kecil termudah berikutnya adalah mengutamakan pemilihan motif garis. Motif garis cocok dipakai untuk ruang tamu karena lebih simple namun mampu memberikan keindahan di dalamnya.

Perpaduan pemilihan warnanya juga harus diperhatikan lebih baik menggunakan warna terang dan netral saja. Warna biru muda dan putih adalah pilihan tepat untuk ruangannya.

Pilih arah garis sesuai ukuran ruangan yang dibutuhkan. Arah vertical untuk ruangan yang sempit sementara arah horizontal bisa dipakai untuk ruangan yang luas. Garis ini mampu memberikan kesan ruangan yang lebih baik dari aslinya.

  • Perpaduan corak dan variasi

Hal penting dalam memilih wallpaper ruang tamu adalah perpaduan corak dan variasi yang sesuai. Wallpaper dengan corak yang terlalu berani mungkin bisa dipilih namun pastikan waran perabotnya tidak terlalu mencolok.

Seperti contohnya menggunakan warna wallpaper dengan gradasi warna full dalam ruangannya. Kemudian didukung dengan perabot ruangan dengan warna putih. Perpaduan ini akan memberikan sisi keserasian lebih baik untuk digunakan.

 

  • Warna soft adalah pilihan tepat

Tips menata ruang tamu dengan walpaper dinding adalah memilih warna soft. Warna ini cocok untuk Anda yang kebingungan dalam memilih wallpaper. Warna soft pasti cocok dan tidak akan salah untuk digunakan. Apalagi jika dipadukan dengan penggunaan perabot warna pastel. Ada juga yang memakai perpaduan warna seragam untuk sofa, gorden dan taplak mejanya.

  • Jangan banyak motif

Untuk Anda yang ingin memunculkan sisi mewah dalam ruangan bisa memilih wallpaper dinding yang sederhana saja. Justru pemilihan wallpaper yang polos atau motif ringan akan membuatnya lebih elegan. Jadi penataan ruangannya bisa menjadi lebih mudah dari pada yang sudah penuh dengan wallpaper motif.

Anda bisa menggunakan tips memilih wallpaper ruang tamu kecil untuk mewujudkan ruangan yang lebih nyaman. Ruang tamu harus bisa diterima oleh semua tamu. Jadi beberapa kriteria penting mengenai perabot, cahaya dan ventilasi juga harus mendukung. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Tinggalkan Komentar