Berapa Ukuran Gorden Pintu Kamar?

Berapa Ukuran Gorden Pintu Kamar  – Tirai dikenal sebagai penutup jendela, namun sebenarnya gorden juga dipasang di pintu kamar. Salah satunya pintu kamar tidur, yang lebih dikenal dengan sebutan portiere.

Berapa Ukuran Gorden Pintu Kamar

Mengetahui Berapa Ukuran Gorden Pintu Kamar Dan Tips Memasangnya

  • Melakukan Pengukuran

Ukuran pintu merupakan poin pertama yang wajib diketahui sebelum membeli gorden. Jika tidak diukur dengan benar, besar kemungkinan pemasangan gorden tidak cocok dengan pintu kamar. Maka, penting untuk mengetahui jarak terbaik agar gorden pas di pintu.

Lebar pintu harus sesuai dengan lebar kain gorden yang akan digunakan. Boleh juga melebihkan beberapa sentimeter jika ingin memasang tirai bergelombang. Ukur juga tinggi atau panjang pintu. Hal ini menyesuaikan dengan keinginan Anda tentang gorden menyapu lantai atau tidak.

  • Menggunakan Kain yang Lebih Panjang dari Ukuran Pintu

Boleh saja menggunakan kain yang panjangnya menyentuh lantai. Tetapi, jangan berlebihan agar tidak mudah kotor. Karena itu, perhitungan berapa ukuran gorden pintu kamar dengan teliti penting sekali. Pemilihan ini juga disesuaikan dengan gaya desain interior ruangan.

Rumah dengan desain interior klasik lebih cocok memasang gorden pintu sampai menyentuh lantai. Tampilan ini memberi kesan lebih megah dan mewah. Namun, jika ingin lebih romantis biarkan tirai lebih panjang sekitar 15 cm dari penyangganya.

  • Memilih Warna

Selain ukuran, warna dan motif kain juga mempengaruhi estetika pintu kamar. Biasanya, gorden pintu sering disamakan atau senada dengan gorden jendela. Apalagi jika kamar tidur berada dekat dengan ruang tamu.

Meskipun begitu, jika ukuran pintu kamar terlalu besar hindari menggunakan gorden motif monokrom. Motif penuh seperti ini membuat kesan pengap pada pintu dan ruangan. Masih banyak warna lain yang lebih cocok, contohnya putih, peach dan dusty pink.

  • Memilih Penyangga

Penyangga untuk gorden pintu ada beberapa variasi, sekarang ini lebih banyak dipakai bulat panjang. Model ini pun tak boleh dipilih sembarangan sebab harus menyesuaikan dengan desain gorden serta bentuk pintu kamar.

Ukuran penyangga lebih lebar sangat disarankan, agar ketika gorden dibuka tepi bagian dalam gorden hanya menutupi bingkai pintu. Oleh karena itu, carilah referensi tentang macam-macam penyangga supaya mudah menentukan jenis dan model yang sesuai.

  • Melubangi Dinding Tempat Penyangga

Ukuran gorden harus disesuaikan dengan panjang penyangga. Seberapa panjang penyangga menyesuaikan dengan lubang yang dibuat di dinding. Pembuatan lubang bisa dilakukan menggunakan bor untuk menghasilkan lubang kecil dan kuat.

Lebih bagus hasilnya dengan bor listrik, lubang rapi tanpa merusak dinding. Penyangga biasanya lebih panjang ukurannya daripada lebar pintu. Lebar gorden pun lebih besar dari penyangga untuk gorden bergelombang. Namun, Anda dapat memilih modelnya sesuai selera.

  • Memasang Kain Gorden Pintu

Setelah penyangga terpasang kuat, barulah lanjut memasang tirai. Sebaiknya dipasang pada posisi yang lebih tinggi untuk memberikan kesan ruangan lebih luas. Hal ini wajib dicoba bagi hunian dengan ruangan sempit.

Kesalahan dalam memasang gorden pintu adalah ukuran gorden yang terlalu pendek. Meskipun harus lebih tinggi,  bukan berarti memilih gorden pendek. Makanya, telitilah dalam menghitung berapa ukuran gorden pintu kamar. Agar tampilannya semakin sempurna, cobalah meletakkan lampu di dekat gorden untuk pencahayaan.

  • Menggantung Gorden dengan Benar

Gorden pintu harus digantung dengan benar. Idealnya, digantung setengah jarak antara kusen atas pintu dengan langit-langit, boleh juga lebih tinggi. Makanya, penyangga gorden harus dipasang  di bawah langit-langit.

Pemasangan gorden lebih tinggi daripada kusen pintu berguna untuk menutupi atau menyembunyikan tampilan kusen. Jadi, yang dilihat adalah kain gordennya sebagai pusat perhatian utama. Ruangan tampak lebih tinggi dan luas serta tidak pengap. Jadi, tidak masalah memasang melebihi kusen pintu bagian atas.

Berapa Ukuran Gorden Pintu

7 Inspirasi Model Gorden Pintu Untuk Mempercantik Ruangan

  • Abu-Abu Sederhana

Tirai abu-abu sederhana bisa dicoba pasangkan di pintu kamar tidur. Pilihan ini membuat suasana nyaman yang cocok sekali untuk bersantai setelah lelah seharian. Apalagi jika dinding kamar di cat putih atau warna pastel terang.

Sangat selaras dengan tema ruangan serba putih. Tidak hanya itu, sebab gorden yang sederhana ini tampak elegan pada ruangan kamar. Tanpa banyak hiasan, hanya dilengkapi penyangga coklat kayu  dan model tirai ring.

  • Tirai Groovy Cerah

Tirai cocok diaplikasi pada pintu ruangan yang berbatasan dengan dapur. Jadi, untuk menghalangi pandangan tentang apa saja yang terdapat di dapur. Penggunaan warna cerah seperti kuning bermotif menjadi pilihan terbaik selama dinding ruangan dicat warna netral.

Fungsi gorden untuk menyamarkan elemen lain di dapur. Tidak hanya cantik, kuning cerah mampu memberikan warna secara keseluruhan pada ruangan. Pola groovy merupakan pilihan model motif yang sangat disarankan.

  • Krem untuk Pintu Balkon

Jika kamar tidur Anda berbatasan dengan balkon, pintu ini pun penting sekali dilengkapi tirai. Berfungsi sebagai pemisah antara luar dan dalam ruangan yang sangat bemanfaat di siang maupun malam hari yang dingin.

Memilih gorden warna terang, lebih mudah senada dengan palet warna putih dalam ruangan. Akses ke area balkon tidak terhambat, sebab gorden ini bisa digeser sesuka hati untuk membuka dan menutup. Gorden warna krem sangat serasi dengan lantai kayu.

  • Tirai Pastel untuk Pintu Ruang Kerja

Ruang kerja pasti memiliki pintu, sehingga perlu dipasang gorden untuk meningkatkan estetika ruangan. Apalagi jika ruang tersebut dikunjungi oleh orang yang berkaitan dengan bisnis. Karenanya, tampilan pun harus lebih elegan dan nyaman.

Jika ruangan menggunakan lantai kayu dan dinding ruangan cerah, maka pilihan gorden pastel bisa dicoba. Contohnya tirai pink atau putih polos untuk memunculkan suasana lebih layak pada ruangan. Model gorden yang dapat dilipat sangat cocok untuk pintu ruang kerja.

  • Motif Warna Warni untuk Pintu Kamar Mandi

Pintu kamar mandi pun perlu dipasang gorden. Berapa ukuran gorden pintu kamar mandi disesuaikan dengan lebar dan panjang kusen. Sentuhan dekorasi menyenangkan lebih bagus dibandingkan tidak memakai gorden sama sekali. Motif gorden warna-warni sangat cocok agar suasana lebih segar dan ceria.

Banyak sekali pilihan gorden bermotif sekarang ini. Warnanya bisa menyesuaikan keseluruhan desain interior ruangan. Palet warna lembut sering dipilih karena lebih mudah dalam mendekorasinya.

  • Gorden Tali

Gorden tali yang cukup tipis dan menerawang sering dipasang sebagai pemisah antar ruangan. Kerap digunakan warna putih atau broken white karena cocok dipadukan dengan berbagai warna lain dinding ruangan.

Fungsi gorden tali layaknya sebuah pintu, hanya saja masih tampak apa elemen atau furniture apa saja di kedua ruangan. Umumnya, gorden tali terbuat dari material poliester. Ruangan luas yang ingin dibagi menjadi dua bagian, sangat bagus memasang gorden ini.

  • Tirai Lubang

Model gorden ini yang banyak sekali diterapkan di hunian sekarang ini. Modelnya cukup sederhana, tetapi tampak elegan dari pemasangan ring atau lubang. Jadi, ring ini dipasang pada penyangga, guna memudahkan saat menggeser kain.

Itulah beberapa inspirasi gorden yang bisa digunakan untuk pintu berbagai ruangan. Berapa ukuran gorden pintu kamar harus disesuaikan dengan luas dan panjang pintu.  Jika ingin membeli gordenya bisa melalui Raja Gorden yang menyediakan gorden terbaik. Segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply