Rel Gorden Rumah Sakit

Rel Gorden Rumah Sakit – Ketika berobat ke rumah sakit, apa hal pertama yang Anda perhatikan? Apakah desain interior atau arsitektur gedung bangunannya? Atau kelengkapan fitur dan fasilitas pengobatan yang ditawarkan. Meski terkesan sepele, rel dan gorden rumah sakit menyumbang fungsi sentral pada bangunan rumah sakit.

Tanpa gorden rumah sakit yang berkualitas tinggi. Bukan hanya privasi pasien saja yang terganggu, aktivitas tenaga medis pun ikut terhambat. Agar lebih mengenal rel dan gorden rumah sakit, simak pemaparan lengkapnya berikut.

Rel Gorden Rumah Sakit

Jenis dan Bahan Gorden Rumah Sakit

  1. Gorden menggantung pada plafon

Gorden rumah sakit memiliki fungsi lebih luas dari gorden rumah tangga. Pemasangannya pun dilakukan di berbagai tempat bukan sekedar jendela kamar pasien atau ruang praktek dokter. Gorden menggantung termasuk jenis yang paling populer di rumah sakit Indonesia. Umumnya dipasang dalam satu ruang rawat yang berisi beberapa tempat tidur pasien.

Gorden menggantung sengaja dibuat tanpa menambahkan jaring sehingga sirkulasi udara tetap berjalan lancar di dalam ruangan. Cara instalasi gordennya sendiri sangat mudah, cukup manfaatkan tongkat agar gorden tergantung dengan sempurna.

  1. Gorden menempel pada plafon

Selain gorden menggantung, ada juga gorden menempel. Disebut demikian karena antara gorden dan langit-langit ruangan tidak memiliki space sama sekali. Pemasangan gorden menempel umumnya dilakukan jika struktur bangunan rumah sakit sempit atau memendek memakai sling.

Untuk pengalaman belanja rel gorden rumah sakit terbaik dan awet, pilihlah gorden menempel plafon. Mungkin proses pemasangannya lebih rumit dan harus menggunakan jasa instalasi. Mengapa? Karena struktur relnya yang diinstalasi pada plafon sehingga mampu menahan beban berat gorden rumah sakit.

  1. Poliester PVC

Setelah memahami dua jenis gorden rumah sakit, lantas apa saja bahan yang digunakan pabrik konveksi untuk membuat produknya? Adalah polyester PVC yakni material semi plastic yang diolah dari campuran tekstil dan plastik.

Gorden dari polyester PVC memiliki banyak kelebihan antara lain anti bakteri dan anti darah. Mengingat rumah sakit merupakan sarang atau tempat berkumpulnya pasien dengan riwayat penyakit tertentu. Keberadaan darah di rumah sakit juga bukan hal yang asing lagi. Terutama di beberapa ruangan seperti UGD atau ruang pembedahan.

  1. Poliester Jaring

Material satu ini banyak ditemukan di pabrik tekstil namun tidak menutup kemungkinan juga Anda menemukannya di agen jual rel gorden rumah sakit.  Karakteristik materialnya hampir sama seperti polyester PVC yang populer sebagai material anti bakteri.

Kelebihan lain dari polyester jaring adalah kemampuannya menahan api. Efektif untuk mencegah penyebaran api ketika terjadi kebakaran. Gorden polyester jaring umumnya digunakan di kamar rawat pasien maupun ruang penting lainnya.

  1. Non Woven

Material terakhir adalah non woven yang penggunaannya sangat populer di rumah sakit luar negeri. Non woven disebut-sebut sebagai material gorden rumah sakit ter standarisasi internasional. Bahannya sendiri full plastic yang diolah secara modern dengan formula kimiawi.

Gorden rumah sakit non woven punya banyak kelebihan seperti anti darah, anti kusut, anti bakteri, anti air jga anti api. Dengan seluruh kelebihan tersebut, tidak mengherankan jika gorden non woven banyak diburu rumah sakit.

Itulah jenis dan bahan gorden rumah sakit. Beda bahan berbeda pula kualitas dan keawetan gordennya. Untuk penggunaan tahan lama dengan fitur terlengkap, gorden non woven yang paling direkomendasikan.

