Jenis – Jenis Gorden Minimalis Untuk Rumah Hunian

Jenis – Jenis Gorden Minimalis – Konsep rumah minimalis saat ini banyak diminati karena tampilannya yang sederhana tetapi tetap terkesan elegan. Demikian halnya ketika memilih gorden untuk pelengkap interior rumah, orang – orang pun saat ini lebih menyukai gorden minimalis. Jenis jenis gorden minimalis sebenarnya saat ini sudah banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai pilihan model. Bagi Anda yang saat ini berniat mencari gorden minimalis untuk rumah Anda, berikut ini adalah beberapa pilihan yang dapat dicoba.

Jenis - Jenis Gorden Minimalis

Gorden Dengan Tiang Di Plafon

Memasang gorden di dalam rumah akan memberikan finishing yang sempurna di dalam ruangan. Untuk memberikan kesan mewah dan nyaman di dalam ruang tamu, Anda dapat memasang tiang gorden atau rollet di bagian plafon dan membuatnya tidak terlihat. Jadi gorden sudah menjuntai dari atas langit-langit sampai ke bawah. Untuk ruang tamu dengan nuansa serba putih, Anda dapat memilih gorden dengan warna charcoal yang gelap sehingga akan menjadi unsur penyeimbang di dalam ruangan tersebut. Usahakan pada saat memasang tiang gorden, tiang tersebut tersembunyi di langit-langit sehingga gorden seolah-olah menjuntai secara alami dari atas.

Tips Memilih Gorden Ruang Tamu

 

Gorden Wiru Bergelombang

Gorden dengan wiru di bagian atas diikuti dengan lipatan-lipatan tegas sampai ke bawah akan memberikan tampilan yang simpel sekaligus elegan. Jenis gorden minimalis ini sangat cocok untuk jendela ruangan yang berukuran besar. Garis-garisnya yang tegas justu akan menjadikan tampilan bergelombang ini terlihat semakin menawan. Model gorden seperti ini selain memiliki tampilan yang menarik juga akan memudahkan Anda untuk membuka atau menutupnya. Pilihan warna yang populer untuk gorden minimalis seperti ini adalah warna putih karena netral dan cocok dipadukan untuk berbagai tema ruangan.

baca juga  Tips Dekorasi Rumah dengan Gorden Rumah Minimalis Elegan

Jenis Gorden Jendela

Ring Clip Drapery

Jenis gorden yang satu ini merupakan pilihan tepat bagi para pemilik rumah minimalis yang menginginkan gorden tetapi tidak ingin memberikan kesan berat dengan penggunaan drapery yang tebal. Sesuai dengan namanya, kain gorden tersebut dipasang dengan cara ditautkan dengan ring yang dipasang di tiang gorden. Ring untuk pemasangan gorden ini pun saat ini telah tersedia dengan model full ring yang berbentuk lingkaran dan ring berbentuk huruf C. Lebih menariknya lagi, ring tersebut juga hadir dengan finishing yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan dekorasi ruangan. Clip ring dapat digunakan untuk panel kain lembaran biasa atau dipadukan dengan gorden wiru/berlipat jika ingin memberikan kesan bervolume.

Jenis Jenis Gorden Minimalis 2

Gorden Pembatas Ruang

Jika Anda berada di apartemen studio dan memerlukan pembatas ruang untuk memisahkan area kamar tidur dengan ruang tamu, Anda dapat memasang drapery sebagai pembatas ruang. Drapery tersebut dapat dipasang mulai dari plafon untuk memberikan privasi di setiap ruangan. Selain cocok untuk apartemen studio, menggunakan gorden sebagai pembatas ruang juga cocok untuk rumah minimalis. Anda dapat memilih drapery putih dari kain blackout sebagai pembatas yang ideal. Drapery ini mampu menjaga kesan minimalis dan bersih dengan estetika

Ciri Gorden Minimalis

Gorden minimalis memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan gorden pada umumnya. Berikut ini adalah beberapa ciri jenis jenis gorden minimalis:

–        Warna Netral

Jenis gorden minimalis yang banyak diminati saat ini menggunakan warna-warna netral dan polos seperti putih, abu-abu, hitam, dan biru tua. Warna-warna ini terlihat harmonis ketika dipadukan dengan warna lainnya dan tetap menekankan kesan sederhana.

–        Motif Geometris dan Sederhana

Gorden minimalis bukan berarti semuanya harus polos dan tidak bermotif. Ada beberapa gorden minimalis yang memiliki motif. Tetapi motif tersebut memiliki garis yang tegas atau berbentuk geometris. Motif gorden minimalis di antaranya adalah motif garis-garis atau motif garis bergelombang.

baca juga  Jenis Gorden Rumah Minimalis

–        Perpaduan Warna Maksimal 3 Warna

Beberapa gorden minimalis ada yang hadir dengan kombinasi warna. Walaupun demikian paduan warna yang digunakan tidak banyak yaitu maksimal hanya 3 warna misalnya putih-biru-abu-abu atau hitam-putih, atau warna lainnya. Jadi walaupun memadukan warna, padanan warna yang digunakan atau warna yang mendominasi biasanya tetap menggunakan warna netral

Tips Memilih Gorden Minimalis

Gorden memiliki peranan penting sebagai penghalau panas, membingkai jendela, dan sebagai pelengkap di dalam interior. Pada ruangan dengan konsep minimalis, gorden sangat berpengaruh terhadap suasana dan kesan di dalam ruangan tersebut. Untuk pertimbangkan dengan baik pemilihan gorden tersebut agar tetap menjaga konsep minimalis dan tidak memberikan kesan ramai di dalam ruangan.

Pertimbangan saat memilih gorden tidak hanya terletak pada pemilihan warna dan motif untuk mempercantik tampilan ruang, tetapi juga pada pemilihan jenis bahan hingga teknik pencucian. Pertimbangan ini tentu saja perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih gorden.

–        Jenis Kain

Ini merupakan hal pertama yang wajib menjadi perhatian sebelum memilih gorden. Jenis kain yang digunakan akan menentukan tingkat keawetan gorden tersebut dari waktu ke waktu dalam menjalankan fungsinya. Untuk jenis kain yang tahan lama, Anda dapat memilih kain beludru, linen, atau kain dari bahan dasar sutra. Dari sekian banyak jenis kain, kain gorden dari sutra merupakan jenis yang paling awet.

–        Warna

Gorden yang dibeli akan dipasang untuk melengkapi jendela sehingga akan sering terkena sinar matahari. Bila gorden akan digunakan di ruangan yang mendapatkan banyak cahaya matahari, hindari memilih gorden dengan warna terang. Terlalu banyak paparan sinar matahari akan menyebabkan kain gorden berwarna terang lebih cepat pudar. Untuk itu, Anda sebaiknya emilih kain dengan warna-warna yang netral agar tidak mudah pudar. Warna gorden yang netral juga lebih fleksibel dan cocok ketika dipadukan dengan berbagai desain ruangan.

baca juga  Tips Memilih Gorden Untuk Jendela Kecil Minimalis

–        Cara Mencuci

Gorden dapat dicuci dengan 2 cara yaitu dicuci dengan mesin cuci dan hanya dapat dicuci kering. Mencuci gorden menggunakan mesin cuci di rumah dapat menghemat biaya, tetapi memerlukan waktu dan tenaga ekstra. Sementara itu mencuci gorden dengan dry cleaning di laundry akan membuat Anda mengeluarkan biaya tetapi lebih hemat tenaga dan waktu. Jika Anda mencari bahan gorden yang dapat dicuci terus dengan mesin, pilihlah bahan yang ramah mesin cuci. Pasalnya beberapa bahan gorden dapat rusak jika dicuci dengan mesin.

–        Kebutuhan Ruangan

Jika interior yang akan menggunakan gorden tersebut mendapatkan banyak cahaya matahari di siang hari, Anda sebaiknya menggunakan gorden dari bahan kain blackout. Blackout tersebut dapat dijadikan sebagai lapisan untuk gorden. Kain blackout dapat mencegah kerusakan kain gorden akibat terkena sinar matahari, khususnya kain yang terbuat dari serat alami.

Demikian sedikit panduan mengenai pemilihan jenis jenis gorden minimalis. Panduan di atas tentunya dapat diterapkan untuk pemilihan gorden di berbagai ruangan mulai dari ruang tamu, ruang makan, hingga kamar tidur. Perlu diingat bahwa setiap ruangan memerlukan gorden yang berbeda karena tingkat kebutuhan privasi di setiap ruangan tersebut juga berbeda.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button