Jenis Kain Untuk Gorden Kupu-Kupu

Jenis Kain Untuk Gorden Kupu-Kupu – Tirai atau gorden kupu-kupu adalah salah satu jenis gorden merupakan tirai yang sangat cocok untuk dipasang pada semua bentuk atau model jendela. Hal tersebut karena gorden jenis kupu-kupu ini tidak akan memakan banyak tempat jika dipasang pada jendela rumah Anda. Pemasangan dan pembuatan gorden ini pun mudah serta tidak akan memakan banyak waktu. Harga bahan dari gorden ini juga terjangkau, lebih murah dan lebih hemat dibandingkan dengan bentuk gorden lainnya, yang jelas tetap terlihat cantik bagi rumah Anda.

Jenis Kain Untuk Gorden Kupu-Kupu

Tips Memilih Jenis Kain Gorden

Pemilihan jenis kain gorden merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin memasang gorden. Dalam memilih jenis kain tersebut tips yang perlu Anda perhatikan adalah dari tebal tipis kain yang akan Anda gunakan. Seperti jenis kain sutra, linen, katun yang akan mempengaruhi bentuk kain, apakah nanti akan dilipat, dikerut atau hanya dibiarkan tergerai lurus begitu saja. Ketebalan kain nantinya digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan ruangan, seperti bahan lebih tebal akan mengurangi cahaya yang akan masuk ke ruangan.

Untuk memeriksa jenis kain dengan baik, berikut beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

  • Memeriksa ketebalan jenis kain dengan menggunakan tangan, akan lebih terasa dengan baik.

  • Jenis kain yang baik digunakan untuk gorden dengan model kupu-kupu adalah yang tidak tebal namun juga tidak tipis.

  • Memeriksa tenunan apakah serat yang digunakan kuat dan rapat atau tidak.

  • Memeriksa ujung-ujung kain.

  • Memeriksa benang-benang pada ujung kain yang akan digunakan.

Jenis Kain Untuk Gorden Kupu-Kupu

  • Kain Sutera

Jenis kain yang pertama akan kita bahas adalah jenis kain sutera. Jenis kain ini adalah yang bertekstur paling lembut dan halus dengan menggunakan serat alami. Kain sutera ini dibuat dari kepompong larva pada ulat sutera. Serat pada kain sutera terlihat berkilau sehingga menjadikan bahan kain ini tampak mewah. Kain sutera Cina dan India lebih ringan dan memiliki harga terjangkau jika digunakan sebagai tirai kupu-kupu yang indah untuk dipandang menghiasi ruangan dalam rumah Anda.

  • Kain Embosh

Kain emboss adalah jenis kain bertekstur timbul dengan motif-motif serta warna yang cantik. Cukup banyak yang menggunakan bahan kain ini sebagai pilihan bahan tirai. Kualitasnya yang bagus dan tampilannya yang mewah akan membuat ruangan rumah Anda terlihat elegan. Kain ini memiliki harga yang juga cukup mahal dibandingkan kain lainnya.

  • Kain Katun

Kain jenis katun relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Permukaan dari kain ini halus dengan pola atau motif yang dicetak. Jenis kain ini juga dapat juga dirajut ke dalam kain pelapis berbahan katun baik jenis kain katun yang transparan, tipis atau pun yang berat. Tampilan dari jenis kain katun ini lebih sederhana, banyak pilihan warna dan motif, serta praktis dan kuat. Bahan katun ini terbuat dari serat kapas, yang membuat bahan ini jauh lebih mudah untuk dimodifikasi.

  • Kain Wol

Kain wol juga dibuat dari bahan alami yakni terbuat dari bulu domba sehingga ia memiliki tekstur kerut yang alami. Kain ini juga lembut dan hangat, umumnya kain berbahan bulu domba ini memiliki banyak variasi warna yang menawan dan cantik jika dijadikan sebagai gorden kupu-kupu untuk rumah Anda. Kecenderungan dari kain ini yakni mudah mengerut, sehingga umumnya jenis kain ini akan dicampurkan dengan serat lain yang akan membuat tekstur kain menjadi lebih baik dan tidak mudah mengerut.

  • Kain Linen

Kain linen mempunyai tekstur yang kering dan renyah, sehingga dia bersifat lembut namun kuat dan mudah dilipat. Harga kain linen jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga dari kain katun, karena produksinya lebih memakan banyak waktu.

  • Kain Bahan Chenille

Kain dengan bahan chenille merupakan jenis kain dengan tekstur cenderung berat dan sedikit tebal. Kesan tebal yang dimiliki oleh kain ini membuatnya terlihat lebih klasik jika dijahit dan digunakan sebagai gorden rumah. Kain jenis ini lebih kuat, tidak mudah sobek dan terkenal lebih tahan lama, meskipun cukup sulit untuk dibersihkan jika terkena noda.

  • Kain Brukat Murah

Kain selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat gorden kupu-kupu adalah jenis brukat. Jenis ini banyak ditemukan di toko kain dengan berbagai motif dan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Rumah-rumah di Indonesia cukup banyak menggunakan bahan brukat untuk menutup jendela rumah.

Biasanya bahan ini dipadukan dengan bahan lainnya. Seperti bahan luar yang lebih tebal dan bagian dalamnya brukat yang lebih tipis. Namun untuk menggunakan bahan ini sebagai gorden kupu-kupu, Anda juga bisa membuatnya dengan hanya menggunakan satu kain brukat saja.

  • Kain Satin

Kain satin ternyata juga dapat menjadi pilihan jenis kain yang dapat digunakan sebagai gorden kupu-kupu. Kain dengan harga terjangkau namun mampu menampilkan kesan mewah untuk rumah Anda. Gorden dengan kain satin ini memiliki karakter mengkilap yang khas dan sangat halus serta menjuntai dengan cantik. Kain jenis ini baik digunakan untuk jendela dengan ukuran cukup tinggi.

  • Kain Blackout

Kain blackout adalah jenis kain yang tampak kaku. Penampakan kaku pada jenis kain ini membuatnya lebih mudah dibentuk dan dijahit, ia memiliki tekstur kain yang lebih fleksibel sehingga dapat digunakan juga pada jenis gorden kupu-kupu. Kain dengan karakter yang halus, lembut dan mudah untuk dibersihkan ini menjadi pilihan yang bisa Anda gunakan untuk membuat gorden atau tirai kupu-kupu.

Pada dasarnya gorden kupu-kupu merupakan jenis gorden yang bisa menggunakan banyak jenis kain. Akan tetapi umumnya kain yang digunakan dalam pembuatan gorden kupu-kupu ini adalah katun, linen atau sutera. Anda bisa memilih jenis bahan kain sesuai selera dan kebutuhan Anda atau juga bisa disesuaikan dengan budget pengeluaran.

Beberapa catatan penting untuk diperhatikan dalam memilih gorden adalah dengan memperhatikan benang pada kain gorden tersebut. Pastikan benang yang digunakan kuat dan dalam kondisi baik, karena dapat menentukan daya tahan dari gorden itu sendiri. Proses jahitan yang baik juga menjadi penentu daya tahan dari gorden yang Anda pasang di rumah.

Gorden kupu-kupu dengan kualitas baik langsung pasang juga bisa Anda nikmati dengan menggunakan jasa toko pembuat gorden yang sudah terpercaya. Sehingga dalam pemilihan jenis kain pun Anda bisa mendiskusikan dan menanyakan mana yang lebih baik digunakan. Pastikan jika Anda menggunakan jasa toko pembuatan gorden yang terpercaya dengan kualitas yang juga baik di kelasnya.

Demikian beberapa tips dan jenis bahan kain yang bisa Anda gunakan sebagai gorden kupu-kupu di rumah, bangunan kantor atau bangunan lainnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menjadi salah satu solusi dalam pemilihan bahan kain tirai yang akan Anda gunakan.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button