Rel Gorden Rumah Sakit dan Manfaatnya

Rel gorden hospital memiliki struktur yang lebih panjang dan melingkar daripada gorden rumah tangga atau kantor. Tujuannya untuk memenuhi pengaturan kamar rawat dan ruangan penting lainnya di rumah sakit.  Proses instalasi rel gorden hospital membutuhkan pengerjaan dari operator ahli dan berpengalaman. Supaya hasilnya bagus, rapi dan tahan lama.

Sementara itu, instalasi gorden rumah sakit sangat dibutuhkan untuk memenuhi interior ruangan. Selain mempercantik kamar rawat, inilah yang Anda dapatkan dari instalasi gorden hospital:

  1. Mengurangi risiko penyebaran bakteri

Sebagaimana namanya, rumah sakit merupakan tempat berkumpulnya pasien dengan riwayat penyakit yang berbeda-beda. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis, semua pasien memperoleh pengobatan optimal di sana. Jika dihitung, jumlah bakteri yang terdapat di rumah sakit mungkin sangat banyak.

Salah satu langkah jitu menghambat penyebaran bakteri dengan instalasi gorden anti bakteri. Terutama di kamar rawat pasien yang satu ruangan terdiri dari beberapa pasien. Penempatan gorden anti bakteri dan rel gorden rumah sakit otomatis juga diperlukan pada ruang pembedahan. Sehingga ruang bedah tidak terkontaminasi dengan bakteri.

  1. Menciptakan ruangan yang bersih dan nyaman

Meski dibuat sebagai fasilitas umum, bukan berarti rumah sakit tidak mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pasien.  Selain menyediakan tempat tidur dan ruang rawat yang bersih. Rumah sakit juga menempatkan gorden untuk memberikan kenyamanan atau privasi bagi pasien.

Sehingga pasien dapat tidur dengan nyaman dan pulas tanpa perlu khawatir dengan tatapan pasien atau orang lain di sekitarnya. Sedangkan dari sisi kebersihan, penambahan gorden rumah sakit mampu menghindari risiko cipratan darah langsung ke lantai. Sifat anti darah pada gorden rumah sakit juga memudahkan staf kebersihan untuk membersihkannya.

  1. Jaminan keselamatan pasien dari kebakaran

Rel gorden rumah sakit anti bakteri baik untuk menghalau penyebaran bakteri dari satu pasien ke pasien lainnya. Selain bersifat anti bakteri, gorden hospital juga diciptakan anti api. Tujuannya agar kebakaran yang terjadi di rumah sakit tidak langsung menyebar luas ke seluruh ruangan.

Mengingat jumlah penghuni dalam rumah sakit sangat banyak bukan hanya satu atau lima orang saja. Bayangkan jika terjadi kebakaran dan rumah sakit tidak menggunakan gorden anti api? Jumlah korban kebakaran akan sangat banyak belum lagi properti rumah sakit yang terlalap api.

  1. Sterilisasi ruangan

Bagi ruangan yang membutuhkan sterilisasi tinggi seperti ruang bedah, aplikasi gorden sangat penting. Jenis gorden yang digunakan pun bukan gorden sembarangan, harus gorden yang anti bakteri dan berkualitas tinggi. Ada baiknya lagi jika gorden yang diaplikasikan anti darah. Sehingga cipratan darah tidak akan mengotori gorden.

Itulah manfaat menggunakan gorden khusus rumah sakit. Sebagai fasilitas umum yang buka selama 24 jam, rumah sakit wajib memenuhi aspek kenyamanan dan keamanan bagi pasien dan tenaga medis. Pemasangan rel dan gorden hospital hanya satu dari sekian banyak fasilitas sentral pada area publik tersebut.

Jasa Pasang Rel Gorden Untuk Rumah Sakit

Jika Anda sedang mencari rel gorden berkualitas untuk kebutuhan pasang di rumah sakit, maka bisa mengandalkan layanan dari Raja Gorden. Kami akan bantu pembuatan dan pemasangan rel gorden sesuai kebutuhan Anda.

Di sini tersedia berbagai jenis bahan rel gorden terlengkap. Selain jasa pasang rel gorden rumah sakit, kami juga menawarkan pembuatan gorden rumah sakit dari bahan khusus anti bakteri dan anti darah. Mudah dibersihkan dan harganya juga terjangkau. Silakan hubungi kontak kami jika tertarik.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button