Tirai Roller Blind

Tirai Roller Blind – Roller blind sudah menjadi tren tersendiri sebagai salah satu dekorasi yang mempercantik ruangan. Definisi roller blind sendiri adalah tirai sebagai penutup jendela yang digunakan dari atas ke bawah ataupun kebalikannya.

Tirai Roller Blind

Ada beberapa fakta mengenai manfaat dan cara pengoperasian jenis tirai seperti ini. jika ingin menggunakan tirai tersebut sudah seharusnya mengetahui fakta berikut ini beserta jenisnya. Jika ingin tahu rekomendasi roller blind yang menjadi favorit banyak orang simak selengkapnya.

Pilihan Tirai Roller Blind Favorit

  • Vertical Blind

Pilihan ini termasuk yang paling banyak dan paling sering dipakai, yaitu tipe tirai vertikal yang memiliki bilah individual berjalan di sepanjang trek pada bagian atas. Penggunaan jenis ini biasanya bisa dengan cara dari sisi ke sisi ataupun membelah di bagian tengah. Terlebih lagi jenis ini paling populer dan sering digunakan pada pintu teras ataupun jendela.

  • Venetian Blind

Tampilan bilah horizontal terlihat pada tipe ini, dengan menempel pada tali atau strap kain. Caranya jika ingin mengangkat tirai Venesia ini, hanya perlu menekan bilah bagian bawah menuju bagian atas.

  • Mini Blind

Roller blind juga memiliki jenis tirai mini yang hampir mirip dengan tirai Venesia. Perbedaannya lebar bilah pada mini blind ini lebih kecil dari Venentian blind. Sangat sesuai untuk rumah yang minimalis dan berbentuk kecil.

  • Micro Blind

Untuk tipe micro blind ternyata lebih kecil lagi dari mini blind yang merupakan tirai mini. Yaitu, jenis tirai mini yang ketebalannya sedikit lebih kecil di bawahnya. Berdasarkan kondisinya, kadang tipe ini kurang berfungsi maksimal sebagai penghalau sinar matahari.

  • Panel Blind

Pilihan yang satu ini juga termasuk salah satu pilihan populer lainnya, khususnya untuk pintu dan jendela teras yang sengaja menghadap ke taman. Panel blind menampilkan bagian yang bergerak di bagian sepanjang trek yang berfungsi memudahkan penggunaannya.

  • Pleated Shades

Jenis dan tipe pleated shades juga termasuk salah satu tirai yang cukup sering digunakan. Tampilan tipe kali ini adalah selembar bahan yang dilipat banyak seperti membentuk alat musik accordion dan dapat dinaik turunkan dengan mudah. Terbuat dari bahan kain atau kertas yang rentan robek, sehingga harus ekstra hati-hati.

  • Cellular Shades

Berikutnya adalah cellular shades, yaitu jenis tirai gulung yang mirip dengan pleated shades. Tirai ini memiliki material yang sama dengan pleated shades. Bedanya cellular shades terdiri dari dua bagian material yang berbeda. Keunikan dari tirai ini dapat menciptakan ruangan yang sejuk pada musim panas dan ruangan hangat pada musim hujan, serta memiliki insulasi suara.

  • Roman Shades

Roman shades juga termasuk dalam roller blind yang bisa diandalkan. Termasuk dalam kategori tirai gulung model tradisional. Tirai Romawi ini menggunakan bahan kain goni atau lamun. Cara kerja tirai ini mirip dengan tirai Venesia.

  • Roller Shades

Yang termasuk salah satu window curtain yang sering digunakan, yaitu jenis roller shades. Tirai ini bisa melindungi dari panas matahari dan cahaya yang masuk dan biasanya terbuat dari kain sintetis atau alami. Contohnya tirai gulung PVC yang dapat digulung ke atas maupun ke bawah dengan praktis.

  • Solar Shades

Jenis tirai ini sedikit mirip dengan roller shades, yaitu tirai yang berfungsi meminimalisir masuknya cahaya matahari dan panasnya memasuki ruangan. Tapi disisi lain tetap mempertahankan fungsi jendela, yang bisa diibaratkan kaca mata hitam yang dipakai seseorang pada saat berada di luar ruangan.

Variasi Tipe Roller Blind Yang Banyak Tersedia

Bukan hanya pilihan bentuk dan desain yang perlu diperhatikan, tetapi tipe dari roller blind pun harus Anda ketahui dengan baik. Di antaranya adalah:

  • Sunscreen

Sunscreen sebagai sebuah tirai gulung termasuk jenis yang sangat memenuhi syarat dari fungsi utama tirai. Yaitu menahan atau menghalangi paparan sinar matahari yang masuk ke ruangan.

Menariknya dengan kelebihan tipe ini adalah meskipun sinar matahari tidak akan masuk, tetapi Anda masih tetap bisa memandangi kondisi luar dengan jelas tanpa terhalangi.

  • Blackout

Dari namanya sudah sangat jelas bagaimana konsep dari tipe blackout ini, karena fungsinya benar-benar melindungi dari panasnya sinar matahari. Hanya saja, jika tidak ada pencahayaan pada saat tirai jenis ini ditutup pastinya akan terasa sangat gelap.

  • Translusens

Tipe selanjutnya adalah translusens, yaitu jenis tirai yang tidak transparan tapi memiliki banyak sekali motif pilihan. Penggunaan jenis tirai seperti ini adalah untuk menciptakan privasi atau menjaga aktivitas di dalam ruangan yang tidak ingin terlihat.

Cara Mengoperasikan Roller Blind

Mungkin Anda sudah mengetahui sedikit bagaimana bentuk dari tirai jenis roller blind ini. Tapi apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya dengan benar? Ada banyak sekali jenis roller blind dengan berbagai jenis bahan yang bisa dimanfaatkan.

Mulai dari tirai gulung bambu, bahan PVC, ataupun jenis dan bahan lainnya yang juga sering dipakai. Adapun tips praktis mengoperasikannya adalah dengan melalui 4 cara berikut ini, yaitu:

  • Chain

Sistem pengoperasian yang disebut chain adalah dengan menarik atau mengulur sebuah rantai yang terdapat pada tirai tersebut, agar bisa naik turun untuk membuka atau menutupnya.

  • Automatic

Untuk tipe automatic sudah bisa diperkirakan sesuai dengan namanya dan merupakan jenis sistem roller blind paling canggih di antara yang lainnya. Yaitu dengan menggunakan motor penggerak yang memanfaatkan sebuah remote sebagai pengontrol untuk membuka dan menutup serta pengaturan lainnya.

  • Spring Flexy Stop

Selanjutnya ada juga tipe spring flexy stop, yang dilakukan dengan cara menarik bandul pada tirai yang ada pada bagian tengah bawah tirai. Termasuk cukup praktis, tetapi perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak lepas bandulnya.

  • One Touched

Tirai jenis ini juga termasuk kategori modern dan praktis, yang hanya perlu menarik rantainya. Hanya saja tipe one touched ini hanya perlu menarik sedikit saja untuk menutup tirai tersebut.

Manfaat Menggunakan Roller Blind Di Ruangan

Meskipun sudah mengetahui beberapa fungsi dan manfaat dari roller blind, tapi tidak ada salahnya Anda mengetahui secara lengkap apa saja manfaat penggunaan tirai gulung tersebut. Yaitu:

  • Menghalangi Paparan Sinar

Hal yang paling utama untuk dihindari oleh penghuni rumah dari penggunaan tirai adalah paparan sinar matahari. Sehingga, Anda bisa menikmati alam luar tanpa harus terkena panas matahari dari dalam ruangan. Dengan banyaknya variasi roller blind yang berfungsi melakukan tugas utamanya tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan panas sinar matahari yang mengganggu.

  • Pembentuk Privasi

Tirai memang berfungsi sebagai penghalang, tidak hanya dari sinar matahari tetapi juga dari penglihatan orang lain. Artinya, jika Anda ingin menciptakan sebuah privasi dari sebuah ruang yang terbuka maka tirai ini bisa dimanfaatkan dengan tepat.

  • Terlindung Dari Panas Matahari

Pada dasarnya fungsi ini merupakan fungsi utama yang menjadi alasan setiap orang mencari atau menggunakan tirai. Yaitu, agar terlindung dari panas matahari dan juga hujan mengingat Negara Indonesia adalah Negara tropis. Terutama melindungi barang-barang yang ada di dalam ruangan seperti furnitur, barang elektronik tidak terkena panasnya sinar matahari tersebut.

  • Menjadi Penutup Interior

Meskipun interior terbuka atau open space akan membuat sebuah ruangan khususnya hunian berkesan lega. Tetapi ada kalanya memberikan penutup pada ruangan yang terbuka lebih bermanfaat.

Manfaatnya di antaranya adalah tidak terlalu menampilkan isi keseluruhan ruangan dari luar yang bisa menimbulkan niat jahat seseorang. Karena pandangan interior terhalang oleh adanya sebuah tirai penyekat.

  • Elemen Dekorasi

Selain memiliki banyak fungsi penting, tirai yang menjadi penutup jendela ini juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi. Karena, pemilihan warna dan motif bisa membuat tampilan tirai menjadi menarik sehingga bisa menjadikan ruangan tersebut ikut terlihat cantik.

Manfaat yang ditawarkan oleh tirai roller blind memang sangat mendukung semua kegiatan dan kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah. Bahkan, tidak hanya untuk hunian tapi juga untuk jenis interior lainnya seperti kantor dan lainnya.

5/5 - (3 votes)

Tinggalkan Komentar