Berapa Lama Wallpaper Dinding Bertahan?

Berapa Lama Wallpaper Dinding Bertahan – Pengaplikasian wallpaper menjadi kegiatan yang cukup diminati akhir-akhir ini. Karena mampu mempercantik dinding ruangan dengan beragam pilihan motif menarik.

Berapa Lama Wallpaper Dinding Bertahan

Berapa Lama Wallpaper Dinding Bertahan Setelah Pemasangan?

Wallpaper diaplikasikan ke dinding melihat dari berbagai sisi salah satunya estetika. Cara pasangnya juga sangat mudah serta bisa bertahan lama dibandingkan cat biasa. Tetapi, awet atau tidaknya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Mulai dari kondisi kelembapan dinding, cara pasang yang benar, kondisi permukaan dinding, proses pengeleman. Perawatan sangat penting guna menjaga daya tahan wallpaper. Harus dibersihkan secara rutin supaya kotoran tidak menumpuk dan merusak permukaan wallpaper.

10 Cara Ampuh Menjaga Daya Tahan Wallpaper 

  • Perhatikan Proses Pemasangan

Supaya wallpaper tahan lama, proses perawatan dimulai dari awal saat ditempel ke dinding. Memang tampak sepele, namun akan lebih bagus hasilnya saat pengaplikasian ini dilakukan oleh ahlinya atau jasa berpengalaman.

Sebagian penjual wallpaper menyediakan jasa pasang, Anda dapat menggunakannya. Hal ini harus diperhatikan terutama bagi Anda yang belum pernah memasang wallpaper sebelumnya. Daripada mengambil risiko karena melakukan penempelan wallpaper sendiri, lebih baik gunakan tenaga ahli.

  • Cek Tingkat Kelembapan Dinding

Cara kedua dengan memperhatikan kondisi dinding. Supaya lebih awet, disarankan memasang di tembok yang kering. Sebab, kandungan air pada permukaan lembab membuat wallpaper lebih cepat rusak.

Anda dapat memperbaiki kondisi kelembapan ini terlebih dahulu. Seperti melapisi dinding dengan cat khusus anti lembab. Debu dan kotoran pun harus dihilangkan. Jika dinding baru selesai dibangun, cek dulu apakah dinding sudah benar-benar kering.

  • Cek Permukaan Dinding

Cara ketiga dengan memperhatikan kondisi permukaan dinding. Karena tidak semua tekstur permukaan, cocok untuk diaplikasikan wallpaper. Contohnya yang memiliki lekukan, bergelombang, retakan dan kasar.

Karena itu, carilah permukaan dinding yang halus. Jika masih ada yang kasar, maka harus diperbaiki agar licin. Semakin halus permukaan dinding maka daya rekat pun cukup bagus. Berapa lama wallpaper dinding bertahan pada permukaan halus bisa bertahun-tahun lamanya.

  • Cara Mengelem

Setelah semua poin di atas dilakukan, selanjutnya masuk ke proses pemasangan wallpaper. Langkah ini pun harus diperhatikan dengan benar dan teliti. Wallpaper ditempelkan ke dinding secara merata.

Wallpaper dinding kamar tidak rapi serta bergelembung akan merusak keindahan. Selain itu, juga membuat wallpaper mudah rusak atau terkelupas. Proses penempelan bisa diterapkan dari atas ke bawah atau sebaliknya.

  • Bersihkan Debu

Debu dibersihkan secara rutin menggunakan kemoceng. Bukan hanya untuk kebersihan wallpaper saja, namun juga seluruh ruangan. Cara membersihkan wallpaper dengan memutar kemoceng searah jarum jam.

Tidak sulit melakukannya, debu juga cepat hilang. Jika memungkinkan, pembersihan ini dilakukan setiap hari tergantung banyak atau tidaknya debu yang menempel. Melakukannya secara teratur dapat menjaga keawetan wallpaper itu sendiri.

  • Menghilangkan Noda Membandel

Cara paling mudah menghilangkan noda membandel adalah menggunakan perasan jeruk nipis. Karena cairan ini sudah dikenal sejak dulu mampu menghilangkan kotoran. Peraslah jeruk nipis kemudian campurkan dengan air hangat.

Gosokkan cairan ini pada wallpaper menggunakan spons lembut. Tunggu beberapa saat, lab cairan tadi menggunakan kain halus yang kering. Tetapi, jika wallpaper terbuat dari material kain maka membersihkannya dapat memakai sikat.

  • Merawat Wallpaper Berbahan Kertas

Wallpaper material kertas paling banyak digunakan saat ini. Bahan ini terkenal cukup rapuh sehingga membersihkannya harus dilakukan dengan hati-hati. Berapa lama wallpaper dinding bertahan dengan perawatan rutin seperti menggunakan lap kering untuk membersihkan debu, akan lebih lama dibandingkan kain basah.

Namun, jika ada kotoran membandel bisa menggunakan kain lembab, bukan basah. Wallpaper yang dipasang mendekati langit-langit sehingga sulit untuk dijangkau, dapat dibersihkan menggunakan sapu yang dibungkus kain lembut.

  • Membersihkan Menggunakan Sabun Khusus

Campuran air hangat serta sabun khusus bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda. Pilihan terbaik untuk wallpaper berbahan akrilik atau vinyl. Keringkan menggunakan kapas atau spons lembut.

Wallpaper vinyl biasanya bagian atasnya dilengkapi akrilik. Sehingga tahan terhadap air, minyak dan suhu lembab. Cara membersihkannya juga mudah, namun perlu dihindari spons kasar serta batu apung supaya tidak menggores lapisan vinyl tersebut.

  • Merawat Wallpaper Bahan Anyaman

Wallpaper bahan anyaman bisa dibilang susah-susah gampang untuk membersihkannya. Jika dilihat dari dekat, permukaan wallpaper ini memiliki celah kecil. Debu akan masuk ke celah ini dan agak sulit dibersihkan.

Anda dapat menggunakan lap kering atau lembab supaya debu mudah terangkat. Jika tidak mempan, bisa memanfaatkan sikat lembut yang dapat menjangkau celah kecil. Harus rutin dibersihkan agar debu tidak menumpuk.

  • Merawat Wallpaper Bahan Kain

Merawat wallpaper bahan kain tidak jauh beda dengan membersihkan karpet dan sofa. Manfaatkan vacuum cleaner atau sikat untuk noda membandel. Tambahkan sedikit air hangat supaya kotoran mudah terangkat.

Supaya tidak merusak permukaan wallpaper, dapat menggunakan sikat berbulu halus. Boleh menggunakan sabun supaya tidak menghabiskan banyak waktu selama pembersihan. Jadi, cara merawatnya harus disesuaikan dengan material.

Lebih Bagus Cat atau Wallpaper untuk Dinding Rumah ?

  • Kelebihan Wallpaper

Wallpaper terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya kertas, kain dan vinyl. Berapa lama wallpaper dinding bertahan sesuai material dan cara merawatnya. Wallpaper menawarkan kombinasi yang tak terbatas. Umumnya juga sangat tahan lama dan bisa menempel kuat.

Wallpaper kerap disarankan untuk area yang sering digunakan seperti kamar anak-anak supaya lebih aman dari coretan. Namun, juga pilihan terbaik untuk mendekorasi dinding ruangan lainnya. Seperti ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang kerja dan ruang istirahat.

Pemasangan wallpaper mampu menyembunyikan ketidaksempurnaan terutama di bagian dinding yang belum selesai. Jika dilihat dari segi estetika, desain wallpaper tidak hanya menarik, namun juga elegan dan mewah. Bisa disesuaikan dengan suasana dan nuansa yang ingin diwujudkan di ruangan.

  • Kelebihan Cat Dinding

Melapisi dinding dengan cat memungkinkan permukaan untuk bernapas. Tetapi, pengecatan tidak sepenuhnya mampu menyembunyikan bagian yang cacat kecuali dilakukan dengan oleh orang berpengalaman.

Pemilihan warna yang tepat  dapat membuat ruangan tampak lebih luas. Semua jenis permukaan bisa diaplikasikan cat baik  permukaan kasar maupun halus. Bisa dipadukan dengan warna keramik saat diterapkan pada ruangan tertentu.

Cat juga memiliki keunggulan seperti antiseptik yang mampu mencegah munculnya tungau terutama di sudut kecil. Mengecat memudahkan Anda untuk mengekspresikan kepribadian dan kreativitas. Harga cat juga cukup terjangkau sehingga bisa diperoleh oleh semua kalangan.

  • Pilih Cat atau Wallpaper

Cat maupun wallpaper, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika bingung memilih, coba lihat dari kelebihannya dan sesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan. Misalnya, ingin dinding memiliki banyak motif, simpelnya menggunakan wallpaper.

Karena cat umumnya polos atau kombinasi warna saja. Sedangkan wallpaper memiliki banyak motif seperti bunga, daun, monokrom, lingkaran hingga motif abstrak. Mengkombinasikan wallpaper dan cat sekaligus pada ruangan juga pilihan terbaik.

Itulah beberapa cara merawat wallpaper agar bertahan lama. Jadi, berapa lama wallpaper dinding bertahan tergantung bagaimana proses perawatannya. Bahkan jika digunakan bahan premium sekalipun, jika tidak dijaga kebersihannya dan dipasang sembarangan maka tidak akan bertahan lama. Raja Gorden menyediakan wallpaper terbaik untuk kebutuhan Anda, segera hubungi kami melalui nomor 0812-1964-3240 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply