Mengenal Jenis Kain Gorden Blackout, dan Cara Memilihnya Secara Tepat!

Jenis Kain Gorden Blackout – Salah satu aksesoris yang yang tentunya akan Anda gunakan, guna mempercantik penampilan jendela adalah kain gorden. Seperti diketahui bersama saat ini ada cukup banyak jenis kain gorden yang ada di pasaran, salah satunya adalah kain gorden blackout. Ini adalah salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan, untuk menutup jendela.

Mengenal Kain Gorden Blackout

Untuk Anda yang belum mengenal jenis kain gorden blackout, ada baiknya jika membaca ulasan berikut ini. Kain blackout sendiri adalah salah satu jenis kain gorden yang sengaja dirancang untuk memblokir atau setidaknya menghalangi cahaya yang berasal dari luar ruangan, masuk ke dalam ruangan, baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu dari jalan raya. Bahkan kain jenis ini, mampu memblokir setidaknya 99% cahaya.

Jenis Kain Gorden Blackout

Selain itu, kain jenis ini juga mampu meredam suara dari luar ruangan ke dalam ruangan. Jadi suara bising dari luar, tidak terlalu masuk ke dalam ruangan, atau setidaknya mampu memblokir sekitar 40% suara dari laur ruangan.

Kain jenis yang satu ini, umumnya terbuat dari material yang cukup tebal, dan bentuknya seperti anyaman yang sangat rapat. Ini yang membuat backing kain ini jadi lebih bagus, dan bobotnya juga jadi lebih berat. Hasilnya kain jenis ini, lebih tahan lama dibandingkan jenis kain gorden lainnya.

Untuk warna, jenis kain yang satu ini cukup beragam, banyak yang mempunyai warna gelap, namun banyak juga yang mempunyai warna yang lebih terang dan juga lebih soft. Tidak hanya warna, corak yang dimiliki oleh jenis kain yang satu ini juga cukup beragam. Anda dapat memilih salah satu warna atau corak yang dinilai tepat, dan sesuai dengan tema dalam ruangan itu sendiri.

baca juga  Bosan dengan Suasana ruangan? Ganti Gorden Minimalis Apartemen Anda

Meskipun demikian, kain jenis ini, mempunyai beberapa kekurangan, karena kain ini tidak mudah tembuh cahaya, maka suasana di dalam ruangan jadi jauh lebih gelap, walaupun ketika pagi tiba. Untuk mengantisipasiya, penerangan di dalam ruangan tentunya harus lebih terang. Tidak hanya itu, kain jenis ini juga membuat udara terasa sedikit lebih hangat.

Desain gorden yang satu ini, banyak digunakan pada jendela berukuran besar. Saat ini, jenis kain tersebut banyak digunakan orang, karena ragam warna dan corak yang dimilikinya. Anda sebagai konsumen, dapat memilih desain kain yang dirasa paling pas, baik itu motif klasik, minimalis, atau yang lainnya. Tentunya hal ini harus Anda sesuaikan dengan tema dan desain ruangan itu sendiri.

Kain Semi Blackout

Harga Kain Gorden Blackout

Di pasaran sendiri, jenis kain gorden blackout seperti ini, dijual dalam bentuk beragam, ada yang dijual dalam bentuk per meter, kiloan. Atau ada juga kain gorden yang sudah jadi dan Anda dapat langsung memasangnya pada jendela. Rata-rata harga kain gorden yang sudah jadi ini sekitar Rp 70.000 hingga Rp 150.000. Sedangkan rata-rata gorden blackout yang sudah siap pakai, lengkap dengan berbagai aksesorisnya harganya akan lebih tinggi, mulai dari Rp 160.000 hingga ada yang dibandrol 1 jutaan. Harga yang diberikan ini, tentunya sesuai dengan karakteristik bahan dan desain gorden lengkap dengan aksesoris yang diberikan.

Cara Memilih Kain Gorden Blackout Tepat

Setelah Anda mengenal jenis kain gorden blackout dengan baik, maka berikutnya Anda perlu mempelajari bagaimana cara tepat, memilih gorden blackout tersebut :

  1. Perhatikan desain ruangan

Hal pertama yang tentunya perlu Anda perhatikan, ketika akan membeli dan menggunakan kain gorden blackput, adalah desain ruangan yang akan menggunakan gorden itu sendiri. Apakah gorden tersebut akan diletakkan di dalam kamar utama, kamar tamu, ruang keluarga, ruang tamu atau yang lainya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatian tema ruangan tersebut. Apakah ruangan tersebut menggunakan tema minimalis, klasik, ceria, atau yang lainnya. Masing-masing tema dan jenis kamar, tentunya membutuhkan bahan kain blackout yang berbeda-beda. Misalnya saja Anda ingin menggunakan kain blackout untuk ruang tamu dengan desain minimalis sederhana, maka Anda dapat menggunakan warna broken white, atau warna coklat muda. Akan lain halnya jika Anda menggunakan gorden blackout pada ruang keluarga dengan desain klasik mewah, maka warna coklat tua dengan corak tertentu, pastinya pas.

  1. Memilih model gorden

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah memilih model gorden yang akan digunakan. Karena godern blackout ini pas digunakan untuk berbagai macam model gorden, maka Anda dapat memilih salah satu gorden yang dinilai tepat, seperti Ripple fold, Tailored Pleat, Inverted Pleat, Grommet, Cubicle atau yang lainnya.

baca juga  Tips Membeli Gorden Minimalis Jendela Kamar

Sama seperti desain ruangan, kali ini, Anda juga perlu memperhatikan model gorden tersebut dan sesuaikan dengan tema ruangan itu sendiri. Untuk Anda yang menggunakan kamar tidur minimalis, model Ripple Fold atau model Grommet, dapat dipilih.

  1. Warna dan corak kain blackout

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam memilih kain blackout yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan warna dan corak kain yang sebaiknya dipilih.

Untuk memilih warna yang tepat, ada baiknya jika Anda memperhatkian warna dinding. Tidak perlu senada dengan warna dinding, Anda dapat memilih warna lain yang masih senada, atau tidak terjadi tabrakan warna. Untuk warna cat dinding berwarna putih, pada ruang tamu, maka Anda dapat memilih warna coklat atau warna gold untuk warna gordengnya, ini akan memberikan kesan luas dan mwah pada ruangan tersebut.

Sedangkan untuk motif, tentunya harus disesuaikan dengan ruangan itu sendiri. Jika ruangan tersebut sudah penuh warna dan menggunakan furniture yang juga menggunakan aksesoris, ada bainya jika Anda menggunakan gorden polos. Sebaliknya, jika suasana di dalam ruagan tergolong sederhana, termasuk penggunaan warna cat dinding dan juga funiture yang polos. Sebaiknya pilih gorden dengan corak tertentu.

  1. Ukuran kain

Anda juga perlu memillih dan menggunakan kain blackout yang tepat. Dalam hal ini, Anda perlu mengukur jendela, dan tiang penyangga gorden itu sendiri. Dari informasi tersebut, Anda dapat memilih ukuran kain secara tepat. Anda dapat membeli kain blackout secara meteran atau membeli kain per kilo.

Sedikit tips untuk Anda ketika akan membeli kain dengan cara kiloan, sebaiknya perhatikan dengan baik, ukuran luas dan lebar kain itu sendiri. Pastikan ukuran yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Harga kain

Hal lain yang tentunya penting untuk diperhatikan adalah harga kain itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan diatas, harga kain blackout cukup beragam. Harga kain blackout yang sudah menjadi gorden, biasanya cenderung naik, terutama gorden yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris.

baca juga  Gorden Minimalis Tangerang

Anda dalam hal ini, perlu memperhatikan berapa budget yang telah disisihkan di awal untuk membeli gorden tersebut. Kemudian perhatikan juga harga gorden yang ditawarkan. Pilih gorden yang tentunya sesuai dengan tema, dan desain yang dibutuhkan. Jika gorden yang diinginkan harganya cenderung lebih tinggi, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan pihak toko, dalam memilih gorden yang tepat, dan tentunya sesuai dengan budget yang Anda miliki saat ini.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button