Pasang Roller Blind Otomatis

Pasang Roller Blind Otomatis – Adanya kebutuhan tirai penutup jendela merupakan alasan mengapa penting untuk memasang roller blind. Roller blind berbeda dari gorden jendela pada umumnya baik dari segi bentuk, pengoperasian, fungsi hingga harga. Memasang roller blind memiliki banyak manfaat dan keuntungan, lantas bagaimana cara memilih roller blind yang tepat?

Pasang Roller Blind Otomatis

Manfaat Pasang Roller Blind Yang Harus Diketahui

  • Privasi

Karateristik roller blind yang tebal dan tidak tembus pandang berguna untuk melindung privasi Anda. Orang-orang di luar tidak bisa melihat segala aktivitas yang dilakukan sekalipun rumah Anda tidak memiliki pagar.

  • Membatasi Paparan Matahari

Dengan menggunakan roller blind dapat mengurangi paparan sinar matahari yang masuk melalui jendela transparan. Sehingga ruangan di dalam rumah tidak terasa panas dan kinerja AC dapat lebih maksimal untuk mendinginkan ruangan.

  • Melindungi Furniture

Roller blind berfungsi untuk melindungi furniture dan barang elektronik dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Sebab sinar matahari dapat membuat warna dan tekstur berubah, serta barang elektronik bisa cepat rusak karena terlalu panas. Maka penting memasang roller blind pada ruangan yang memiliki banyak furniture dan barang elektronik agar tetap awet.

  • Mencegah Tindak Kejahatan

Manfaat pasang roller blind otomatis selanjutnya adalah mencegah terjadinya tindak kejahatan. Penggunaan roller blind ditujukan agar interior rumah tidak terlihat mencolok dari luar dan mengundang terjadinya kejahatan. Apalagi jika jendela langsung berhadapan dengan jalan umum, pelaku akan lebih mudah menyusun strategi jika mengetahui kondisi rumah Anda.

  • Dekorasi Ruangan

Dengan beragamnya variasi roller blind , Anda bisa menjadikan roller blind sebagai opsi barang dekorasi untuk rumah. Pemilihan motif serta warna yang sesuai dapat meningkatkan nilai estetika ruangan.

Pemilik rumah dapat memilih roller blind dengan memperhatikan keselarasan warna dan komponen dekorasi lainnya. Contoh ada ruangan dengan warna coklat muda maka penggunaan roller blind berwarna coklat tua dirasa lebih tepat dibanding warna putih.

Manfaat dan Fungsi Roller Blind

  • Sunscreen

Digunakan untuk mengurangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Namun pasang roller blind otomatis ini masih memungkinkan orang yang berada di dalam ruangan melihat ke luar dengan leluasa. Umumnya diletakkan di jendela ruang tamu atau keluarga yang ingin sinar matahari tetap bisa masuk dengan intensitas lebih rendah.

  • Transcluent

Memiliki ciri tidak transparan dengan variasi motif lebih banyak, roller blind jenis ini berfungsi untuk mengaburkan pandangan. Sehingga orang yang berada di luar ruangan tidak dapat melihat segala aktivitas di ruangan tersebut. Umumnya digunakan untuk ruangan yang sifatnya privasi seperti kamar tidur.

  • Blackout

Roller blind ini digunakan untuk menghalangi sinar matahari atau apa pun masuk ke dalam ruangan. Tirai ini tidak tembus pandang sehingga jika lampu di ruangan itu mati dan tirai ditutup, maka ruangan akan gelap total. Biasanya roller blind ini digunakan di kamar mandi berbahan kaca agar tidak bisa dilihat dari luar.

Sistem Pengoperasian Roller Blind

  • Spring Flexy Stop

Jenis ini dioperasikan dengan cara menarik bandul di bagian tengah bawah tirai. Cukup mudah dilakukan tetapi harus hati-hati karena jika bandul terlalu keras ditarik maka akan mudah lepas dan rusak.

