Gorden Panggung

Gorden Panggung – Dalam suatu pertunjukan yang memanfaatkan panggung, keberadaan gorden atau tirai panggung sangatlah penting. Seperti yang kita tahu, gorden tidak hanya digunakan pada jendela atau pintu, namun juga menawarkan banyak manfaat lain. Contohnya seperti pemasangan gorden pada stage atau panggung.

Gorden Panggung

Di bawah ini akan dibahas mengenai apa tujuan pemasangan gorden panggung serta beberapa contoh material gorden yang bisa digunakan.

Manfaat Gorden Panggung Dalam Pertunjukan

Entah ukuran panggung tersebut besar atau kecil, gorden dapat dipotong untuk menyesuaikan ukuran panggung yang ingin dipasangi tirai ini. Gorden menawarkan banyak manfaat baik bagi audiens atau penonton, maupun bagi penyelenggara acara yang memakai panggung tersebut. Simak apa saja manfaat atau fungsi gorden panggung terbaik di bawah ini:

  • Menjadi pembatas antara audiens/penonton dengan pemain

Fungsi utama dari sebuah gorden yaitu menjadi pembatas atau pemisah antara penonton dengan pemain panggung. Karena di balik layar atau gorden tersebut, para pemain biasanya akan melakukan pergantian tata panggung bahkan juga kostum secara cepat. Tentunya aktivitas tersebut sebaiknya tidak diketahui atau dilihat oleh para penonton.

Saat aktivitas tersebut dilakukan, maka gorden utama akan diturunkan sementara hingga semua pergantian selesai. Setelah itu, gorden baru akan diangkat agar para penonton dapat melihat pertunjukan yang ditampilkan oleh para pemain. Inilah manfaat gorden panggung Jakarta yang pertama.

  • Menjadi tanda awal serta akhir pertunjukan

Seperti yang mungkin sudah Anda sering lihat, selain menjadi pemisah antara pemain dan penonton. Gorden juga bisa menjadi tanda awal dan akhir sebuah pertunjukan. Jika gorden diangkat maka itu berarti pertunjukan sudah dimulai dan dibuka.

Sebaliknya, ketika pertunjukan benar-benar berakhir, maka gorden akan ditutup sebelum nanti akan ada pertunjukan selanjutnya.

  • Memberikan efek dramatis dan dekorasi pada panggung

Gorden juga memberikan efek dramatis serta menambahkan dekorasi menarik pada area panggung. Ketika gorden dibuka, maka hal tersebut diharapkan mampu memberikan efek dramatis yang memukau penonton. Tidak hanya pada awal pertunjukan, namun ketika gorden diturunkan di tengah-tengah permainan saat ada pergantian tata letak atau dekorasi panggung.

Dengan adanya gorden ini maka penonton akan terpukau dan diharapkan bisa lebih fokus pada pertunjukan. Gorden menjadi sebuah elemen surprise atau kejutan pada para penonton yang antusias dan tidak sabar menanti apa yang akan ditampilkan di balik gorden tersebut. Ini menjadi hal yang penting bagi penyelenggara pertunjukan agar membuat penonton selalu merasa penasaran.

Selain itu, gorden juga memiliki elemen dekorasi yang cantik, elegan serta mewah di panggung. Warna-warna gorden dan desain gorden yang tampak mewah, akan meningkatkan tampilan panggung secara menyeluruh. Bahkan saat gorden telah diangkat atau gorden dipasang di bagian sisi kiri dan kanan panggung.

  • Memastikan keamanan

Hal penting lainnya dari manfaat gorden panggung mewah yaitu bisa digunakan untuk memastikan keamanan para penonton dan pemain. Kebanyakan gorden panggung dibuat dari material yang tahan api dan ini juga menjadi salah satu persyaratan yang sering digunakan untuk pemasangan gorden di panggung pertunjukan.

Karena itu, material gorden yang tahan api diharapkan bisa memperlambat atau bahkan mencegah api cepat menyebar saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga memberikan waktu lebih bagi orang-orang yang ada di panggung atau penonton untuk evakuasi ke area yang lebih aman.

Itulah beberapa manfaat atau fungsi gorden panggung. Tentunya masih ada banyak sekali fungsi yang dapat ditawarkan oleh sebuah gorden atau tirai panggung ini.

Jenis-jenis Gorden Panggung

Gorden yang terpasang di atas panggung tidak hanya terdiri dari 1 gorden saja. Tapi, ada beberapa macam jenis gorden untuk panggung yang perlu Anda ketahui. Terutama jika Anda berencana membeli gorden atau mendekorasi panggung dengan produk ini seperti:

  • Front curtain/gorden depan

Gorden atau tirai depan ini adalah tirai utama pertunjukan yang dipasang di bagian depan panggung dan juga digunakan untuk pemisah antara penonton dan pemain. Gorden utama ini biasanya terbuat dari bahan beludru yang tampak mewah. Gorden akan diturunkan dan dinaikkan saat awal dan akhir pertunjukan serta saat istirahat atau interval ketika misalnya ada pergantian tata letak atau dekorasi panggung.

Gorden utama bagian depan yang umum digunakan kebanyakan adalah gorden bewarna merah. Namun saat ini juga ada banyak yang memasang gorden dengan warna-warna gelap lainnya seperti biru tua. Anda bisa mendapatkan gorden panggung murah semacam ini di Raja Gorden.

  • Side curtain/gorden samping

Selain gorden utama di bagian depan, juga terdapat jenis gorden yang dipasang pada bagian samping panggung. Seperti yang kita tahu, terutama untuk panggung-panggung berukuran besar, keberadaan alat-alat penunjang performance/pertunjukan panggung seperti lampu-lampu dan speaker dipasang di dekat panggung. Khususnya pada bagian samping atau atas panggung.

Keberadaan alat-alat besar seperti di atas akan merusak dekorasi atau tampilan panggung jika terlihat oleh penonton. Karena itu, kebanyakan panggung akan memasang gorden di bagian samping atau sayap panggung.

Gorden ini berfungsi untuk menutup atau menyembunyikan perlengkapan, peralatan hingga tali-temali yang ada di panggung dari pandangan para penonton. Tidak hanya di bagian sayap saja, kadang gorden ini juga dipasang pada bagian atas untuk menutupi palang-palang peralatan lampu yang tergantung di bagian atas gorden.

  • Backdrops/gorden latar belakang

Seperti yang kita tahu, terkadang pertunjukan membutuhkan latar belakang atau gambar yang berbeda-beda tergantung dari cerita yang ada. Di sinilah peran gorden backdrop yang fungsinya digunakan untuk mengganti-ganti latar belakang sebuah pertunjukan.

Biasanya gorden ini terbuat dari kanvas dan berukuran besar kemudian dicetak lalu digantung di belakang para pemain yang sedang berakting. Tidak hanya pertunjukan akting, pertunjukan penyanyi dan banyak pertunjukan lainnya yang membutuhkan pergantian cepat latar belakang dan gorden backdrops sering kali digunakan untuk membantu menciptakan efek dramatis atau suasana tertentu.

  • Travellers

Gorden travellers merupakan jenis gorden berukuran kecil yang dapat dipindah-pindahkan melintasi panggung secara horizontal. Gorden ini fungsinya untuk menyembunyikan pemain hingga pemandangan atau digunakan ketika ada perubahan adegan secara cepat. Gorden travelers semacam ini dapat dibuka tutup secara manual atau secara otomatis menggunakan motor gorden.

Di Raja Gorden tentunya Anda juga bisa menemukan berbagai macam jenis gorden manual hingga otomatis untuk panggung. Raja Gorden menawarkan produk dengan motor dan remote control yang bisa digunakan untuk membuka dan menutup tirai secara otomatis. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi 081219643240 atau email langsung ke hello@rajagorden.com. Kami juga menyediakan harga gorden panggung yang terjangkau.

