Rel Gorden Pintu

Rel Gorden Pintu – Gorden baik untuk jendela ataupun pintu tentu saja harus dipasang dengan benar. Karena tujuan utama dipasang gorden adalah meningkatkan keindahan ruangan. Jika dipasang cara yang salah maka tampilan gorden pun tidak enak dilihat.

Rel Gorden Pintu

Tapi masih ada saja orang yang belum mengerti cara pasang gorden pintu dengan benar. Padahal memasang gorden sangatlah mudah apalagi dengan beberapa langkah atau cara di bawah ini, simak.

8 Cara Yang Benar Pasang Gorden Rel Gorden Pintu

  • Mengukur Pintu dan Tirai Gorden

Melakukan pengukuran adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan sebelum memasang gorden. Jika salah ukuran, maka gorden yang dipasang nanti akan terlihat tidak cocok dengan pintu. Maka, jarak terbaik harus ditentukan agar gorden tampak pas dengan ukuran pintu. Lebar pintu juga perlu disesuaikan dengan lebar kain gorden itu sendiri.

Mengukur dengan benar lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli kain yang lebih besar dan nantinya akan mubazir. Waktu yang digunakan juga lebih efisien dan tidak perlu berlama-lama di toko rel gorden pintu murah.

  • Gunakan Kain Lebih Panjang dari Ukuran Pintu

Mengapa kain gorden digunakan harus lebih panjang dari ukuran pintu? Memang benar gorden harus disesuaikan dengan ukuran pintu, jika digunakan tirai lebih panjang sedikit saja maka semua bagian pintu akan tertutup dengan baik. Meskipun begitu, jangan sampai berlebihan panjangnya sebab juga tidak akan tampak bagus. Jangan sampai menyentuh lantai supaya tidak mudah kotor.

Namun untuk hunian bergaya modern, ada juga gorden yang cantik ketika langsung menyentuh lantai. Gaya ini boleh digunakan jika ingin tampak megah dengan hadirnya gorden tersebut. Sedangkan bagi yang ingin kesan romantis, maka tirai gorden yang digunakan lebih panjang 15 ataupun 20 cm dibandingkan penyangga. Panel gorden pun harus cukup lebar sehingga semua akan tertutup saat gorden ditutup.

  • Pemilihan Warna

Pemilihan warna tentu tak boleh dilewatkan sebab berpengaruh pada tampilan pintu rumah. Boleh menggunakan gorden warna cerah yang ukurannya tidak terlalu besar. Sebaiknya tidak menggunakan gorden warna monokrom agar ruangan tidak tambah pengap. Lebih baik gunakan warna putih, peach, pink ataupun warna lembut lainnya.

  • Gunakan Penyangga

Penyangga gorden saat ini hadir dengan beberapa jenis maka memilih penyangga pun harus dipertimbangkan dengan baik. Sebab model gorden harus sesuai dengan konsep gorden itu sendiri, jadi tak boleh memilih asal-asalan. Bentuk pintu  pun menjadi poin penting dalam pemilihan ini.

Sebaiknya gunakan penyangga yang cukup lebar sehingga saat gorden dibuka, bagian tepi gorden hanya menutup bingkai pintu saja. Jadi, jalan masuk tetap terbuka lebar dan tidak mengganggu oleh kehadiran gorden. Mungkin bentuk rel gorden pintu terbaik bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

  • Lubangi Tempat Penyangga

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melubangi dinding tempat penyangga dipasang nantinya. Boleh menggunakan bor listrik sehingga lubangnya tidak terlalu besar. Selain itu, akan lebih kuat dan mudah dilepas nantinya.

Menggunakan bor listrik, membuat tempat penyangga dipasang lebih rapi. Terutama untuk yang baru pertama kali memasang gorden, sebaiknya hindari menggunakan palu untuk membuat lubang. Karena nanti hasilnya kurang rapi bahkan bisa saja merusak dinding.

  • Pemasangan Tirai Gorden

Setelah penyangga berhasil terpasang, selanjutnya pasanglah kain gorden. Sebaiknya dipasang pada posisi yang agak tinggi agar ruangan tampak lebih luas. Hal ini sangat penting diperhatikan terutama untuk ruangan sempit. Jangan menggantung gorden terlalu pendek, tetapi sesuaikan dengan ukuran pintu. Akan lebih indah lagi jika ditambahkan lampu di dekat gorden sebagai pencahayaan.

  • Menggantungkan Gorden

Posisi gorden digantung juga perlu diperhatikan, sebaiknya digantung setengah jalan antara bagian langit-langit dengan bagian atas pintu. Instalasi tangkai besi gorden posisi yang tepat di bawah langit-langit. Gorden pintu yang dipasang lebih tinggi menghasilkan visualisasi ruangan tampak lebih luas dan lebih tinggi. Bahkan gorden yang digantung melebihi frame pintu bagian atas pun tidak masalah.

  • Cek Kerapian dan Kebersihan Gorden

Gorden yang akan  dipasang tentunya dilihat apakah masih ada bagian yang kusut atau tidak. Apakah ada bagian yang kotor atau tidak, hal ini berguna agar gorden cukup sekali pasang.  Jika sebelumnya tidak melihat hal ini kemudian tahu masih kusut setelah dipasang, kan sangat merepotkan harus bongkar lagi. Selain itu, juga perlu tahu bahwa tidak semua kain gorden dapat disetrika sebelum dipasang ke rel gorden pintu minimalis.

Tips Memilih Tirai Gorden Yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Memilih merupakan hal yang selalu dilakukan dalam hidup termasuk memilih gorden. Pasalnya tidak semua gorden cocok dipasang di ruangan dan adanya pilihan warna serta motif mengharuskan seseorang sebelum membeli.

  • Sesuaikan dengan Tema Ruangan

Gorden yang dipilih tentunya harus disesuaikan dengan tema ruangan agar ketika dilihat nantinya selaras. Jika salah pilih warna atau motif maka ruangan tidak enak dilihat dan tidak nyaman digunakan.

Gorden bermotif kecil-kecil serta warna cerah ataupun natural akan lebih cocok untuk hunian bergaya minimalis. Karena selain natural, hunian minimalis lebih kental dengan nuansa sederhana. Meskipun begitu, saat ini sudah ada gorden simpel tetapi tetal kekinian. Berbeda lagi untuk hunian bergaya klasik maka penggunaan gorden motif renda berbunga adalah pilihan yang sangat direkomendasikan.

  • Tentukan letak gorden

Letak gorden pun perlu diperhatikan tentunya dengan tetap mempertimbangkan point of interest. Tujuan utama gorden digunakan untuk menambah daya tarik ruangan sehingga letak gorden pun harus mampu mendukung hal ini. Jangan sampai akibat penggunaan gorden malah membuat ruangan menjadi tidak menarik.

  • Memilih Warna Gorden

Pemilihan warna akan lebih baik jika disesuaikan dengan warna dinding ruangan serta warna furniture. Misalnya, mencocokkan warna gorden dengan warna sofa. Menggunakan warna yang selaras membuat tampilan ruangan lebih cantik dan lebih menyatu.

Coba bayangkan jika sofa berwarna biru cerah, kemudian gorden berwarna kuning tentu tidak selaras dan terjadi tabrakan warna. Bukan membuat ruangan lebih sejuk malah menjadi semakin ramai dan lebih panas. Agar tidak berlama-lama di toko gorden, coba cek dulu pilihan warna rel gorden pintu online. Supaya lebih mudah memilih warna gorden.

  • Pemilihan Tipe Gorden

Ada dua tipe gorden secara umum yaitu tirai dekoratif dan tirai full operate. Tirai tipe dekoratif ini tidak perlu dibuka tutup seperti gorden sheer. Berbeda dengan tirai full operate dimana penggunaannya perlu dibuka dan ditutup. Banyak sebenarnya sub tipe dari gorden akan lebih mudah mengetahui dengan langsung berkunjung ke toko gorden itu sendiri.

Kalau Anda bingung ingin memilih gorden yang mana dan seperti apa, maka bisa konsultasikan dengan kami Raja Gorden. Kami juga menawarkan jasa pasang rel gorden pintu terbaik untuk Anda. Hubungi saja nomor kontak kami berikut ini: 0812 1964 3240.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button