Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit – Ruangan sempit menjadi tantangan tersendiri untuk pemilihan wallpapernya. Jika salah memilih warna ataupun motif jelas akan membuat ruangannya semakin sempit. Anda perlu mempertimbangkannya juga dengan banyaknya perabot yang ada di dalam ruangannya. Dengan begitu keselarasan dalam ruangannya tetap terjaga baik.

Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit Untuk Pemula

  • Sesuaikan dengan ruangannya

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih bahan wallpaper dinding sesuai keperluan ruangannya. Anda harus mengenali terlebih dahulu ruangannya apakah dingin atau panas.

Jika ruangannya dingin lebih baik yang memberikan kehangatan dan menyerap cahaya lebih baik. Namun jika ruangannya panas maka bisa menggunakan warna gelap saja untuk memberikan kesejukan di dalamnya.

Selain itu juga harus memperhatikan tipe pencahayaan yang digunakan. Ruangan yang sudah gelap bisa dibantu dengan pemilihan bahan wallpaper tipis dengan warna terang saja. Sementara untuk ruangan yang terlalu terang cocok juga menggunakan wallpaper tipis maupun tebal untuk mengurangi kadar cahayanya.

  • Jangan terlalu mencolok

Hal berikutnya dalam tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit terbaru adalah hindari pemilihan walapaper mencolok. Lebih baik memilih wallpaper yang senada dengan semua perabot dalam ruangannya.

Warna yang senada ini membuat ruangan terlihat lebih seragam dan estetik. Sementara warna yang berbeda dari satu perabot dengan lainnya akan menyusahkan dalam proses penataannya.

Warna yang mencolok juga membuat ruangan menjadi aneh untuk dilihat. Jika bingung memilih warna wallpaper rekomendasi yang tepat adalah menggunakan warna pastel atau netral. Warna-warna ini bisa membuat ruangan lebih adem dan bisa menyatu dengan perabot dalam ruangannya.

  • Samakan dengan perabot

Hal selanjutnya untuk memilih wallpaper adalah sesuaikan dengan yang senada dengan perabot ruangannya. Cara ini bisa dipakai untuk Anda yang terlanjur mengisi ruangannya dengan perabot terlebih dahulu.

Jadi wallpaper dindingnya harus menyesuaikan dengan warna perabotnya. Sebagai contohnya perabot menggunakan warna cokelat maka wallpapernya bisa menggunakan warna putih dengan motif cokelat.

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah wallpaper dinding dengan warna cokelat muda. Dengan begitu dalam ruangannya akan memberikan warna gradasi yang menarik untuk diperhatikan. Ruangannya juga terlihat lebih kalem apalagi dipadukan dengan perabot dari kayu.

  • Hindari sambungan

Hal keempat yang bisa diperhatikan adalah jangan sampai menggunakan tipe wallpaper sambungan. Anda harus mengukur dengan benar jumlah lembaran wallpaper yang akan digunakan.

Sambungan untuk wallpaper ini membuat motifnya tidak tersambung dengan sempurna. Jadi ketika membeli wallpaper dinding pastikan membeli ukurannya yang dilebihkan agar tidak sampai kurang.

Namun jika terpaksa menggunakan sambungan perhatikan dengan seksama cara menyambungnya. Anda harus mengakhirinya dengan motif yang rata dan utuh. Motif akhiran yang tidak utuh akan mempersulit proses melakukan sambungan.

  • Warna soft dan motif garis

Untuk tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit terpercaya keempat adalah memilih warna soft dengan motif garis. Warna ini mampu memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari ukuran aslinya. Sementara motif garis juga memberikan sentuhan yang menarik untuk ruangan. Bisa menjadi alternatif menarik untuk pengurangan perabot dalam ruangan minimalis.

Warna ini memang cenderung lebih mudah kotor namun memberikan sisi estetik yang lebih baik. Padukan dengan perabot dengan warna soft juga agar lebih menarik untuk dilihat. Warna-warna ini akan mudah menyatu dari pada tipe warna lain atau yang lebih gelap.

Rekomendasi Motif Wallpaper untuk Ruangan Sempit

Setelah mengenal tips memilih untuk ruangan sempit bagi wallpapernya, Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi motif yang sudah ada. Adapun referensi motif yang bisa digunakan ada di bawah ini:

  • Metalik

Jika tipe ruangan yang akan ditempel wallpaper adalah terang maka motif metalik cocok untuk digunakan. Metalik memberikan kesan yang lebih hidup dalam ruangan, motif ini juga mampu meningkatkan pencahayaan dalam ruangan. Motif ini cocok untuk Anda yang suka bentuk minimalis dengan paduan emas yang mewah di dalamnya.

  • Geometrik

Lebih mengutamakan ukuran ruangan agar lebih luas tentu tidak menjadi masalah. Anda bisa menggunakan motif Geometrik. Motif ini tidak terlalu banyak menggunakan komponen di dalamnya sehingga tidak akan ramai untuk digunakan. Warna yang banyak dipakai untuk motif ini adalah abu-abu, hitam dan putih. Sementara warna utama yang digunakan lebih ke warna netral saja.

  • Permainan tekstur

Tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit termudah berikutnya adalah menggunakan permainan tekstur. Saat ini wallpaper dinding ada yang menggunakan tekstur halus ataupun kasar.

Anda bisa memilih salah satunya sesuai keperluan dinding yang diinginkan. Tekstur yang kasar lebih cocok untuk memberikan sentuhan pada dinding yang terlalu polos. Sementara untuk wallpaper halus bisa digunakan untuk sebagian dinding saja.

  • Warna terang dan pola minimalis

Motif yang cocok untuk ruangan sempit adalah menggunakan warna terang dengan pola minimalis. Ruangan minimalis membutuhkan sentuhan yang lebih terang untuk membuat ruangannya menjadi lebih luas.

Selain itu permainan pola juga menentukan tingkat keluasan dari ruangannya. Anda bisa memadukan warna terang dengan pola yang minimalis untuk menambah keestetikaan dalam ruangan.

  • Sederhana

Tips penting memilih motif ruangan kecil adalah memperhatikan kesederhanaan dalam motifnya. Motif yang lebih sederhana harus diutamakan untuk membuat ruangan terlihat lebih longgar.

Motif yang sederhana juga memberikan sisi keeleganan lebih baik saat digunakan. Intinya semakin sederhana maka semakin cantik untuk ruangan yang kecil. Anda bisa melihat beberapa referensi penggunaan wallpaper simpel untuk ruangan yang sempit.

  • Vertical garis

Motif selanjutnya yang bisa dipakai untuk ruangan kecil adalah vertical dengan bentuk garis. Arah vertical ini mampu memberikan kesan ruangan yang lebih longgar untuk digunakan.

Sementara arah horizontal justru membuat ruangannya menjadi lebih sempit dari ukuran aslinya. Jadi jangan sampai salah memilih arah garis untuk mendapatkan kesan ruangan yang diinginkan.

  • Garis besar

Motif dengan ukuran lebih besar membuat ruangan tidak terlalu ramai. Direkomendasikan menghindari motif apalagi bentuk garis yang kecil agar tidak terlalu ramai dalam ruangannya. Garis besar ini bisa dipadukan dengan warna-warna netral saja untuk menghindari bentrok pada setiap komponen di dalamnya.

  • Gelombang

Untuk Anda yang bosan dengan motif garis biasa bisa menggunakan tipe gelombang. Gelombang ini memberikan kesan yang lebih tenang dalam ruangannya sehingga bisa membuatnya lebih nyaman.

Gelombangnya juga jangan yang kecil-kecil dan pastikan warnanya menyatu dengan seluruh perabot dalam ruangannya. Pilih tipe gelombang arah vertikal untuk memberikan suasana lebih menarik untuk dinikmati. Anda bisa memakai warna biru mudah untuk membuatnya lebih segar.

Dalam menggunakan tips memilih wallpaper dinding untuk ruangan sempit ini Anda juga harus mempertimbangkan selera penggunaannya. Ketika sudah bagus namun tidak sesuai dengan keinginan tentu tidak akan membuat nyaman untuk digunakan. Aspek keselarasan dan kesesuaiannya juga harus diperhatikan. Raja Gorden juga menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Tinggalkan Komentar