  • Scrims/gauze

Scrims merupakan gorden atau tirai tembus cahaya adalah gorden yang fungsinya digunakan untuk memberikan beberapa efek dramatis di atas panggung. Gorden ini juga bisa disorot dengan lampu sehingga dapat menyala dari belakang untuk memberikan pemandangan tertentu. Misalnya saja memberikan efek ilusi dan menciptakan visual yang bergantung dari sorot lampu atau pencahayaan.

Selain beberapa jenis gorden panggung di atas, masih ada banyak jenis gorden yang dapat digunakan di atas, samping atau bahkan belakang panggung. Anda bisa mendapatkannya di Raja Gorden.

Tips Memilih Gorden atau Tirai Panggung yang Terbaik

Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih gorden untuk panggung. Harus ada beberapa hal yang diperhatikan karena gorden sendiri merupakan salah satu penunjang utama dari sebuah pertunjukan. Karena itu berikut kami berikan beberapa tips untuk mencari gorden atau tirai panggung yang terbaik:

  • Bahan gorden

Bahan gorden untuk panggung dapat terbuat dari berbagai material tergantung fungsinya. Contohnya ada yang terbuat dari kanvas agar mudah dicetak sebagai gorden backdrops. Ada juga gorden yang terbuat dari material seperti blinds dan blackout yang bahannya tipis atau tebal. Gorden semacam ini terbuat dari material yang beratnya ringan sehingga mudah dibuka dan ditutup. Gorden blackout sendiri tidak hanya tersedia dalam warna-warna yang gelap, ada banyak varian warna yang bisa dipilih.

Lalu ingat sebaiknya memilih juga material gorden yang tahan api dan anti air demi keamanan panggung, pemain serta penonton.

  • Rel gorden

Rel gorden yang menggantung umumnya harus disesuaikan dengan berat gorden panggung yang mau dipasang. Jika berat gorden tersebut sampai beberapa kilo, maka pastikan memilih rel gorden yang kuat dan awet. Ada beberapa jenis rel gorden untuk panggung yang bisa dipakai. Contohnya seperti rel motorized, walkalong dan corded. Perbedaan jenis-jenis rel tersebut bergantung dari kebutuhannya.

Sebut saja jenis rel gorden corded agar gorden dapat diangkat menggunakan tali secara manual. Rel ini dioperasikan menggunakan katrol dengan tali yang memungkinkan gorden dapat digerakkan dan dioperasikan secara manual memakai tangan saat melintasi rel. Kemudian ada juga rel motorized yang dipasang untuk menggerakkan gorden secara otomatis memakai motor. Umumnya jenis rel ini dipasang untuk gorden-gorden berukuran besar dan berat yang susah digerakkan apabila menggunakan tangan secara manual.

Terakhir, ada jenis rel gorden panggung yang disebut walkalong. Jenis rel ini lebih cocok dipakai untuk panggung-panggung kecil seperti misalnya di sekolah atau kampus, studio kecil, komunitas dan sebagainya. Gorden ini dapat digerakkan menggunakan tali secara manual.

  • Remote gorden

Apabila Anda ingin memasang gorden otomatis, maka perhatikan juga tentang penggunaan remote. Perhatikan berapa maksimal beban remote yang dapat mengangkat gorden. Umumnya gorden memakai remote dengan panjang sekitar 8 meteran. Namun, apabila membutuhkan ukuran lebih dari itu maka bisa diakali dengan cara menambahkan lilitan di motornya.

Apabila Anda merasa kebingungan tentang memilih gorden untuk panggung yang terbaik. Maka Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Raja Gorden. Kami menawarkan konsultasi gorden panggung online atau bisa langsung datangi toko kami di Jalan Hidup Baru No.9 Serua, Tangerang Selatan.

Kami menawarkan tidak hanya bermacam-macam gorden panggung, namun juga gorden untuk jendela dan bahkan pintu atau sekat lainnya. Harga gorden kami dipastikan terjangkau dan materialnya awet serta berkualitas. Khusus untuk panggung, Anda dapat memesan gorden sesuai ukuran dan warna yang dibutuhkan. Gorden juga dapat disesuaikan dengan desain yang diinginkan terutama jika Anda ingin memasang gorden cantik dan mewah dengan beberapa macam gaya.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply