Berapa Ukuran Wallpaper Dinding?

Berapa Ukuran Wallpaper Dinding – Menggunakan wallpaper dinilai lebih praktis dibandingkan mengecat. Pemasangannya juga sangat mudah dan merekat dengan baik. Supaya tidak boros, lebih bagus beli ukuran wallpaper sesuai kebutuhan.

Berapa Ukuran Wallpaper Dinding

Berapa Ukuran Wallpaper Dinding? Ukurannya Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Dengan Tips Berikut

  • Wallpaper dalam Bentuk Roll

Umumnya, ukuran lebar roll di pasaran yaitu 50 cm dan 93 cm. Sedangkan pilihan panjang ada 5m atau 10m hingga 17,5m. Anda harus tahu kira-kira berapa banyak gulungan yang dibeli supaya tidak kekurangan atau kelebihan nantinya.

Sangat mudah menghitungnya menggunakan rumus luas satu sisi dari dinding = (pxt)– (luas dari jendela maupun pintu yang ada di dinding). Jadi, setiap dinding yang ingin dipasang wallpaper harus diukur terlebih dahulu.

  • Memasang pada Seluruh Dinding

Rumus di atas untuk memasang pada salah satu dinding saja. Namun, jika ingin memasang pada semua sisi dinding ruangan dapat menggunakan rumus, luas dinding pada ruangan = (keliling dari ruangan dikalikan tinggi dari ruangan) dikurangi luas dari jendela maupun pintu yang ada.

Setelah tahu luas dinding di ruangan tersebut, lebih mudah bagi Anda menentukan berapa roll dibutuhkan wallpaper untuk melapisi dinding. Caranya yaitu luas dari dinding dibagi luas dari lembar wallpaper.

Cara Menghitung Jumlah Wallpaper untuk Dinding Kamar 3×3

Menghitung berapa ukuran wallpaper dinding sebenarnya sangat mudah dan cepat. Akan lebih mudah dipahami jika disertai contohnya sebagai berikut ini. Misalnya, Anda ingin membeli wallpaper ukuran 50 cm x 10 cm untuk kamar 3 x 3 dengan tinggi plafon 3 meter, inilah cara perhitungannya.

  • Volume 4 sisi dinding kamar
  • Lebar x tinggi x sisi = 3 x 3 x 4 = 36 m2
  • Perhitungan luas kamar 3×3 dan tinggi 3 meter

Luas wallpaper per roll adalah ukuran 50 x 10 cm

  • Panjang wallpaper  x lebar wallpaper
  • 5 meter persegi
  • 10 meter x 0,5 meter

Wallpaper yang dibutuhkan untuk kamar 3×3 yaitu :

Volume kamar : luas bidang 1 roll

= 36 m2 : 5 m

Jadi, wallpaper yang dibutuhkan yaitu sebanyak 7,2 roll.

Namun, jika dikamar tersebut ada jendela. Maka, jumlah yang dibeli sebaiknya dikurangi dengan volume jendela. Mengetahui jumlah seperti ini membuat penggunaan lebih efisien dan tidak banyak terbuang.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

  • Motif Sesuai Keinginan

Motif  wallpaper yang dijual di pasaran memiliki banyak sekali pilihan motif. Karena itu, bisa Anda kreasikan sendiri untuk ruangan di rumah. Misalnya, motif di ruang tamu berbeda dengan motif yang di dapur.

Tersedia motif monokrom, kotak, lingkaran, abstrak, floral, daun, tumbuhan, batu-bata, eart tone dan lainnya. Sebelum membeli, bisa mencari referensi motif di internet atau majalah terlebih dulu supaya mendapat inspirasi.

  • Perpaduan Warna Menarik

Warna wallpaper ada yang polos dan colorful. Pilihlah warna dan cari tahu berapa ukuran wallpaper dinding  dengan luas dinding yang sesuai dengan kebutuhan ruangan. Mudah bagi Anda untuk mengkombinasikan antara cat dengan wallpaper di semua ruangan.

Jika kombinasi warna yang diinginkan tidak dijual di pasaran, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan wallpaper guna mengkreasikan sendiri. Ruangan lebih menarik dan hidup dibandingkan yang tidak ditempelkan wallpaper.

  • Menggunakan Jasa Desain

Menggunakan jasa desain bisa membantu memasang wallpaper. Bahkan di sini Anda dapat memilih untuk menggunakan motif bold atau minimalis. Gunakan sesuai kenyamanan diri sendiri, tidak melulu harus yang heboh atau mencolok mata.

Semua pilihan pastinya kembali lagi dengan selera dan karakter yang ingin ditampilkan melalui pemasangan wallpaper. Kesan minimalis, mewah, shabby chic, homey dan lainnya bisa dimiliki pada sebuah ruangan dengan motif yang tepat.

  • Membangun Personal Branding

Merasa ruangan di rumah tidak nyaman dan selalu mengundang komentar semua orang yang datang berkunjung? Karena itu, coba pasang wallpaper untuk membangun personal branding kepada tamu yang datang.

Tamu akan menerka alasan Anda memilih motif dan warna wallpaper tersebut, sebab di pasaran masih banyak model lain dijual. Motif yang dipilih menampilkan selera dan karakter diri sehingga orang lebih mudah mengenal Anda.

Keuntungan Menggunakan Wallpaper untuk Kamar

  • Sebagai Sumber Inspirasi

Berada di ruangan polos membuat sebagian orang sering mengalami kebuntutan ide. Jika dipasang wallpaper, maka Anda bisa memandang motif dan perpaduan warnanya. Desain yang terpampang disana bisa memberikan inspirasi saat kehabisan ide.

Gambar desain yang setiap hari dilihat juga mempengaruhi mood. Karena itu, penting sekali memilih sesuai motif favorit. Supaya saat sedang badmood, memandang wallpaper membuat suasana hati membaik.

  • Cocok untuk Ruangan Sempit

Wallpaper cocok dipasang di ruangan sempit, berbentuk aneh dan tidak konvensional. Desain motifnya mampu menyulap ruangan menjadi lebih menakjubkan. Karena hal ini, ada perbedaan sangat besar pada dinding yang ditempelkan wallpaper dengan dinding cat.

Jumlah roll wallpaper dibutuhkan tidak banyak karena luas dinding kecil. Artinya, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan ruangan nyaman dan idaman. Jika di ruangan tersebut memiliki banyak furniture, pilihlah motif tidak terlalu ramai.

  • Pilihan Terbaik untuk Ruangan Besar

Ruangan besar juga semakin menarik saat dipasang wallpaper. Bayangkan saja jika semua sisi dinding hanya dicat polos begitu saja. Meskipun tidak terlalu monoton, tetapi kesannya seperti ada yang kurang dan masih belum sempurna.

Makanya, untuk menyempurnakan interior ruangan Anda, pasangkan wallpaper. Mendekorasi ruangan besar sangat mudah karena semua motif dan warna wallpaper cocok ditempelkan. Bahkan menggunakan motif ramai pun tidak membuat ruangan terlihat sempit.

  • Mudah Pemasangannya

Alasan berikutnya kenapa harus pasang wallpaper di kamar adalah karena memasangnya sangat mudah. Cari tahu berapa ukuran wallpaper dinding standar agar tidak kebesaran atau kekecilan sehingga tidak butuh waktu lama. Namun, jika belum terbiasa, dapat menggunakan jasa pemasangan berpengalaman.

Bukalah kertas perekat di belakang wallpaper, kemudian langsung tempelkan di permukaan dinding. Tekan dengan kuat supaya bisa merekat dengan baik. Pastikan dipasang di permukaan licin supaya tidak mudah terkelupas dan bertahan lama.

  • Murah

Wallpaper dijual di pasaran dengan harga sangat terjangkau per roll. Untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan, perlu menghitung kebutuhan roll pada setiap sisi dinding yang ingin dipasang wallpaper.

Semakin luas dinding maka semakin banyak wallpaper dibutuhkan. Meskipun murah, tetapi mampu bertahan lama di permukaan dinding. Karena itu, sekarang ini banyak orang memilih menempelkan wallpaper dibandingkan mengecat.

  •  Perawatan Mudah

Wallpaper tidak membutuhkan perawatan mahal agar awet. Anda hanya perlu membersihkan debu secara rutin saja, jangan biarkan menumpuk. Wallpaper bahan kertas sangat mudah merawatnya menggunakan kemoceng.

Jika ada kotoran membandel, bisa menggunakan sedikit air sabun dan kain lembab untuk membersihkannya. Tidak mengeluarkan banyak biaya karena bisa dikerjakan sendiri. Bahkan sekarang ini ada wallpaper berbahan vinyl yang bisa terkena air.

Jangan lupa untuk cari tahu berapa ukuran wallpaper dinding yang diperlukan sebelum memasangnya. Ada rumus yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah wallpaper supaya lebih mudah proses perhitungannya. Hasil dari rumus itu nantinya sebagai patokan jumlah roll yang harus dibeli. Raja Gorden menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

post

Leave a Reply