Tirai Yang Cantik

Tirai Yang Cantik – Gorden atau tirai bisa dipasang di berbagai area ruangan di rumah contohnya seperti di ruang tamu. Ruang tamu merupakan tempat yang penting untuk mendapatkan dekorasi interior yang baik. Apalagi ruang tamu memberikan kesan pertama bagi para tamu yang datang berkunjung.

Tirai Yang Cantik

Dalam memilih tirai ruang tamu, Anda bisa memasang bermacam-macam jenis model, warna serta material tirai. Agar tidak salah memilih, berikut ini ada tips dalam memilih jenis tirai ruang tamu yang cantik dan terbaik.

Contoh Tirai yang Cantik untuk Ruang Tamu

  • Tirai minimalis untuk ruang tamu

Tirai cantik yang pertama adalah tirai bergaya minimalis sederhana yang modelnya simpel namun elegan. Bentuk gordennya memang bermacam-macam, tapi biasanya warna gorden minimalis adalah warna netral. Misalnya tirai abu-abu, putih, cokelat, krem, hitam, dll.

Dan untuk modelnya umumnya tidak berponi serta tidak memiliki banyak aksesoris seperti tassel atau lainnya yang menjuntai. Model tirai yang cantik minimalis dan polos, dengan kain yang jatuh ke lantai. Di bagian atasnya dikaitkan ke batang gorden atau rollet.

Meski warna dan modelnya simpel, tirai minimalis ini bisa mempunyai berbagai macam motif. Misalnya motif garis-garis, ombre, checkered, border sampai yang polos saja. Keuntungan memiliki tirai minimalis adalah modelnya tidak lekang waktu.

  • Tirai cantik model mewah untuk ruang tamu

Kalau Anda memiliki ruang tamu dengan desain interior mewah, maka pilihlah tirai cantik mewah dan elegan. Biasanya tirai ini memiliki rumbai atau berponi untuk mempercantik tampilannya. Modelnya mirip dengan tirai-tirai mewah yang sering ada di rumah mewah atau kerajaan-kerajaan.

Pilihan warnanya amat kaya dan kelihatan cetar dengan berbagai aksesoris pelengkapnya. Contohnya seperti tassel yang paling sering dipasang pada tirai mewah. Pilihan warnanya ada banyak dan pada bagian rollet atau batang gordennya cenderung besar dan juga mewah. Contohnya batang gorden berwarna gold atau silver.

Lalu material gordennya juga tebal dan berat dibandingkan tirai minimalis. Karena itu perawatannya juga jauh lebih sulit. Kadang bahkan satu model tirai bisa terdiri dari beberapa lapis fabric. Warna-warna yang biasanya dipilih yaitu warna emas, merah, perak, hingga hitam.

  • Tirai model retro untuk ruang tamu

Buat kamu yang suka model tirai anti mainstream maka bisa memilih tirai bergaya retro yang chic. Tirai ini beda dari tirai model vintage karena tirai retro muncul dan populer pada tahun 70-an. Sedangkan tirai model vintage mulai jadi trend di tahun 50-60-an.

Ciri tirai model retro adalah pada motif atau polanya yang mengambil bentuk geometris teratur atau repetitif. Mengenai pilihan warnanya ada banyak dan kelihatan mencolok serta berani. Contohnya warna kuning, oranye, hijau neon, merah, dan sebagainya.

Agar tirai metro kelihatan semakin retro dan cocok dengan nuansa interior rumah, maka biasanya interior ruang tamu juga harus punya tampilan retro. Karena kalau memasang tirai retro di ruang tamu minimalis biasa, akan kelihatan tirainya seperti tirai minimalis saja.

  • Tirai cantik bergaya vintage untuk ruang tamu

Untuk Anda yang punya ruang tamu konsep vintage, maka tirai yang juga bergaya vintage akan sangat cocok. Karakteristik yang diberikan tirai vintage adalah warnanya yang warm seperti cokelat, pastel, dll. Kemudian motifnya umumnya ramai dan kelihatan padat seperti renda-renda, ulir, bunga, dedaunan, geometris, dan sebagainya.

