Gelang Rel Gorden

Gelang Rel Gorden – Gorden yang berukuran cukup besar dengan bahan yang berat membutuhkan banyak tenaga jika harus mencuci sendiri. Sehingga ada orang yang terkadang malas mencucinya, padahal harus dibersihkan selama 3 atau 6 bulan sekali.

Gelang Rel Gorden

Cara Mencuci dan Menyetrika Gorden setelah Dilepas dari Gelang Rel Gorden

Mencuci kain gorden tentunya tak boleh sembarangan, bukan seperti mencuci baju. Begitu juga jika hendak menyetrika, sebaiknya ikuti panduan berikut.

  • Ketahui Material Gorden

Tidak semua kain gorden bisa dicuci dengan mesin cuci untuk menjaga keawetan serat kain. Jika bahan kain gorden dari katun, satin ataupun polyester maka boleh saja mencuci dengan mesin cuci. Tetapi  untuk kain gorden yang lebih tebal dan berat seperti bahan Organza ataupun beludru dibutuhkan cara khusus jika menggunakan mesin cuci. Jika memang ada label perawatan yang  tersemat di gorden, ikuti petunjuk tersebut. Tetapi ada juga sebagian yang tidak dilengkapi label perawatan sehingga harus berhati-hati akan membawa ke jasa laundry. Boleh saja tanya pada penjual di toko gorden tentang cara merawatnya sebelum membawa pulang ke rumah.

  • Menghilangkan Noda

Gorden yang akan dimasukkan ke mesin cuci harus sudah bersih dari noda apa pun. Jadi, ketika melihat ada noda, bersihkan noda tersebut dulu jangan langsung masukkan ke mesin cuci. Misalnya ada noda makanan ataupun jejak tangan, maka bisa langsung mencucinya menggunakan detergen. Sedangkan untuk noda membandel, oleskan detergen pada noda dan diamkan kurang lebih setengah jam. Kemudian angkat dan kucek sampai noda tersebut menghilang. Gorden yang dicuci harus dilepas dulu dari gelang rel gorden terbaik.

  • Menggunakan Mesin Cuci

Jika mencuci gorden di rumah menggunakan mesin cuci sendiri, jangan lupa aktifkan fungsi pre wash atau pra cuci. Ini adalah fitur yang merendam kain tanpa menggunakan detergen. Fungsinya untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel di kain gorden sebelum lanjut ke proses mencuci. Pre wash juga berguna untuk memastikan hasil cucian lebih bersih dan membuat proses pencucian lebih ringan.

Setelah selesai pre wash, maka proses pencucian akan dilanjutkan dengan pengaturan putaran delicate. Ini berguna agar serat kain gorden tetap terjaga dengan baik sehingga tetap awet gorden setelah dicuci. Jangan lupa, detergen yang digunakan harus sesuai dengan mesin cuci dan memang aman untuk gorden. Mesin cuci bukaan atas sebaiknya gunakan detergen  yang memiliki busa banyak, sedangkan untuk mesin cuci buka depan, gunakan detergen yang lebih sedikit tingkat deterjensi busa.

  • Cara Setrika Gorden

Jika mesin cuci lengkap dengan pengaturan anti kusut, sangat bagus. Karena untuk kain tertentu tidak perlu menyetrika lagi. Jika tidak ingin kain gorden kusut berlebihan, maka saat memasukkan ke dalam mesin cuci maksimal 2 lembar saja. Jangan mencampur dengan seprai ataupun karpet. Hal ini membuat ruang gerak lebih banyak pada gorden sehingga kusutnya bisa berkurang. Boleh saja gunakan detergen yang dilengkapi formula anti kusut atau mengandung pelembut. Untuk gelang rel gorden murah jika ingin membelinya juga harus perhatikan kualitasnya.

Namun, jika memang ada bagian kain gorden yang masih kusut, boleh disetrika saja. Buatlah setrika dengan panas tingkat sedang agar tidak merusak serat kain gorden. Lipatlah kain gorden menjadi beberapa bagian, kemudian setrika per bagian yang sudah dilipat tersebut. Boleh juga menyetrika secara pelan-pelan dari bawah ke atas.

Macam-Macam Pilihan Gorden untuk Kamar Minimalis

Memilih gorden untuk rumah konsep minimalis memang bukan perkara yang terlalu mudah. Karena harus tahu gorden yang bagaimana yang cocok digunakan. Apalagi untuk kamar yang memiliki jendela besar. Tetapi jangan bingung, berikut ada beberapa pilihan.

  • Gorden Warna Senada

Umumnya, untuk rumah minimalis digunakan pilihan warna gorden yang senada dengan furnitur. Maka, sesuaikan juga dengan furnitur kamar. Sehingga kesannya lebih harmonis, tetap nyaman dan elegan.

  • Memilih Warna Pastel

Juga salah satu warna yang sering digunakan untuk gorden rumah minimalis. Maka, coba gunakan juga untuk kamar agar kesan yang diberikan lembut tetapi tetap ceria. Meskipun begitu, kesanya juga tidak berlebihan, cocok untuk yang suka sederhana. Cocok digunakan untuk kamar anak-anak ataupun kamar orang dewasa. Gorden warna pastel juga sangat indah jika dipasang pada rel gorden. Jangan lupa memilih yang paling bagus, untuk harga gelang rel gorden pasti sesuai kualitas dan mereknya.

  • Gorden Full Menutup Dinding

Boleh saja menggunakan gorden yang menutupi satu dinding penuh. Misalnya dipasang pas di plafon atap ruangan kamar. Sehingga tampaknya jendela lebih luas. Bagi kamar yang jendelanya sangat besar, gorden seperti ini sangat disarankan. Privasi pun lebih terjaga, pemilik ruangan kamar merasa lebih aman dari pandangan luar.

  • Gorden Dua Lapis

Gorden dua lapis sudah banyak sekali digunakan di jendela ruang tamu. Namun, juga tidak masalah jika digunakan di jendela kamar. Lapisan lebih tebal untuk bagian luar, sedangkan yang tipis untuk lapisan dalam. Sangat cocok untuk rumah minimalis dengan efek dramatis yang cukup terasa. Cahaya tetap bisa dengan mudah masuk ke ruangan melalui lapisan tipis sehingga ruangan tetap terang dan bersih. Bahkan gorden seperti ini sering digunakan di hotel  untuk menjaga kenyamanan pengunjung.

  • Gorden Valances

Ini adalah gorden yang ada tipe rumbai ataupun poni di bagian atasnya.  Juga sangat cocok untuk kamar minimalis meningkatkan nilai estetika dan cukup menarik saat dipandang. Sudah banyak pengguna di berbagai daerah memang sangat sesuai dengan karakter ruangan minimalis.  Jika ingin memilih yang banyak variannya boleh saja langsung kunjungi toko jual gelang rel gorden.

Sehingga jika bingung menentukan pilihan boleh meminta bantuan kepada penjual. Pasti akan dibantu, tidak mungkin penjual memberi kualitas buruk untuk konsumen.

Nah, itulah cara mencuci dan menyetrika gorden. Jadi, ketika gorden kotor jangan langsung dimasukkan ke mesin cuci seperti mencuci baju. Karena kain gorden sendiri beda perawatannya dengan baju. Juga melihat detergen yang digunakan agar tidak merusak serat kain. Memang tak boleh sembarangan, apalagi jika gorden dibeli dengan harga yang sangat mahal. Rusak sedikit akan sangat mempengaruhi estetika ruangan. Karena memang sudah menjadi fungsi gorden itu sendiri untuk membuat ruangan tampak indah, sehingga jika sedikit saja rusak pasti semuanya tidak enak lagi dilihat.

  • Gunakan Gelang Rel

Saat menggunakan gorden tentunya Anda juga akan menggunakan rel gorden. Jika memang diperlukan bisa ditambah dengan aksesoris gelang rel. Aksesoris ini akan membuat gorden terlihat lebih cantik dan menawan.

Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan gelang rel gorden dari Raja Gorden. Kami menyediakan berbagai pilihan model yang bisa disesuaikan dengan goden yang sudah dipilih. Tersedia berbagai opsi terlengkap di katalog kami yang bisa Anda pilih. Hubungi kami di nomor 0812 1964 3240 untuk berkonsultasi.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button