Harga Gorden Bludru

Harga Gorden Bludru – Gorden memang memiliki banyak sekali jenis yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari warna, corak, modelnya, sampai jenis kain yang digunakannya. Pemilihan kain untuk gorden biasanya berbeda dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Perbedaan jenis kain tersebut biasanya juga berdasarkan fungsi bahkan kesan yang ingin ditampilkan dalam sebuah ruangan.

Harga Gorden Bludru

Misalnya penggunaan kain transparan yang berfungsi menerima sinar matahari agar dengan mudah masuk ke dalam rumah atau kain blackout yang menahan agar sama sekali tidak ada sinar matahari yang masuk. Kedua jenis kain tersebut memiliki fungsi yang baik dalam mengatur atau menahan sinar matahari. Sedangkan kain dengan bahan silk, velvet atau bahan yang lain biasanya berfungsi sebagai dekorasi atau keindahan ruangan. Salah satu contohnya adalah gorden dengan bahan beludru.

 

Bahan beludru atau kain beludru merupakan kain yang permukaannya memiliki bulu-bulu halus dan sama rata, biasanya juga disebut dengan bahan velvet. Kain beludru ini terbuat dari bahan fiber alami atau sintetis. Jika bahan alami, kain beludru dibuat dari sutera, namun saat ini bahan sintetis dan katun adalah bahan yang paling sering digunakan saat pembuatan beludru yang saat ini sudah modern.

Dahulu, bahan bludru merupakan bahan yang dikenal sangat mahal dan digunakan hanya untuk dinasti atau kerajaan saja. Hal ini karena bahan utama dari bludru adalah dari sutera. Namun, sekarang karena semakin banyaknya jenis bahan dan teknologi modern membuat bahan ini bisa dengan mudah ditemui. Selain itu, harga gorden bludru terbaru juga semakin lebih murah jika dibandingkan saat dahulu.

Bahan bludru menjadi bahan yang murah namun memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Segala sesuatu yang menggunakan bahan bludru bisa terlihat mewah dan elegan. Itulah mengapa kain bludru juga digunakan sebagai kain gorden. Gorden yang menggunakan kain ini bisa membuat ruangan terkesan sangat mewah dan tentunya menarik.

Karakteristik Gorden Bludru dan Harga Gorden Bludru

Kain bludru memang dikenal sebagai kain yang mewah karena efek kainnya yang mengilat. Jika Anda ingin membeli gorden dengan kain bludru, maka Anda perlu tahu beberapa karakteristik dari kain tersebut. Berikut adalah beberapa karakteristik dari kain bludru:

  1. Simpel namun glamor

Jika Anda mencari gorden yang memberikan kesan mewah atau glamor pada ruangan Anda, gorden dengan kain bludru bisa menjadi pilihan. Kain jenis ini memiliki efek yang mengkilap pada permukaannya, sehingga akan terlihat sangat menarik apabila digunakan sebagai gorden. Harga gorden bludru cantik ini biasanya tergantung pada jenis bahan yang digunakan serta tingkat ketebalan kain bludru tersebut.

  1. Jenis kain

Pada awalnya, kain bludru memang menggunakan bahan sutera dan katun, dimana bahan tersebut membuat harga kain bludru menjadi lebih mahal. Akan tetapi sekarang sudah banyak yang menggunakan bahan sintetis sebagai bahan utamanya, misalnya polister atau viscose. Dengan adanya bahan tersebut membuat harga gorden bludru murah semakin banyak.

  1. Semakin tebal, semakin mahal

Jika gorden bludru Anda memiliki kain yang tebal, maka harga gorden tersebut juga akan semakin mahal. Terlebih lagi, jika pada gorden tersebut terdapat aksen atau hiasan border, maka harga yang diberikan pun juga akan semakin mahal. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai dalam memilih gorden dengan kain bludru yang juga sesuai dengan budget keuangan Anda.

  1. Embossed velvet

Siapa yang menyangka bahwa gorden dengan kain bludru hanya tersedia dengan warna polos atau tidak memiliki motif. Saat ini sudah banyak sekali gorden bludru yang memiliki motif garis-garis hingga seperti motif kerajaan. Kain bludru tersebut menggunakan teknik embossed velvet, dimana kain akan seperti diukir dengan motif tertentu. Penggunaan embossed velvet pada gorden bludru ini memberikan kesan gorden yang lebih mewah serta membuat ruangan semakin elegan.

  1. Berbagai macam bahan

Saat pertama kali dibuat atau populer, kain bludru terbuat dari sutera. Namun, sekarang bahan sutera alami sendiri sudah semakin berkurang. Oleh karena itu, sekarang juga banyak sekali inovasi yang digunakan untuk mencari pengganti sutera namun tetap memberikan kualitas yang sama. Salah satunya adalah dengan menggunakan rayon dan katun. Kedua bahan ini digunakan karena bahannya yang mudah ditemukan. Sedangkan kain bludru dengan bahan asli sutera sekarang sudah semakin jarang ditemukan.

Untuk rata-rata harga gorden bludru saat ini tergantung dari jenis bahan bludru serta model dan ukuran yang dipesan. Di Raja Gorden sendiri, harga tirai bludru dibanderol mulai dari Rp 828.000 per meternya. Jadi Anda bisa memesan sesuai dengan budget Anda dari ukuran per meter tersebut.

Cara Merawat Gorden Bludru

Jika Anda sudah membeli gorden dengan kain bludru, maka hal selanjutnya yang penting Anda ketahui adalah bagaimana cara merawat gorden dengan kain bludru tersebut. Hal ini karena kain bludru harus dibersihkan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  1. Menggunakan mesin cuci

Beberapa jenis kain bludru dengan bahan velvet biasanya bisa dicuci dengan mesin cuci, seperti bahan polister blend. Akan tetapi, agar lebih yakin Anda bisa mengecek pada label yang tersedia, apakah memang bisa dicuci dengan mesin cuci atau harus secara manual. Selain itu, karena bahannya yang stretchy agar menghindari kain yang melar dan rusak setelah dicuci, gunakan air panas atau air hangat saat mencuci kain tersebut.

  1. Dry clean

Gorden dengan bahan ini biasanya memang sering menggunakan metode dry clean. Namun, cara membersihkannya juga tetap sesuai dengan jenis bahan velvet yang seperti apa. Jika harga gorden bludru warna tersebut termasuk mahal, akan lebih baik jika Anda menggunakan metode dry clean ini untuk membersihkannya.

  1. Menghilangkan noda

Noda pada gorden bludru biasanya memang tidak banyak, hanya beberapa titik saja. Jika Anda hanya ingin menghilangkan noda tersebut, Anda tidak perlu mencuci semua gorden tersebut. Caranya adalah dengan membersihkan noda pada gorden dengan larutan air lemon dengan baking soda. Cara tersebut bisa dilakukan sebagai alternatif agar tidak mencuci gorden bludru secara keseluruhan.

  1. Mengeringkan

Untuk mengeringkan gorden bludru yang telah dicuci Anda bisa mengangin-anginkannya atau menjemurnya. Hanya saja hindari untuk menjemur kain bludru secara langsung terkena sinar matahari. Hal ini dilakukan guna menghindari kain yang rusak atau untuk menjaga kualitas kain gorden bludru tersebut.

Demikianlah artikel mengenai gorden bludru yang mungkin bisa membantu Anda menentukan dan merawat gorden dengan kain bludru tersebut. Bagi Anda yang menginginkan daftar lengkap untuk harga gorden bludru yang ada di Raja Gorden, maka bisa menghubungi CS kami pada nomer kontak yang sudah disediakan. Kami siap membantu Anda untuk menemukan model gorden terbaik sekaligus menawarkan jasa pasang gorden oleh tenaga ahli kami yang profesional.

Tinggalkan Komentar