Warna Gorden Agar Ruangan Terlihat Luas

Warna Gorden Agar Ruangan Terlihat Luas – Di dalam suatu ruangan, jendela adalah salah satu elemen penting. Karena jendela menjadi sirkulasi tempat keluar masuknya udara. Keberadaan jendela juga bisa menambah nilai estetika ruangan, jika diaplikasikan gorden di sana.

Warna Gorden Agar Ruangan Terlihat Luas

Apalagi untuk rumah yang mungil sebaiknya gunakan gorden yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Pertimbangan dalam memilih gorden tidak hanya terbatas pada warna dan motifnya saja. Namun sesuaikan juga dengan kebutuhan, misalnya pada ruangan yang sempit itu tadi.

 

Tips Memilih Warna Gorden agar Ruangan Terlihat Luas dan Cantik

Supaya lebih mudah dalam memilih warna gorden, sebaiknya padukan warnanya dengan warna dinding dan furnitur. Pilih juga motif, warna, dan desain gorden yang bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Berikut hal yang bisa dilakukan agar lebih mudah menyesuaikan warna gorden dengan dinding dan furniturnya.

  • Pemilihan Warna

Supaya ruangan tampak lebih luas maka pilihlah warna-warna lembut pada gorden. Pilih juga warna yang sama dengan interior ruangan supaya ruangan terlihat lebih lapang dan lega. Gorden tersebut nantinya akan dipasang pada jendela, supaya terpapar sinar matahari dengan otomatis. Untuk itu, jangan menggunakan warna gorden yang terlalu terang.

Karena sinar matahari akan membuat warna kain gorden yang terlalu terang menjadi mudah pudar. Maka pilihlah warna-warna yang netral supaya tidak membuat gorden tersebut mudah pudar. Keuntungan lainnya dalam menggunakan warna gorden netral adalah cocok untuk beragam desain suatu ruangan. Dan warna netral pada gorden sifatnya lebih fleksibel.

  • Pilih Model Gorden yang Tepat

Sebaiknya Anda tidak menggunakan gorden dengan rumbai-rumbai atau corak yang ramai. Menambah kerutan kecil pada gorden untuk membuat tampilan gorden menjadi lebih manis boleh saja. Namun jangan menggunakan gorden dengan bentuk yang rumit.

  • Memilih Jenis Kain pada Gorden

Tips berikutnya dalam memilih gorden agar ruangan tampak lebih luas adalah jenis kain dari gorden tersebut. Jenis atau bahan kain adalah hal utama saat Anda membeli gorden. Jenis kain tersebut akan memengaruhi seberapa awet pemakaian gorden tersebut.

Sebaiknya tidak menggunakan gorden yang bobotnya berat karena akan membuat jendela terlihat penuh. Sebaiknya pilih kain yang ringan dengan bahan yang lentur. Pilih juga jenis kain sutra, linen, beludru, dan sejenisnya supaya gorden lebih tahan lama.

Kain gorden dengan bahan dasar sutra biasanya lebih awet dan lebih tahan lama pemakaiannya. Jangan lupa Anda juga perlu memilih warna gorden agar ruangan terlihat luas dengan hati-hati.

  • Motif Gorden

Apabila Anda lebih suka dengan gorden bermotif, sebaiknya pilih yang ukuran motifnya besar. Motif yang digunakan

Karena hal itu akan membuat ruangan menjadi kelihatan tak seimbang. Untuk pelengkap, Anda bisa menggunakan vitrase yang warnanya netral tapi serasi dengan gorden yang dipilih.

Jenis Gorden yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Dalam membuat ruangan di dalam rumah berkesan luas dan lapang, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Selain tampak cantik, ruangan sempit pun bisa disiasati dengan pemilihan tipe gorden yang tepat. Model-model gorden di bawah ini bisa menjadi inspirasi terbaik dalam membuat ruangan terlihat luas:

  • Gorden Minimalis Dua Warna

Supaya suasana di dalam ruangan lebih terasa ceria maka gunakan gorden yang terdiri dari dua warna. Biasanya rumah minimalis akan menggunakan warna-warna netral. Namun aksen dan paduan dua warna ini juga bisa diaplikasikan pada model gorden tersebut.

Selain terlihat lebih lega, suasana di dalam rumah menjadi lebih menyenangkan dan ceria. Pastikan juga dua warna yang dipilih untuk gorden ini, mempunyai tone warna yang sama dengan konsep di ruangan tersebut. Apabila Anda memilih gorden dengan warna mencolok maka gunakan aksen dekorasi dengan warna senada.

Ruangan tersebut akan tampak lebih harmonis, seimbang, dan juga selaras. Pilih juga ukuran gorden yang lebih panjang dari ukuran jendel. Maka langit-langit dan plafonya juga akan tampak lebih tinggi,

  • Model Gorden Menjuntai

Gorden berukuran panjang dengan model yang menjuntai lebih identik dengan rumah mewah dan besar. Namun untuk jendela pada rumah minimalis yang ukurannya kecil juga masih terlihat cocok.

Gorden dengan ukuran panjang yang melebihi ukuran jendela, akan menciptakan kesan ruangan yang tinggi. Untuk mendapatkan perpaduan warna gorden agar ruangan terlihat luas pilih warna yang cerah tetapi dengan motif yang sederhana.

  • Gorden Dua Tingkat

Pilihan gorden berikutnya yang cocok untuk rumah minimalis adalah gorden yang bertingkat dua. Model gorden dua tingkat ini cocok diaplikasikan pada jendela pada rumah minimalis yang biasanya ukurannya kecil. Tak hanya memiliki bentuk unik tapi gorden ini juga akan menambah variasi dekor dalam suatu ruangan.

Motif dan aksen tersebut akan membuat gorden ini menjadi pemanis ruangan, sekaligus menjadi titik fokus di ruangan. Namun perhatikan juga dari segi fungsional gorden tersebut. Biasanya, gorden dua tingkat diaplikasikan pada jendela dapur, atau bisa juga di kamar tidur.

  • Model Gorden dengan Garis

Sebagian orang merasa penggunaan gorden di dalam ruangan akan membuat ruangan menjadi lebih penuh. Namun sebenarnya hal itu adalah persepsi yang keliru. Karena ada juga model gorden yang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Yaitu dengan menghadirkan ilusi pada ruangan tersebut. Dengan menggunakan motif garis horizontal pada gorden. Tak hanya motifnya saja yang unik tapi model gorden ini bisa menjadi titik fokus baik bagian desainnya.

  • Gorden Minimalis dengan Model Roll-Up

Pilihan gaya dekorasi pada rumah minimalis dan juga tata letak furnitur di suatu ruangan, akan memengaruhi ruang gerak di dalamnya. Gorden yang dibuka ke arah samping akan terasa mengganggu. Karena gorden tersebut dapat membentur sejumlah benda di sekelilingnya.

Maka gunakan saja jenis gorden dengan model roll-up yaitu gorden yang dapat digulung ke atas. Pada model gorden yang satu ini tak usah khawatir akan mengambil space yang terlalu banyak.

Selain itu model roll up ini juga mempunyai pilihan bahan atau motif yang terbaik. Itulah sebabnya banyak orang yang lebih memilih gorden minimalis dengan gaya roll-up tersebut.

Tak hanya pemilihan warnanya saja yang penting dalam mengatasi ruangan sempit agar terlihat besar dengan pemakaian gorden. Tapi juga ukuran pada gorden itu sendiri, yang harus ditentukan terlebih dulu sebelum dipasang. Pastikan Anda sudah mengukurnya dengan baik dan benar sesuai dengan ukuran jendela.

Biasanya lebar ukuran gorden adalah 1,5-3 kali lebih lebar dari ukuran jendela. Namun jika tampilannya lebih pendek maka hal itu masih bisa disesuaikan lagi. Menggunakan ukuran gorden yang pas dan tepat juga bisa memengaruhi luas ruangan itu sendiri.

Itulah tips memilih warna gorden agar ruangan terlihat luas dan juga cara menentukan model yang tepat. Pastikan Anda sudah memilih warna yang sesuai dan memiliki nilai estetika yang tinggi. Raja Gorden menyediakan gorden terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (4 votes)

Tinggalkan Komentar