Tirai Jendela Otomatis

Tirai Jendela OtomatisDi beberapa rumah mewah atau hotel kita sering kali menemukan aplikasi motorized curtain. Yang dimaksud dengan motorized curtain merupakan tirai jendela yang bisa dibuka atau ditutup secara otomatis dengan bantuan remote control. Model tirai ini membuat ruangan terlihat jauh lebih modern dan mewah. Dengan teknologi yang telah disematkan pada tirai otomatis, Anda tidak perlu lagi ribet-ribet mendekati jendela hanya untuk membuka dan menutup tirai.

Tirai Jendela Otomatis

Tips Menggunakan dan Memilih Tirai Otomatis

Saat memutuskan untuk menggunakan tirai otomatis, baiknya Anda turut memahami apa saja fungsi tirai jendela otomatis termasuk tips menggunakan tirai otomatis. Tirai otomatis merupakan kolaborasi antara teknologi dengan tirai standar. Tirai otomatis dioperasikan dengan menggunakan teknologi remote control. Menggunakan tirai otomatis menjadi alternatif utama jika rumah yang Anda miliki cukup besar dengan jendela yang sangat tinggi. 

Setelah memahami apa itu motorized curtain dan bagaimana cara kerjanya. Simak selengkapnya tentang cara memilih dan menggunakan tirai otomatis di bawah ini:

  • Perhatikan Bentuk Jendela

Sebelum membeli tirai baiknya Anda memahami bentuk jendela yang akan dipasangi tirai. Karena ukuran jendela bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kekuatan motornya. Saat membeli tirai untuk jendela berukuran besar, maka kekuatan motor yang dibutuhkan lebih tinggi. Secara tidak langsung, kondisi ini juga akan berpengaruh terhadap tagihan listrik karena daya listrik yang digunakan lebih besar. 

Selain memperhatikan ukuran jendelanya, perhatikan pula kualitas dari motor yang dipilih. Karena semakin bagus kualitas motornya akan semakin baik pula fungsinya untuk menggerakkan kain curtain sehingga bisa menutup atau membuka. 

  • Pilih Kain yang Tepat

Kain tirai juga memiliki banyak peran tersendiri. Pertimbangan kain terkadang menjadi pertimbangan utama saat seseorang berencana membeli tirai jendela. Ada banyak sekali jenis kain yang bisa dibeli, mulai dari kain semi-black out, sheer, kain black out, deluxe, kain sheer atau tipe standar. 

Masing-masing kain tersebut memiliki kemampuan untuk menghalau sinar matahari yang masuk. Sebut saja blackout yang mampu memblokir sinar hingga 98%. Bila tidak memahami jenis kain yang tepat untuk kebutuhan Anda, tidak ada salahnya untuk bertanya pada staf di toko tirai jendela. Selain memilih kain polos, ada banyak kain tirai yang memiliki motif unik. 

  • Menawarkan Garansi

Saat membeli tirai jendela dengan operasional remote control, baiknya Anda menanyakan garansi. Garansi ini baik untuk menghindari kerugian yang bisa saja muncul jika tirai jendela yang Anda gunakan rusak atau justru remote-nya yang tidak bisa dijalankan. 

Toko yang berkualitas dan profesional, tentu tidak akan takut atau khawatir untuk memberikan garansi. Produk yang bergaransi merupakan produk yang memiliki jaminan dan kualitas tinggi. 

Jenis-jenis Tirai Yang Menggunakan Remote Kontrol

Saat membeli tirai otomatis melalui toko tertentu biasanya Anda akan turut mendapatkan remote control dalam satu paket pembelian. Uniknya, jenis tirai yang menggunakan remote control ternyata bukan tirai kain saja. Simak selengkapnya berikut ini:

  • Roller Blind

Bukan sekedar tiran jenis kain saja yang mampu dioperasikan degan remote control. Bahkan tirai gulung pun bisa melakukan hal yang sama. Dalam operasional standar, tirai gulung akan dibuka secara manual. Namun belakangan ini banyak perusahaan tirai gulung yang turut melengkapi produk mereka dengan remote control. Apalagi bila mengingat banyaknya kelebihan tirai jendela otomatis yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya. 

  • Tirai Jendela

Jenis tirai lainnya yang juga menggunakan remote sebagai pengendali jarak jauh adalah tirai jendela. Bukan hal yang baru jika mayoritas tirai jendela dibuat dari kain yang cara kerjanya dengan menarik tirai ke samping. 

Dengan menggunakan remote control, Anda tidak perlu melakukan kegiatan itu lagi. Cukup tekan perintah untuk membuka dan tirai jendela akan terbuka secara otomatis tanpa disentuh dengan tangan. Lakukan hal yang sama untuk menutup tirai jendela secara otomatis. 

  • Tirai Outdoor

Jenis tirai lainnya adalah tirai outdoor, tirai ini biasanya dipasang untuk melindungi ruangan yang ada di luar. Bila Anda sering melihat tirai yang dipasang di café atau kedai makanan, itulah contoh aplikasi tirai outdoor. Agar memudahkan pekerjaan Anda untuk membuka atau menutup tirai outdoor tanpa perlu keluar rumah atau bangunan, cukup berikan perintah dari remote control. 

Selain ketiga jenis tirai di atas, sebenarnya masih ada jenis tirai lainnya yang menanamkan teknologi remote control. Dengan harapan, tirai otomatis akan membantu pekerjaan manusia terutama saat ingin membuka dan menutup tirai jendela yang jaraknya tinggi atau sulit dijangkau dengan mudah. 

Pada umumnya tirai yang dikombinasikan dengan teknologi remote akan dilengkapi dengan sistem infra merah atau sistem motor untuk mempermudah operasional jarak jauh. Sayangnya jika sistem motor rusak, otomatis tirai jendela tidak akan bisa dibuka dengan menggunakan remote control. 

Siapa Saja Yang Membutuhkan Tirai Jendela Otomatis?

Tirai jendela bukan hanya dibutuhkan di hunian pribadi saja. Berikut ini gedung-gedung yang bisa mengimplementasikan tirai jendela remote control:

  • Gedung Pemerintahan

Merupakan bangunan yang sangat membutuhkan tirai otomatis, terutama jika bangunan tersebut memiliki jumlah lantai yang banyak. Tujuannya untuk mempermudah staf membuka dan menutup tirai dari jarak jauh. Teknologi tirai otomatis juga terlihat lebih modern dan berkelas. 

  • Rumah Sakit

Bukan hal yang aneh jika banyak rumah sakit yang turut menggunakan tirai gulung otomatis. Tirai gulung memang menjadi jenis tirai yang paling diminati karena memberikan kesan sederhana dan profesional. 

Bukan hanya dipasang di kantor dokter atau di lobby, tirai otomatis terkadang dipasang di kamar rawat VIP atau VVIP. Jadi pasien yang menginap di ruangan tersebut bisa mendapatkan fasilitas kamar rawat yang terbaik sesuai dengan harga yang ditetapkan. 

  • Hotel

Sama seperti rumah sakit, untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas modern pada pelanggan pihak hotel sengaja pasang tirai jendela otomatis. Dengan demikian baik tamu yang menginap maupun house keeping yang bertugas membersihkan ruangan bisa membuka dan menutup tirai dengan mudah. 

Tirai otomatis juga berperan dengan baik dengan kenyamanan dan kemewahan interior hotel. Umumnya hanya hotel yang besar dan mewah saja yang menggunakan fasilitas tirai otomatis. Mengingat harga tirai otomatis jauh lebih mahal daripada tirai standar. 

  • Bandara

Dan tempat terakhir yang juga menggunakan fungsi dan kelebihan tirai otomatis adalah bandara. Di beberapa ruangan staf maupun di bagian dalam bandara, sengaja dipasang tirai otomatis. Tujuannya untuk mempermudah pekerjaan manusia.  Tirai otomatis juga memberikan kesan kemewahan dan modern pada desain interior jendela.

Itulah aplikasi tirai jendela otomatis yang sering kali kita temukan. Nyatanya bukan hanya rumah saja yang membutuhkan tirai, tempat umum pun memerlukannya tidak lain sebagai pengatur masuk dan keluarnya cahaya matahari. Untuk memberikan kesan modern dan mewah, alih-alih menggunakan tirai biasa. Tirai otomatis yang sengaja dipilih dan dipasang bisa dicoba dan dapat ditemukan di Raja Gorden.

Tinggalkan Komentar

Call Now Button
× WhatsApp