Pasang Awning Polycarbonate

Pasang Awning Polycarbonate – Dalam pemasangan awning polycarnonate memerlukan trik khusus yang harus dilakukan. Bahan polycarbonate ini memiliki bentuk lembaran sehingga pemasangannya perlu kehati-hatian. Yang perlu diperhatikan adalah pemasangannya harus sesuai dengan arah hadap sinar UV. Hal ini dikarenakan fungsinya yang membantu menyerap panas dan akibat buruk dari sinar UV.

Pasang Awning Polycarbonate

Polycarbonate adalah jenis awning yang banyak dipakai untuk area pertokoan dan perumahan. Selain modelnya yang lebih rapi, perlindungannya cukup baik bahkan untuk hujan maupun panas. Anda harus mengenal kedua sisinya untuk menemukan sisi label yang tepat dalam pemasangannya.

Tips Pasang Awning Polycarbonate

  1. Penempatan lembaran yang sesuai

Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai penempatan lembaran yang sesuai. Anda harus memasangnya dengan tepat mulai dari arah kelengkungan dan arah tulangnya. Pemasangan tipe seperti ini tentu memiliki alasan khusus karena berguna untuk sirkulasi udara yang lebih lancar sehingga kelembapannya terjaga.

Ukuran persenan untuk bagian jendela dan atap adalah sebesar lima persenan. Lereng yang tepat kemiringannya juga mempermudah proses aliran air. Inilah yang membuat kotoran mudah larut dan turun ke bawah bersama air.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasangannya adalah dengan membersihkan awning bersama air dan detergen. Hal ini membantu awning lebih mudah dipasang dan terlihat bersih.

  1. Cara penggabungan lembaran

Tips kedua dalam pasang awning polycarbonate termudah adalah dengan memperhatikan cara penggabungannya. Langkah penggabungan yang benar adalah lembaran yang ada digabungkan dengan aluminium atau polycarbonate. Anda bisa menggunakan sealants karena cairan ini lebih cocok untuk penggunaan polycarbonate.

Cairan kimia yang sesuai akan membuat lembaran polycarbonate melekat dengan sempurna. Gunakan tipe cairan sealents tertentu yang cocok dengan struktur polycarnonate-nya. Sementara yang tidak boleh digunakan adalah gaskets. Gaskets termasuk PVC yang sifatnya merusak panel pada polycarbonate, jadi harus dihindari.

  1. Penutupan ujung dari lembaran

Tips ketiga untuk pemasangan awning ini adalah mengenai penutupan ujung dari lembarannya. Untuk bagian ujung lembaran yang masih menganga jangan dibiarkan begitu saja. Anda bisa menggunakan selotip tipe berlubang untuk mengatasinya. Bagian ujung yang terlalu terbuka akan menyebabkan kelembapan yang tinggi pada ruangannya.

Gunakan teknik perekatan “U” dengan memanfaatkan selotip tipe lubang agar saluran air yang ada tetap terjaga. Tipe U ini membuat bentuk lengkungan yang sempurna dalam mengalirkan kotoran dan air menuju ke bawah dengan baik.

  1. Proses pembukaan yang direkomendasikan

Langkah keempat yang krusial adalah mengenai proses pembukaan yang direkomendasikan untuk lembaran polycarbonate-nya. Pada lembaran ini diharuskan adanya pemasangan penahan cuaca dan anti karat pada setiap lembar ujungnya. Untuk memperlancar lakukan pengeboran sedalam 2 mm agar pemuaian berjalan lebih maksimal. Dengan begitu pengecangan akan terjadi sesuai dengan spesifikasi yang digunakan.

  1. Cara memotong lembarannya

Tips selanjutnya dalam pasang awning polycarbonate terbaru adalah mengenai cara memotong lembarannya. Alat yang bisa digunakan untuk pemotongan ini adalah pisau, gerinda, gergaji dan gunting besi. Mata pemotong yang tajam bisa membuat hasil potongnya menjadi lebih rapi.

Untuk menambah kerapian gunakan bantuan penggaris besi agar hasilnya lebih akurat. Setelah melalui proses pemotongan Anda harus menata hasil pemotongannya pada tempat yang datar. Jangan sampai menumpuk bagian satu dengan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya goresan yang terjadi satu dengan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Awning Polycarbonate

Setelah mengenal cara pemasangan yang sesuai langkah selanjutnya Anda bisa mengenal kelebihan dan kekurangan dari awning polycarbonate untuk pertimbangan. Adapun kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakannya seperti berikut ini:

  • Tahan terhadap banyak cuaca

Awning polycarbonate ini memiliki keunggulan pertama yakni bisa tahan terhadap banyak cuaca. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala dengan lokasi yang sering mendapatkan perubahan cuaca secara ekstrem. Polycarbonate merupakan bahan yang cocok untuk menyerap sinar UV namun masih memberikan rongga penerangan ke dalam ruangan.

Itulah alasan polycarbonate banyak dipakai untuk tujuan jangan panjang bahkan bisa sebagai pembibitan tanaman dan rumah dari kaca. Dalam penggunaan jangka panjang ini tidak perlu khawatir karena dari segi kekuatan, warna dan strukturnya tidak ada yang berubah.

  • Pilihan warnanya beragam

Meskipun terkenal dengan awning yang kokoh namun pilihan warnanya juga tidak kalah beragam untuk digunakan. Anda bisa memilih jenis atap awning yang buram maupun bening seperti kaca. Pilihlah warna sesuai fungsi yang diinginkan apakah mengedepankan fungsi privasi maupun keindahannya.

  • Menyerap sinar UV

Keuntungan dalam penggunaan dan cara pasang awning polycarbonate adalah kekuatannya dalam menyerap sinar UV. Polycarbonate mampu melindungi ruangan dan benda di bawahnya dari pengaruh buruk sinar UV. Itulah mengapa pabrik dan penyimpanan besar memilih awning jenis ini untuk melindungi produk dalam jangka panjang.

  • Tahan banting

Keunggulan terakhir dari awning plycarbonate ini adalah ketahanannya terhadap bantingan dan goresan. Jika kebanyakan jenis awning yang ringan termasuk dalam kategori rapuh dan mudah pecah namun jenis ini berbeda. Polycarbonate merupakan bahan yang tahan terhadap beban berat di atasnya bahkan tidak tembus peluru.

Alasan inilah yang digunakan markas-markas penting memilih jenis polycarbonate sebagai awning pelindungnya. Awning ini banyak dipakai untuk tempat-tempat penting seperti bank dan kantor yang besar.

Sementara untuk kekurangan dari awning polycarbonate ini bisa dilihat sebagai berikut:

  • Bukan bahan yang ramah lingkungan

Untuk Anda yang mengedepankan bahan ramah lingkungan, polycarbonate bukanlah pilihannya. Bahan yang kuat ini membutuhkan penguraian yang cukup panjang ketika sudah tidak digunakan lagi. Bahkan jika dipaksakan efeknya tidak baik untuk makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya.

  • Tidak bisa bertahan dengan cairan berbau kimia

Meskipun tahan banting namun bahan ini kalah terhadap cairan kimia karena bisa mengalami korosi. Jangan sampai salah langkah dalam menggunakan cairan kimianya dan harus cocok dengan strukturnya. Perbandingan yang tepat juga mempengaruhi rusak tidaknya polycarbonate ketika dipasangkan.

  • Permukaannya abrasif

Awning ini meskipun mampu menahan beban yang berat namun tidak bisa menahan penyokan kecil yang terjadi. Penyokan ini jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih merata ke seluruh bagian awningnya. Jadi hindari pemasangan pada lokasi yang ada pohon besar dan guncangan yang kuat. Sigaplah dalam membenahi setiap kerusakan kecil yang terjadi pada awningnya.

  • Mahal

Untuk keperluan yang tidak terlalu penting lebih baik Anda tidak memilih bahan yang satu ini karena harganya yang mahal. Anda bisa memilih bahan yang lebih rendah untuk menghemat budget pemasangan awningnya. Seperti keperluan untuk rumah yang jarang digunakan cukup bagus untuk menjaga keamanan saat ditinggal.

Beberapa tips penting dalam pasang awning polycarbonate mempengaruhi keawetannya. Jika tidak dilakukan dengan benar, awning ini tidak mampu bertahan pada waktu yang lama bahkan cepat rusak. Maka dari itu selalu gunakan bantuan jasa profesional seperti IndonesiaBlinds untuk membantu pemasangannya.

Awning polycarbonate ini direkomendasikan untuk gudang dan tempat penting untuk mengamankan isinya. Jika Anda ingin pasang hubungi kami di 081219643240 atau email ke hello@rajagorden.com.

5/5 - (7 votes)

Tinggalkan Komentar