Cara Memilih Warna Gorden Sesuai Cat Rumah

Warna Gorden Sesuai Cat Rumah – Memadukan warna gorden dengan cat dinding sudah sangat umum dilakukan. Karena membuat gorden serasi dan senada dengan warna dinding menjadikan suasana ruangan lebih hangat dan harmonis. Penyesuaian warna itu pun juga mengikuti kondisi dan kebutuhan pada ruangan tersebut.

Warna Gorden Sesuai Cat Rumah

Pilihan Kombinasi Warna Gorden Sesuai Cat Rumah

Menentukan warna gorden pada sebuah ruangan memang bergantung pada cat rumah. Dengan begitu, Anda harus memperhatikan apa dan bagaimana warna yang diaplikasikan pada dinding ruangan, barulah memutuskan untuk memilih warna gorden.

Tapi sebelumnya, pemilihan warna baik untuk dinding maupun gorden tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan pada ruangan yang dituju tersebut. Berikut ini beberapa pilihan kombinasi warna antara gorden dan cat rumah:

  • Gorden Abu-abu dengan Cat Dinding Putih Tulang

Pilihan gorden abu-abu memiliki keserasian dengan cat dinding rumah yang berwarna putih tulang. Karena warna putih jenis ini merupakan warna yang tidak terlalu kontras. Justru paduan kedua warna ini mengandung warna abu-abu yang kontras sehingga jika dikombinasikan menjadi lebih selaras.

  • Cat Tembok Putih Pucat dengan Gorden Putih Polkadot

Dinding dengan warna putih pucat memang tidak terlihat bersih dan terang seperti putih biasanya. Agar tidak terlihat terlalu mencolok, maka Anda bisa memadukan dengan gorden yang juga berwarna putih bermotif polkadot.

  • Cat Tembok Krem dengan Gorden Hijau Muda

Kali ini perpaduan warna gorden dan cat tembok yang cukup harmonis yaitu cat dinding krem bertemu dengan gorden warna hijau muda. Perpaduan ini memiliki nilai estetika yang cukup tinggi. Apalagi warna hijaunya dapat menambah kesan yang natural dan shade earthly.

  • Gorden Pastel dengan Dinding Broken White

Untuk memilih warna-warna alami, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada gorden dengan warna pastel yang dipasangkan pada dinding berwarna broken white. Jika keduanya disatukan maka akan menghadirkan satu unsur nuansa alam yang baru, sehingga akan menciptakan keharmonisan ruangan yang benar-benar alami.

  • Gorden Pink dan Dinding Peach

Bagi Anda yang memiliki dinding berwarna peach sudah menciptakan nuansa feminin pada ruangan di rumah. Untuk menunjang hal tersebut, pastinya elemen gorden akan ikut mengambil peran yaitu dengan mengombinasikan menggunakan warna merah muda. Pastinya hunian menjadi lebih manis dan cerah.

  • Dinding Pink dengan Gorden Kuning Bermotif

Kalau sebelumnya terdapat pilihan yang menghadirkan warna pink atau merah muda pada elemen gorden untuk pendukung suasana ruangan. Kali ini warna merah muda diposisikan pada bagian cat dindingnya langsung.

Adapun warna gorden yang serasi adalah warna kuning yang memiliki motif. Tambahan motif membuat ruangan lebih semarak.

  • Dinding Putih Gading dengan Gorden Merah Tua

Ada satu cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan nuansa berkesan mewah pada hunian Anda. Inspirasinya yaitu pemilihan warna kombinasi dari cat dinding yang berwarna putih gading dengan gorden merah tua. Kedua warna ini memang merupakan paduan warna selaras yang terlihat anggun dan berkelas.

Warna Gorden Untuk Cat Tembok Kuning

  • Gorden Warna Emas dan Dinding Kuning Muda

Paduan warna emas pada gorden akan sangat kontras dan membuat kemewahan yang semakin tercipta. Apalagi jika dipadu padankan dengan dinding berwarna kuning muda. Kedua warna tersebut sudah memiliki kesan mewah tersendiri maka akan lebih kuat ketika menjadi satu kesatuan dalam sebuah padanan warna pada ruangan.

Beberapa Faktor Penentu Sebelum Memilih Gorden

Tidak hanya perlu mengetahui beberapa inspirasi warna pada gorden tergantung dari warna dinding. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penentu dalam memilih warna gorden yaitu:

  • Tema

Tema merupakan salah satu faktor penting dalam memilih warna gorden yang sesuai dengan ruangan di rumah. Karena, warna cat rumah untuk gorden bisa menyesuaikan tema yang Anda buat sendiri. Tema hunian bisa bervariasi tergantung dari keinginan Anda sebagai pemilik rumah.

Misalkan untuk tema nuansa klasik maka bisa digunakan elemen-elemen dan warna yang berciri klasik pada gorden sekaligus cat dinding. Pilihan tema di antaranya adalah minimalis, modern, vintage ataupun etnik dan masih banyak tema menarik lainnya.

  • Motif

Dari tema beralih pada motif yang akan digunakan pada gorden. Karena motif kurang umum diaplikasikan pada cat dinding maka bisa diaplikasikan pada gordennya sendiri. Baik motif polkadot, geometri, floral ataupun motif vertikal. Motif-motif itu pun juga bisa diselaraskan dengan pilihan warna gorden ataupun warna dinding.

  • Bahan

Bukan hanya motif, ternyata jenis bahan material pada gorden juga sangat mempengaruhi pemilihan warna gorden yang selaras dengan nuansa ruangan. Bahan yang berkesan berat harus dikombinasikan dengan elemen lain yang lebih ringan, begitu pun sebaliknya.

  • Model

Masih ada faktor model atau desain dari bentuk gorden yang akan mempengaruhi pemilihan warnanya sendiri. Jika model desain terlalu rumit tidak akan cocok dipadukan dengan warna dan motif yang juga memberatkan mata.

Cara Memilih Warna Gorden yang Tidak Monoton

Setelah Anda memenuhi faktor-faktor penentu dalam memilih warna gorden, ada tips yang bisa diaplikasikan untuk memilih warnanya. Di antaranya adalah :

  • Mengulang Warna

Untuk menciptakan harmonisasi antara warna gorden dengan nuansa cat dinding, Anda bisa menyesuaikan pola gorden yang mengandung dari warna dinding tersebut.

Jika dinding pada rumah memiliki warna putih atau putih gading. Maka sebaiknya pilih pola gorden yang memiliki latar belakang berwarna putih atau putih gading tadi. Selama warna pada pola gorden tidak lebih dari dua nuansa warna yang lebih gelap ataupun lebih terang.

  • Buat Jadi Monokrom

Untuk membuat suasana ruangan menjadi lebih alami, buat pemilihan warna menjadi monokrom atau sewarna dengan warna-warna solid. Artinya pilih bahan gorden yang selaras dan senada dengan warna dinding rumah, tapi tentukan dengan cara memilih warna yang sedikit lebih gelap atau lebih terang.

Jika Anda lebih menyukai perbedaan warna pengganti maka tetaplah berada pada dua atau tiga warna yang bernuansa sama.

  • Pilih Warna Pelengkap

Selain warna monokrom, Anda juga bisa memilih warna pelengkap pada padanan gorden. Biasanya warna pelengkap itu sifatnya berseberangan dengan warna utama. Artinya, jika warna dinding pada ruangan memiliki sedikit kekurangan bisa dilengkapi dengan warna yang sangat bertolak belakang dengan warna awal.

Misalkan Anda memilih warna biru pada dinding, maka bisa ditambah dengan oranye sebagai warna pelengkap. Dengan begitu, Anda bisa memilih gorden dengan pilihan warna oranye dengan padanan warna gading bermotif garis atau oranye dikombinasi putih berpola persegi.

  • Tetap Netral

Untuk membuat kombinasi warna pada gorden menjadi lebih tepat, buat menjadi netral. Yaitu, jika Anda sudah memilih warna-warna kuat pada bagian dinding selanjutnya bisa dinetralisir dengan pilihan-pilihan warna yang lebih kalem dan netral. Agar tampilan terlihat lebih menarik, Anda bisa menghias gorden dengan bahan yang kontras.

Itulah beberapa cara praktis untuk membuat hunian Anda menjadi harmonis dengan adanya pilihan warna gorden sesuai cat rumah. Dengan begitu, ruangan pada hunian Anda akan terasa nyaman didukung dengan warna-warna yang sesuai. Untuk memesan gordennya Anda bisa menghubungi Raja Gorden di 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com.

4.9/5 - (14 votes)

Leave a Reply