  • Chain

Cara kerja sistem ini menggunakan rantai yang dipasang di sisi tirai dan cara kerjanya ditarik supaya roller blind bisa bergerak naik turun.

  • One Touch Self Released

Jenis ini juga menggunakan rantai dalam  pengoperasiannya. Tetapi tidak sepeti chain yang harus ditarik sampai tirai bergerak naik atau turun, one touch hanya perlu ditarik sedikit saat karena tirai akan turun secara perlahan.

  • Automatic

Sistem pasang roller blind otomatis ini sangat mudah dan praktis, karena pengguna hanya perlu menekan tombol yang tersedia pada remote control. Hal dikarenakan roller blind telah dilengkapi dengan motor penggerak sehingga tirai dapat bekerja secara otomatis. Anda dapat menurunkan, menaikkan atau memilih pengaturan roller blind lainnya hanya dengan remote control.

 

Komponen dan Bahan Roller Blind

  • Komponen Roller Blind

  • Roller Blind Digital Printing

Merupakan roller blind yang bahan dan desainnya dapat dibuat sesuai dengan keinginan pengguna.

  • Manual Engkol

Bagian dari roller blind dimana cara kerjanya masih manual, tidak seperti rantai atau chain.

  • Carrabiner Hook

Untuk roller blinds yang berada di outdoor menggunakan komponen carrabiner hook yang akan dikaitkan ke lantai dengan posisi tertutup.

  • Bahan Roller Blind

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk pasang roller blind otomatis berkualitas adalah deluxe dim out, superior dim out, blackout superior, semi blackout, natural art, super quality, projector screen, outdoor anti UV dan solar screen.

Gorden Otomatis Remote

Cara Memilih Roller Blind Yang Tepat

  • Sesuaikan Dengan Anggaran

Pastikan anggaran yang dimiliki sudah sesuai sebelum memutuskan jenis, sistem, dan bahan roller blind yang akan dibeli untuk rumah. Apalagi jika roller blind yang dibeli lebih dari satu dan harga roller blind cukup besar. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya lebih banyak karena salah perkiraan hinga akhirnya menghabiskan anggaran yang ditujukan untuk hal lain.

Saran lain yang dapat dicoba yaitu dengan menanyakan harga pasang roller blind otomatis kepada penyedia layanan beserta dengan produk yang ditawarkan. Jika dirasa sudah sesuai Anda bisa melakukan transaksi dengan jumlah roller blind yang dibutuhkan.

Selain itu pastikan biaya lain seperti biaya pengiriman apakah sudah termasuk dengan harga beli, karena umumnya biaya pengiriman dihitung secara terpisah. Kemudian jika ada layanan pemasangan oleh petugas apakah ada biaya tambahan seperti biaya transportasi dan sebagainya.

  • Tentukan Ruangan yang Ingin Dipasang Roller Blind

Hal ini dilakukan untuk menentukan berapa banyak jendela yang akan dipasang roller blind, ukurannya, dan motif yang sesuai dengan ruangan. Karena tidak semua ruangan harus dipasang roller blind, cukup pilih ruangan yang sekiranya paling banyak terkena sinar matahari. Atau ruangan yang bersifat privasi sehingga memerlukan roller blind agar tidak terlihat dari luar.

  • Pilih Sistem Pengoperasian Roller Blind

Ada banyak sistem kerja roller blind yang bisa Anda pilih, mulai dari cara manual menggunakan engkol, rantai/bandul, dan remote control. Untuk jendela berukuran kecil disarankan menggunakan sistem rantai/bandul karena selain lebih mudah pemasangannya, pasang roller blind otomatis murah.

Sedangkan untuk jendela berukuran besar seperti ruangan perkantoran atau hotel, roller blind otomatis dengan remote control sangat cocok digunakan. Mengingat cara kerja sistem ini cukup mudah dengan menekan tombol pada remote tirai akan bergerak secara otomatis sesuai perintah. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menurunkan atau menaikkan tirai secara manual.

