Rel Gorden Bulat

Rel Gorden Bulat – Selain mewarnai dinding dengan warna cat yang cantik buat rumah semakin menarik menggunakan gorden. Dahulu, gorden hanya dimanfaatkan untuk melindungi privasi penghuni rumah atau pengatur cahaya matahari. Tapi sekarang, banyak orang yang memasang gorden untuk alasan keindahan dan seni.

Rel Gorden Bulat

Trik Memasang Gorden Rel Sesuai dengan Modelnya

Jika Anda termasuk satu dari sekian banyak orang yang menggunakan gorden untuk mempercantik rumah. Anda tentu tahu bagaimana cara pasang gorden yang sesuai. Mengingat, model gorden yang tersedia di pasaran sangat beragam bukan hanya satu jenis saja.

  • Gorden Kupu-Kupu

Pada dasarnya, desain atau model gorden yang tersedia di pasaran mengikuti lekukan jendelanya. Contohnya jendela tinggi nan sempit yang cocok dihiasi dengan gorden kupu-kupu. Proses pemasangan gorden kupu-kupu sebenarnya sangat mudah tidak sesulit seperti bayangan Anda. Perhatikan tata caranya di bawah ini:

  • Pasang Penyangga Rel

Teknik pemasangan gorden kupu-kupu yang paling rumit adalah memasang penyangga rel. Jika Anda berhasil pada tahapan ini, Anda bisa memasang gorden kupu-kupu dengan mudah. Pertama-tama, silakan pasang penyangga rel di bagian bawah dan atas jendela. Usahakan penyangga dipasang sejajar atau sama panjangnya dengan kain gorden.

  • Kaitkan dan Ikat Gorden

Setelah penyangga terpasang secara sempurna, selanjutnya kaitkan ujung gorden dengan rel. Pastikan kain gorden tertata dengan rapi dan merata. Terakhir silakan Anda ikat gorden dengan rapat memakai sabuk atau pita hias.

  • Gorden Berponi

Cara memasang rel gorden bulat mungkin terlihat rumit padahal tidak kalah mudahnya dengan pemasangan rel gorden alkan. Terlebih jika rel gorden tersebut sengaja dipersiapkan untuk gorden berponi. Simak langkah pemasangan gorden berponi berikut.

  • Langkah pertama silakan pasang penyangga rel khusus. Setelah relnya siap, ambil gorden berponi untuk dipasang pada batang penyangga.
  • Setelah itu, gantung rel pertama pada penyangga  dan persiapkan rel kedua untuk menggantung poni gorden. Atur tata letak poni gorden agar terlihat seimbang.
  • Gorden Konvensional

Usai memahami dua tutorial pemasangan gorden di atas, tertarikah Anda untuk mengetahui tahapan instalasi gorden biasa? Gorden ini jatuh secara alami menutupi pintu atau jendela tidak ditambah dengan aksesoris gorden tertentu. Ikuti tips pemasangannya di bawah ini:

  • Pertama, silahkan ukur kerangka jendela atau pintu untuk pemasangan rel gorden bulat murah. Rel gorden bulat memiliki tampilan yang lebih elegan dan eksklusif daripada rel kotak.
  • Selanjutnya pasang penyangga di atas jendela atau pintu dan lanjutkan dengan pemasangan kain gorden. Pada proses pemasangan gorden, Anda mungkin membutuhkan batuan ring gorden atau pengait.

Itulah tahapan demi tahapan pemasangan gorden jendela atau pintu berdasarkan pada model gordennya. Ketiganya merupakan model gorden paling umum dan familier di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakannya untuk menghiasi jendela kamar tidur, ruang tamu dan sebagainya.

Jenis Gorden yang Bisa Dipasangkan Ke Rel Gorden Bulat

Dari segi ekonomi, harga rel gorden kotak mungkin jauh lebih terjangkau daripada bentuk bulat. Tapi dari keindahannya, rel gorden bentuk bulat jauh lebih cantik. Modelnya mampu blending dengan konsep atau desain interior yang mewah.

Selain mengenal model-model rel gorden, tidak ada salahnya jika Anda turut mengetahui jenis-jenis gorden jendela berikut ini:

  • Blackout

Ingin mendapatkan privasi tingkat tinggi saat memasang gorden jendela? Atau butuh gorden yang tebal agar terlindungi dari sinar matahari? di pasaran silakan Anda membeli gorden tipe blackout. Kain gorden ini tidak tembus pandang juga mampu meredam  suara dengan baik.

Dari segi kekuatan, kain gorden blackout juga jauh lebih awet karena serat kainnya lebih tebal. Ada baiknya Anda memasang kain gorden blackout pada jendela yang paling sering menerima sinar matahari. Sehingga ruangan tidak terlalu panas ketika memasuki musim panas.

  • Sheer

Kebalikan dari tipe blackout, gorden ini justru tidak mampu menyaring cahaya matahari dengan baik. Teksturnya lebih ringan bahkan terkesan semi transparan. Meski tidak setebal blackout, bukan berarti sheer tidak mampu memberikan ruang privasi bagi penghuni rumah dengan maksimal.  Anda dapat membeli gorden sheer di saat menyambangi tempat jual rel gorden bulat. Minta rekomendasi desain gorden sheer yang cocok dengan konsep interior rumah Anda.

  • Scarves

Bagi Anda yang tertarik dengan desain gorden minimalis dan anti ribet, model gorden scarves bisa menjadi pilihan utama. Berbeda dari gorden pada umumnya, gorden scarves tidak membutuhkan bantuan ring untuk dapat tergantung dengan sempurna di rel penyangga. Anda hanya perlu melilitkan kain gorden sesuai kebutuhan pada batang rel dan membiarkan sisa kainnya jatuh secara alami.

Kain gorden ini sangat lembut bahkan disebut-sebut menyamai kelembutan kain sutera. Di pasaran gorden scarves dijual dengan berbagai pilihan warna mulai dari warna cream, black atau putih.

  • Eyelet

Hampir sama seperti gorden scarves, tipe gorden ini juga tidak membutuhkan pengait. Lantas bagaimana cara mengaitkan kain dengan rel gorden penyangga? Gorden jendela eyelet dibuat dengan tambahan ring besi di bagian atasnya. Anda hanya perlu memasukkan ring gorden eyelet pada batang penyangga.

Gorden ini sangat populer di kalangan ibu rumah tangga. Umumnya dimanfaatkan untuk menghiasi kamar tidur anak atau ruang keluarga. Di pasaran, gorden eyelet ditawarkan dengan desain yang sangat beragam. Mulai dari desain polos hingga bermotif. Beberapa toko bahkan menawarkan gorden eyelet custom bagi pelanggan mereka.

  • Draperies

Harga rel gorden bulat mahal tidaknya tergantung material dan desain yang dimiliki. Jika rel gorden terbuat dari stainless steel otomatis harganya lebih mahal. Meskipun dihargai mahal, rel gorden steel sangat awet dan anti karat. Selain itu, Anda bisa mengimbanginya dengan memasang kain gorden draperies yang cantik.

Kain gorden ini memiliki banyak corak yang unik dan artistik. Tekstur kainnya cukup berat karena ditambahkan dengan akrilik pada lipatannya. Kelebihan utama dari gorden draperies adalah kemampuannya meredam suara dan menghangatkan ruangan.

  • Valances

Dan jenis gorden terakhir adalah gorden valances yakni gorden bertumpuk yang banyak diaplikasikan untuk menambahkan volume pada ruangan. Sebelum membeli produk ini, pastikan Anda telah memiliki komposisi warna yang tepat. Jika tidak mahir memadu padankan motif, cukup pilih gorden valances polos dengan satu atau maksimal dua warna.

Itulah jenis-jenis kain gorden jendela yang banyak difungsikan di rumah tangga maupun gedung perkantoran. Masing-masing kain gorden hadir dengan karakternya tersendiri. Silakan Anda pesan kain sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda memerlukan berbagai jenis gorden beserta rel gorden bulat untuk memasangnya maka bisa mencarinya di Raja Gorden. Kami menyediakan katalog lengkap dengan berbagai gorden menarik untuk kebutuhan berbagai ruangan di rumah Anda. Kami juga menyediakan jasa pemasangannya sehingga Anda tidak perlu repot harus melakukannya sendiri. Segera hubungi kami di nomor 0812 1964 3240 pada hari dan jam kerja.

5/5 - (5 votes)

Tinggalkan Komentar