Meski begitu ada pula jenis tirai vintage polos dan lebih mengandalkan model tirainya agar nampak vintage. Misal tirai vintage dengan model berenda atau rumbai hingga yang berponi. Kebanyakan tirai vintage punya batang gorden khas dengan cincin pengait.

  • Tirai cantik model klasik untuk ruang tamu

Kalau dilihat memang tirai klasik hampir mirip dengan tirai bergaya vintage. Karena memang aksesoris dan cirinya hampir sama seperti tirai yang motifnya ramau, batang tirai yang tebal, ada poni gorden, tassel, dll. Tapi ragam warnanya lebih banyak dibandingkan tirai vintage yang rata-rata memakai warna pastel.

Tirai yang cantik dan mewah ini umumnya dipasang dengan vitrase. Vitrase adalah kain tipis dan transparan yang dipasang sebelum tirai bermaterial lebih tebal. Umumnya untuk tetap memberikan sedikit privasi ketika tirai utama dilipat.

Itulah berbagai macam model tirai yang bisa dipasang pada ruang tamu. Jika Anda kesusahan memilih model dan warna gorden serta material yang seperti apa, silahkan hubungi Raja Gorden. Kami merupakan produsen tirai yang dapat dihubungi di 0812 1964 3240/ email ke hello@rajagorden.com.

Desain Tirai di Berbagai Macam Ruangan Rumah

Apakah Anda berencana memasang tirai cantik di berbagai area rumah seperti dapur, kamar mandi, ruang tamu hingga ruang tidur? Jika iya maka tips berikut siapa tahu bisa menginspirasi Anda:

  • Tirai untuk kamar mandi

Kamu dapat memasang tirai yang cantik dan minimalis di kamar mandi. Tapi ingat, untuk memilih tirai dari material yang anti basah misalnya tirai plastik. Tirai ini bisa digunakan untuk menutup jendela kamar mandi kalau ada. Namun juga dapat dipakai fungsinya sebagai penutuh shower atau bathtub.

  • Tirai untuk ruang tamu

Tirai ruang tamu harus disesuaikan dengan perabotan di dalam ruangan tersebut. Anda dapat memilih tirai minimalis, vintage, klasik dan banyak lagi seperti info di atas. Tirai ini ada baiknya yang dapat menghalangi sinar matahari masuk. Bisa sepenuhnya atau sedikit saja sesuai dengan keinginan Anda.

Anda bisa memadukan model tiranya dengan warna sofa ataupun bantal sofa Anda. Jangan lupa juga perhatikan pula ukuran ruang tamu saat memilih tirainya.

  • Tirai cantik dan kecil untuk dapur

Dapur dengan jendela juga perlu dipasangi dengan tirai. Anda bisa memilih tirai kecil yang pas dengan ukuran jendela dapur. Anda dapat pasang tirai yang menutup jendela seluruhnya atau hanya setengah jendela saja. Salah satu contohnya seperti tirai blinds.

Pilihlah tirai yang tidak mudah kotor atau yang mudah dibersihkan jika terkena noda di dapur. Anda dapat memilih tirai model sederhana untuk dapur.

  • Tirai tebal untuk kamar tidur

Kamar tidur harus mendapatkan tirai yang dapat memberikan privasi secara maksimal. Jadi Anda dapat memilih tirai cantik berbahan tebal dari blackout. Material ini tidak hanya dapat memberikan privasi yang cukup baik bagi Anda, tapi juga menghalangi sinar matahari. Ada banyak tirai cantik dari blackout yang bisa dipilih.

  • Tirai mewah untuk ruang makan

Terakhir adalah tirai bergaya mewah untuk ruang makan. Jika interior ruang makan bergaya klasik dan mewah, maka bisa pasang tirai vintage atau yang model mewah berumbai. Anda dapat pasang tirai panjang dan bergaya netral untuk ruang makan.

Itulah berbagai macam inspirasi tirai yang cantik untuk ruangan di rumah Anda. Selain ruangan-ruangan di atas, Anda juga bisa pasang tirai di ruang kerja, ruang bermain anak, dll. Semoga bermanfaat.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan Komentar