  • Pilih Bentuk Dan Bahan Roller Blind

Umumnya roller blind dikenal sebagai tirai yang dapat ditarik ke bawah dan ke atas kemudian menggulung. Tetapi ada pula roller blind berbentuk vertikal dan horizontal yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Perbedaan dari kedua roller blind tersebut yaitu vertikal blind berbentuk garis tegak lurus dan horizontal blind berbentuk garis mendatar. Pemilihan bentuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

Adapun untuk bahan roller blind sendiri umumnya terbuat dari vynil. Namun tidak menutup kemungkinan adanya jenis roller blind yang terbuat dari bahan lain seperti kain. Untuk memutuskan itu semua pastikan sudah sesuai dengan ruangan yang akan dipasang roller blind agar selaras dan sedap dipandang.

Contohnya ruang kamar tidur atau ruang tamu lebih cocok menggunakan roller blind berbahan kain karena tekstur serat dan motifnya menarik. Sementara untuk kamar mandi penggunaan roller blind berbahan vynil akan lebih tepat.

  • Atur Konsep Agar Sesuai Dengan Dekorasi Ruangan

Sebelum menambahkan barang di ruangan tentunya harus sesuai dengan ruangan agar tidak merusak keindahan. Maka pemilihan roller blind harus mempertimbangkan dekorasi dan warna cat ruangan.

Pemasangan roller blind yang tepat akan menambah nilai estetika ruangan dan membuat orang yang berada di ruangan menjadi nyaman. Misalnya ruangan dengan konsep nature akan lebih cocok jika menggunakan roller blind berwarna coklat dengan nuansa kayu. Atau konsep industrialis mungkin akan tepat menggunakan roller blind berwarna gelap seperti hitam.

Cara Memesan dan Membeli Roller Blind

  • Pilih Penyedia Layanan yang Terpercaya

Semua orang ingin mendapatkan produk dan jasa yang terbaik, maka memilih perusahaan yang terpercaya adalah sebuah keharusan. Anda dapat mencari penyedia roller blind melalui kenalan atau internet jika belum pernah membeli roller blind sama sekali.

Periksa profil perusahaan beserta track recordnya melalui ulasan pengguna sebelumnya. Ulasan positif akan membantu Anda dalam memutuskan dimana akan membeli roller blind. Usahakan juga pilih perusahaan yang memberikan garansi untuk menghindari jika ada kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik dapat diganti.

  • Pastikan Harga dan Produk Sudah Sesuai

Ketika sudah memilih perusahaan tanyakan harga dan produk yang tersedia secara detail. Jangan sampai ada miss-komunikasi sehingga pembeli menjadi gagal paham dengan produk dan pemakaiannya. Tanyakan semua jika memang masih belum paham dan belum yakin roller blind seperti apa yang akan dibeli.

Tidak hanya itu, jika Anda memilih pasang roller blind otomatis online pastikan gambar yang tertera pada marketplace sesuai dengan kondisi aslinya. Tidak jarang barang yang sampai ke pelanggan berbeda jauh dengan di foto dan akhirnya tidak bisa digunakan. Hal-hal seperti itu tentu sangat merugikan dari segi material dan waktu.

Jangan tergiur harga murah karena sering tidak sesuai bahkan zonk. Pilihlah produk yang berkualitas agar tahan lama dan mampu menambah estetika ruangan.

Ketika memustuskan untuk pasang roller blind otomatis, penting mengetahui beberapa informasi dasar agar tidak salah pilih. Bentuk, jenis bahan, sistem pengoperasian, corak, dan harga merupakan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. Jika tidak tahu perbedaannya maka akan sulit menentukan roller blind mana yang akan dipasang di rumah Anda. Semua faktor dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna asalkan konsep ruangan dan tujuannya jelas.

Apabila masih ragu dalam memilih roller blind, Anda bisa bertanya penyedia layanan atau perusahaan yang menjual produk tersebut. Salah satunya seperti Raja Gorden yang menawarkan layanan pasang roller blind otomatis terpercaya dan amanah. Anda bisa menghubungi layanan ini di 0812 1964 3240 atau email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply