Mengenal Jenis Rel Gorden dengan Berbagai Pilihan

Jenis Rel Gorden – Rel gorden merupakan tempat dimana tirai gorden akan digantung. Rel gorden bagian yang sangat penting dari sebuah tirai. Tirai tidak bisa terpasang dengan rapi tanpa rel gorden. Dengan adanya rel gorden tirai akan dapat ditutup maupun dibuka. Pada umumnya, terdapat dua jenis rel gorden, yakni model rel dan model batang. Berikut ulasannya.

Jenis Rel Gorden

Seputaran Rel Gorden

Rel gorden salah satu bagian pelengkap yang memperindah tampilan dari gorden jendela kamu. Namun rel gorden dianggap seperti hal yang terkesan tidak penting, namun kenyataannya penggunaan rel gorden begitu penting dan dalam pemilihannya harus dipertimbangkan. Jenis penggantung gorden ini sangat beragam seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman. Tipe gorden yang ditawarkan terdiri dari jenis bahan maupun berdasarkan jenis model.

Tetapi jenis rel gorden yang paling umum adalah model rel. Untuk jenis bahan ada yang jenis bahan ringan dan berat tergantung dari merek apa yang kamu gunakan. Semakin banyak model gorden yang ditawarkan, maka semakin banyak pula jenis penggantung gorden  yang bisa kamu sesuaikan dan kamu pilih menurut kebutuhan. Untuk kenyamanan dan kemudahan pemasangan gorden maka pilihlah jenis rel yang cocok.

Adanya perbedaan dasar antara model batang dan model rel. Model rel menggunakan aluminium yang mempunyai dua jalur dan juga ada rel besi. Dua jalur ini berfungsi sebagai pengait tirai gorden agar bisa digeser. Pengait gorden tidak akan terlihat dari jauh sehingga terlihat lebih rapi. Tirai di rumah umumnya menggunakan rel gorden model ini.

Rel gorden tidak hanya berfungsi untuk menggantung tirai gorden maupun untuk dibuka dan ditutup. Namun, rel gorden juga berfungsi sebagai tambahan nilai estetika dari tirai gorden pada ruangan. Untuk mengenali lebih jauh lagi mengenai rel gorden tersebut, perlu diketahui berbagai jenis rel  yang terdapat di pasaran. Berikut ada beberapa jenis rel gorden yang umum dijual di pasaran.

Rel Gorden Logam atau Plastik

Rel gorden yang dijual di pasaran dan mudah dijumpai  biasanya ada 4 jenis bahan, yaitu dari bahan besi, aluminium, kayu dan kuningan. Kain gorden yang bobotnya berat cocok menggunakan dari rel gorden besi. Rel gorden dari besi harganya lebih mahal. Namun, kamu bisa memilih dari bahan aluminium.

Saat ini rel gorden dari jenis bahan aluminium paling dikenal dan sangat banyak digunakan orang. Rel aluminium memiliki keunggulan yaitu mudah dalam hal pemasangan, kuat dan awet. Jenis rel gorden model ini dilapisi dengan teflon agar pada saat digeser akan muncul bunyi halus. Rel model ini bisa dipotong menggunakan gergaji dan bisa disesuaikan dengan lebar jendela.

baca juga  Pasang Gorden di Bintaro

Pilihan lain untuk model gorden ringan adalah dari bahan plastik. Rel gorden plastik sering dicat sehingga tampak menyerupai besi jika terlihat dari jauh. Harganya tentu saja lebih murah. Rel gorden dari bahan plastik terkadang tampilannya lebih lembut sehingga rel ini cocok digunakan pada ruangan yang feminin.

Rel Gorden Berkabel

Jenis rel ini sangat menarik karena gorden bisa ditarik dengan mudah tanpa harus menarik gordennya terlebih dulu. Penggunaan rel gorden berkabel sangat praktis karena hanya menarik kebel atau talinya saja, maka tirai gorden langsung bisa terbuka dan ditutup. Penggunaan rel gorden ini dapat menghindari kontak tangan secara langsung dengan gorden sehingga gorden tidak cepat kotor.

