Jasa Jahit Gorden Jakarta

Jahit Gorden Jakarta – Banyak yang bisa kita pilih dan beli, namun diantara banyak gorden itu, kita juga bisa membuat sendiri jenis gorden seperti model-model gorden Jakarta yang lagi up to date saat ini. Salah satu bentuk yang lagi up to date adalah model gorden dengan desain pita atau kupu-kupu. Untuk jenis gorden model ini, kita bisa membuatnya dengan cara yang sederhana dan simpel namun hasil maksimal.

Jahit Gorden Jakarta

Cara Menjahit Gorden Sendiri

Dalam membuat sendiri sebuah gorden, dibutuhkan ketelatenan dan ketelitian agar hasil gorden buatan tersebut bisa maksimal. Bila melihat gorden jenis pita atau kupu-kupu yang sudah jadi di pasaran kita mungkin akan berpikir bahwa pembuatannya cukup rumit, namun berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat gorden yang cantik buatan sendiri:

  1. Mempersiapkan alat dan bahan

Kita bisa dengan mudah memperoleh gorden pada jasa jahit gorden Jakarta, namun membuat sendiri juga tidak ada salahnya. Karena kita membuat dan mendesain sendiri gorden yang akan kita pasang, kita perlu untuk menyiapkan beberapa alat dan bahan. Pada dasarnya kita bisa membuat gorden ini dengan cara dijahit sendiri dengan menggunakan tangan, namun kita juga bisa menggunakan mesin jahit jika punya. Beberapa tambahan alat yang diperlukan antara lain:

  • Kain
  • Benang
  • Meteran pita
  • Gunting
  • Jarum pentul
  • Setrika
  • Jarum jahit
  1. Memilih kain

Saat membuat gorden, tentu kita sudah merencanakan ingin ditaruh dimana atau menggunakan bahan jenis apa. Kita bisa memilih corak atau warna yang sesuai dengan keinginan kita atau yang sesuai dengan tempat kita meletakkan gorden tersebut.

Kita bisa memilih warna pastel yang cantik untuk bagian ruang tamu, warna yang soft untuk kamar, kain dengan corak kartun atau desain yang menarik untuk kamar anak, dan pilihan warna yang cerah untuk dapur. Selain pemilihan corak, pemilihan bahan juga bisa ditentukan sendiri sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa melihat banyak referensi dari ragam gorden oleh jasa jahit gorden Jakarta murah.

  1. Mengukur panjang dan lebar jendela atau pintu

Mengukur panjang dan lebar jendela atau pintu sangat penting agar kain yang dipotong bisa rapi dan terukur dengan benar. Namun di sini juga dibutuhkan untuk melebihkan panjang atau lebar kain gorden untuk menghindari terjadinya penyusutan kain setelah dijahit atau dicuci. Yang menyenangkan dari membuat gorden sendiri adalah kita bisa menyesuaikan potongan kain dengan ukuran jendela atau pintu sesuai keinginan kita.

Baca juga: Cara Jahit Gorden Kupu-Kupu

  1. Menyiapkan kain sebelum di jahit

Sebelum dilakukan proses penjahitan baik menggunakan mesin ataupun menggunakan tangan, kita perlu mempersiapkan kain dan mengetahui jenis kain yang akan dipakai gorden. Untuk jenis kain yang bisa dicuci dengan mesin cuci maupun dengan tangan, sangat dianjurkan untuk mencuci dan mengeringkan kain terlebih dahulu sebelum dilakukan proses penjahitan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko pengerutan pada kain setelah dicuci.

  1. Proses Penjahitan

Bukan hanya dengan mesin jahit, kita bisa menjahit kain gorden sendiri menggunakan jahitan tangan biasa. Kita bisa melihat referensi dari beberapa penjahit gorden Jakarta. Pada proses penjahitan kita harus memperhatikan jahitan kita agar rapi dan tidak miring atau tidak simetris. Untuk menjaga agar jahitan tidak miring, kita bisa menggunakan jarum pentul untuk membuat kain yang kita tekuk tetap pada posisi yang diinginkan. Ketelitian juga dibutuhkan setiap kita melipat tepian kain ke arah dalam. Pastikan lipatan kain benar-benar lurus agar jahitan kain tetap rapi dan tidak amburadul.

Itulah beberapa langkah tahapan yang bisa kita terapkan untuk membuat sendiri gorden model jahit gorden Jakarta yang menarik dan lebih hemat.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button