Tips Wallpaper Untuk Ruangan Kecil

Tips Wallpaper Untuk Ruangan Kecil – Dalam memasang sebuah wallpaper jangan asal-asalan karena mempengaruhi nilai estetik dalam ruangan. Jadi perlu beberapa tips khusus agar tidak menyesal setelah selesai memasang.

Tips Wallpaper Untuk Ruangan Kecil

Apalagi jika ruangan yang dipasang wallpaper memiliki ukuran yang kecil. Jangan sampai membuat ruangannya semakin sempit karena tidak nyaman untuk ditempati.

Tips Wallpaper Untuk Ruangan Kecil Agar Lebih Nyaman

  • Utamakan keseimbangan

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mengutamakan keseimbangan pemilihan wallpapernya. Jadi untuk penentuan motif dan warna wallpaper harus sesuai dengan perabot dalam ruangannya. Anda wajib melakukan percobaan dengan beberapa warna yang akan digunakan. Apalagi jika dalam ruangannya sudah banyak perabot maka pemilihan wallpapernya harus lebih hati-hati.

Jika belum terlanjur Anda harus menentukan wallpapernya terlebih dahulu. Barulah bisa mengisi ruangannya dengan perabot yang dibutuhkan. Dengan begitu pencarian perabot dan keseimbangan ruangan menjadi lebih mudah.

  • Utamakan motif sederhana

Jika Anda tertarik menggunakan wallpaper motif, tips wallpaper untuk ruangan kecil terbaik kedua adalah memulai dari yang sederhana. Motif sederhana tidak terlalu memberikan pengaruh dalam ruangan. Fungsi utamanya adalah untuk dekorasi dan tidak mempengaruhi keluasan dalam ruangan. Dalam pemasangannya juga harus memperhatikan tips penting.

Jangan langsung memasang pada area yang luas sekaligus. Lakukan terlebih dahulu pada area rendah untuk melihat kesesuaiannya. Jadi, ketika kurang sesuai lebih baik pemasangannya tidak dilanjutkan.

  • Ukuran

Tips memasang wallpaper juga harus memperhatikan ukuran lebar dan tingginya. Bukan hanya wajib mengukur bagian ruangan yang akan dipasang wallpaper saja. Namun Anda juga harus mengukur wallpaper yang akan dibeli agar tidak sampai kekurangan saat digunakan.

Wallpaper yang kurang panjang membutuhkan sambungan dan sambungan ini juga harus tepat. Apalagi jika bentuk wallpapernya adalah motif maka menyambung separuh potongan motifnya cukup sulit.

Direkomendasikan untuk membeli wallpaper lebih panjang dari ukuran yang diperlukan. Hal ini cukup membantu dalam pemasangan dan finishing nantinya. Anda tidak akan kebingungan ketika jumlah wallpapernya kurang hanya perlu dipotong sesuai sisanya saja.

  • Cahaya

Bagus tidaknya sebuah wallpaper juga ditentukan dengan cahaya yang ada dalam ruangannya. Anda bisa memilih wallpaper yang bisa digunakan untuk kondisi ruangannya. Jangan sampai membuat ruangannya terlalu gelap dan sempit karena membuatnya tidak nyaman saat ditempati. Lihatlah terlebih dahulu arah masuknya cahaya dan intensitas yang bisa masuk.

Jika jumlahnya memang terbatas lebih baik menggunakan jenis warna yang cerah saja untuk ruangannya. Warna cerah mampu membuat ruangan lebih cerah dari biasanya. Wallpaper cerah merangsang cahaya lebih banyak dan biasnya lebih mudah ke dalam ruangannya.

  • Gunakan desain impian

Dalam melakukan tips wallpaper untuk ruangan kecil terbaru selalu pertimbangkan dengan desain impian. Jangan terlalu kaku untuk memilih sebuah wallpaper Anda bisa mempertajam imajinasi dengan inovasi yang diinginkan. Carilah gambar yang disukai kemudian print dan tempelkan pada dinding. Jika sekiranya cantik pesanlah wallpaper dengan gambar tersebut. Saat ini sudah banyak wallpaper yang bisa dipesan secara custom.

  • Lakukan pencarian inspirasi

Hal penting keenam dalam memilih wallpaper juga harus diimbangi dengan pencarian inspirasi. Anda bisa melihat beberapa referensi penggunaan wallpaper yang sudah ada sebelumnya. Kemudian bisa langsung digunakan atau ditambah dengan unsur lain dalam ruangannya. Inspirasi yang bagus mendatangkan kenyamanan yang bagus ketika ditempati.

Tips Membuat Wallpaper Menyatu Dalam Ruangan

Selain beberapa hal di atas Anda bisa menggunakan tips lain untuk ruangan kecil sebagai berikut:

  • Sederhana lebih baik

Banyak orang yang jatuh cinta dengan model wallpaper rumit atau memiliki motif ramai. Hanya saja untuk pemula hal ini tidak direkomendasikan karena tidak pasti cocok dalam ruangannya. Agar tidak sampai salah pilih gunakan saja wallpaper dinding yang memiliki motif sederhana. Motif yang sederhana lebih mudah menyatu dalam ruangannya.

Jika kebingungan Anda bisa melakukan pencarian informasi mengenai referensi ruangan kecil dengan wallpaper yang bagus. Pilih juga warna atau tone netral agar lebih mudah senada dalam perabot dan ruangannya. Beberapa unsur ini mampu memberikan keharmonisan lebih baik ketika digunakan.

  • Kesesuaian motif

Pattern atau motif menjadi hal penting dalam tips wallpaper untuk ruangan kecil termudah berikutnya. Pattern memberikan banyak dampak untuk ruangannya mulai dari keluasan sampai dengan pencahayaan. Jika masih bingung dalam memilih utamakan memilih motif berulang atau garis saja. Motif ini memberikan efek ruangan lebih luas dan tidak membuatnya sempit.

Sementara untuk warnanya lebih bebas karena saat ini sudah banyak pilihan warna untuk motif simpelnya. Anda bisa mencoba garis hitam dengan dasaran putih sehingga membentuk gelombang yang lebih menarik.

  • Utamakan kecerahan warna

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kecerahan pemilihan wallpaper. Untuk lebih mudah lebih baik memilih wallpaper dengan kecerahan dan warna terang saja. Unsur warna ini lebih direkomendasikan karena cocok untuk segala jenis ruangan baik lebar maupun sempit. Bahkan bisa digunakan untuk menekan pengeluaran listrik karena mampu memancarkan kecerahan pada siang hari.

Kecerahan warna ini bisa diambil dari warna soft maupun yang terang sesuai selera saja. Anda hanya perlu menyesuaikan pemilihan perabot agar senada dengan wallpaper dindingnya. Perpaduan yang bagus memberikan unsur keestetikaan lebih menarik untuk didapatkan. Kecerahan warna ini juga harus dicek terlebih dahulu kesesuaiannya dalam ruangan. Jangan sampai terlalu membuat silau karena mengurangi kenyamanan saat digunakan.

  • Suasana dan nuansa

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah mengenai bentuk suasana dan nuansa dalam ruangan. Hal ini perlu dipikirkan terlebih dahulu sebelum mencari wallpaper yang akan dibeli. Seperti contohnya jika ingin membangun suasana lebih ceria bisa menggunakan warna terang dan motif bunga.

Anda juga bisa memadukannya dengan warna soft atau pastel agar lebih menarik. Untuk memberikan sentuhan pada spot tertentu bisa juga memakai wallpaper bentuk lukisan.

Contoh lainnya adalah suasana yang lebih dingin dan gelap. Ada orang yang menyukai sisi suasana seperti ini untuk memudahkan tidur dan mencari inspirasi. Suasana gelap adalah solusi tepat untuk membuat Anda tidur lebih teratur dari biasanya. Suasana lain yang bisa dibentuk seperti abstrak penuh inovasi dan juga berbagai warna di dalamnya agar lebih cantik.

Inspirasi lain yang bisa digunakan untuk penggunaan wallpapernya adalah sesuai musim. Untuk musim panas bisa menggunakan daun yang runtuh dan pohon kering serta warna-warna bumi. Selanjutnya untuk musim dingin menggunakan perpaduan biru tua dan warna putih untuk saljunya. Ada juga yang memadukannya dengan unsur imajinasi fiktif lainnya agar lebih menarik.

Dalam menggunakan tips wallpaper untuk ruangan kecil perhatikan juga pembelian wallpaper dindingnya. Saat ini Anda sudah bisa membelinya secara offline maupun online seperti di toko Raja Gorden. Kami melayani jasa pasang wallpaper dengan harga terjangkau. Anda bisa hubungi kami di 0812 1964 3240 (09.00 – 17.00 WIB) atau email ke hello@rajagorden.com.

Tinggalkan Komentar