Rel Gorden Kayu

Ingin tampilan yang terkesan alami, kamu bisa memilih rel gorden dari bahan kayu. Rel gorden jenis ini berguna sebagai penggantung gorden, maka pilihlah dari jenis kayu yang baik seperti dari jenis kayu mahoni atau meranti. Kayu yang terpasang biasanya dilapisi cat kayu transparan pada permukaannya. Ada juga dicat dengan warna yang mendekati warna kayu seperti warna solid.

Rel Gorden Model Bay Window

Model bay window merupakan jenis rel gorden yang mudah dibentuk sesuai dengan jenis ruangan apapun. Model ini sangat fleksibel karena mudah dibentuk atau dibengkokkan. Rel gorden model bay window sangat cocok bagi yang tidak suka rel gordennya terpisah-pisah. Rel gorden ini mendukung keindahan tata ruang yang lebih bagus.

Model bay window hanya memiliki satu jalur saja untuk menutupi jendela dengan model apapun. Keunggulanya yang mudah dibengkokkan menjadi salah satu pilihan yang menarik. Tentu saja jenis ini memilki harga yang mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis rel lainnya.

Rel Gorden Silinder

Terkadang, toko ada yang menyediakan rel gorden saja dan ada yang menyediakan kain gorden serta relnya satu pasang. Tentu saja dari model pasangan tersebut sudah disesuaikan dengan warna dan motif. Hal tersebut sangat praktis membuat kamu tidak perlu capek mencari rel dan gorden yang sesuai.

Rel gorden silinder terdapat banyak motif dibandingkan dari rel gorden batangan. Semua tergantung dengan harga ada juga yang bertekstur, pilihlah sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Rel gorden silinder biasanya digunakan pada jenis kain gorden yang besar dan lebar. Apabila ingin yang rel pendek atau panjang. Toko akan melayani pemotongan rel.

Rel Gorden Batang

Rel gorden batang lebih sedikit pilihan warnanya dibandingkan dengan rel silinder. Rel gorden batang umumnya berwarna abu-abu atau silver, dan putih. Pemasangan rel diperlukan kawat yang berbentuk S. Kawat berbentuk S akan dipasang pada pinggiran gorden di celah jahitan gorden.

baca juga  5 Tips Pemilihan Gorden Untuk Villa Terbaik

Selain kawat, juga membutuhkan lubang berwarna putih yang akan dipasangkan pada kawat. Jumlah lubang harus sama dengan jumlah kawat. Rel yang berwarna polos dapat memudahkan kita dalam hal memilih warna gorden. Motif dan tekstur gorden juga bebas, tidak harus sesuai dengan rel gorden.

Penggantung gorden memang mempunya berbagai jenis. Dari sekian banyaknya jenis rel ini, kamu bisa memilih untuk bisa disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan. Tentu saja, tidak semua tipe rel gorden cocok dipasang dengan kondisi ruanganmu. Ketika memasang rel gorden, jangan lupa memakai tenaga ahli saat pemasangannya agar lebih sempurna.

Harga Rel Gorden

Kualitas rel gorden sesuai dengan harganya, semakin bagus kualitas semakin bagus harganya. Kisaran harga rel gorden mulai dari ratusan ribu hingga puluhan ribu. Harga rel gorden dipatok sesuai dengan bahan, panjang, motif, dan teksturnya. Harganya bisa dipatok per batang atau per meter.

Rel yang panjang membuat harga semakin mahal. Harga standar untuk rel gorden silinder sekitar 40.000 hingga 60.000. itu merupakan harga rata-rata. Jika selera kamu bagus kamu bisa mendapatkan rel gorden yang lebih mahal dengan harga ratusan.

Rel gorden yang bertekstur lebih mahal harganya dibandingkan rel gorden tanpa motif dengan tekstur polos. Memilih rel gorden yang bagus dan berkualitas memang terbilang sulit jika tidak mengetahui seluk beluk gorden. Tidak ada salahnya jika menanyakan perkara-perkara rel gorden pada orang yang sudah ahli. Rel yang berkualitas menentukan ketahanannya. Rel yang berkualitas tidak mudah lapuk dan warnanya tidak akan pudar.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Call Now Button